G List

7 Senjata Ikonik Dalam Game Yang Familiar Untuk Para Gamer

Senjata Ikonik Dalam Game – Kalau kita membahas tentang game, pastinya unsur yang paling penting adalah senjata. Dan kalau kita membahas tentang senjata dalam game, kebanyakan dari kalian pasti memikirkan senjata yang umum seperti pedang atau senapan api. Tapi apa yang kalian pikirkan tidak salah. Kebanyakan senjata yang ditampilkan dalam game merupakan senjata berwujud pedang dan juga senjata api.

Sebagian besar game memiliki senjata melee yang digunakan dalam pertempuran jarak dekat, atau long-ranged weapon yang digunakan untuk serangan jarak jauh, atau bahkan keduanya. Tapi ada beberapa senjata dalam game yang jadi terkenal karena muncul dalam seri tertentu. Senjata semacam itu menjadi sangat penting bagi pengalaman bermain game sehingga kemudian disertakan dalam entry untuk seri mendatang.

Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang daftar 7 Senjata Ikonik Dalam Game yang familiar untuk para Gamer. Senjata apa dan dari game mana saja? Check it out!

7 Senjata Ikonik Dalam Game

1. Portal Gun

Portal gun
Portal Gun | via SketchFab

Senjata ikonik dalam game Portal yaitu Aperture Science Handheld Portal Device atau disebut juga portal gun, adalah satu-satunya alat yang tersedia untuk Chell, si protagonis, di kedua entry game Portal yang dikembangkan oleh Valve. Chell pertama kali menemukan item ini di Testing Chamber di awal game pertama. Seperti namanya, pistol ini bisa membuat portal. Jika pemain melewati portal biru, mereka akan selalu keluar dari portal jingga, dan begitu sebaliknya.

Pemain dapat secara intuitif menggunakan mekanik ini untuk memecahkan berbagai teka-teki sepanjang dua seri game. Dengan demikian, game ini memaksa pemainnya untuk berpikir di luar kepala dan menemukan solusi untuk mereka sendiri. Mekanik dalam game ini telah mendapatkan pujian kritis dan banyak penghargaan sejak saat itu. Sebagai salah satu contoh adalah desain level game yang paling cerdik. Portal Gun telah menjadi simbol ikonik untuk seri ini.

2. Hidden Blade

Hidden blade
Hidden Blade | via ArtStation

Assassin’s Creed pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, memunculkan serangkaian game yang diakui secara global bersamaan dengan diperkenalkannya salah satu senjata ikonik dalam game yang paling keren untuk membunuh secara sembunyi-sembunyi yang pernah dibuat. Senjata yang dimaksud tentu saja adalah Hidden Blade. Digunakan dalam game pertama oleh karakter utama Altair Ibn-La’Ahad, senjata ini adalah bilah panjang yang tersembunyi di bagian bawah pergelangan tangan semua anggota Assassin’s Creed.

Senjata ini digunakan dalam jarak dekat untuk memberikan pukulan mematikan tetapi tidak mencolok ke target. Karena seri ini telah berkembang selama bertahun-tahun, Hidden Blade pun telah ditingkatkan untuk digunakan dalam pertempuran juga. Menjadi sebuah andalan dari setiap seri dan telah muncul di setiap game di waralaba ini, Hidden Blade dapat digunakan dalam wujud lain oleh karakter yang berbeda juga.

3. Buster Sword

Buster sword
Buster Sword | via Sirus Gaming

Cloud Strife, sang protagonis dari game Final Fantasy VII, dapat langsung dikenali melalui sebuah pedang besar yang dibawanya. Dikenal sebagai Buster Sword, senjata ini adalah senjata ikonik dalam serial game Final Fantasy VII. Buster Sword adalah pedang yang lebar dan besar bermata satu dengan gagang yang panjang dan mudah digunakan oleh sang protagonis. Cloud telah menggunakan pedang ini sejak bekerja sebagai tentara bayaran.

Pemilik aslinya, Angeal Hewley, tidak pernah menggunakan pedang ini dalam pertarungan karena dia menganggap dirinya tidak layak dan mewariskannya kepada sahabatnya, Zack Fair. Zack kemudian mewariskan pedang ini untuk Cloud yang masih belum stabil secara mental sehingga dapat memberinya kekuatan untuk menjalankan misi mereka. Hal ini pada akhirnya mengarahkan pada Cloud yang membuat kepribadian yang dingin dan serius.

4. Energy Sword

Energys word
Energy Sword | via Halo SPV3 Wiki

Muncul untuk pertama kalinya di Halo: Combat Evolved, Energy Sword adalah senjata ikonik dalam game yang berada di tingkat Stealth dan Zelot Sangheili (Elite). Terlepas dari desainnya yang keren dan kemungkinan implikasinya dalam pertarungan jarak dekat, pemain sebagai Master Chief tidak dapat menggunakan senjata ini karena adanya mekanisme game. Tapi saat dihadirkan kembali di Halo 2, Energy Sword menjadi senjata opsional jarak dekat bertenaga baterai yang dapat digunakan oleh Chief, sebagaimana The Arbiter.

Karena popularitas karakter Arbiter dan daya tarik estetis dari Energy Sword, senjata ini menjadi favorit fans di antara para pemain Halo. Seperti kebanyakan senjata ikonik dalam game di daftar ini, Energy Sword telah muncul di semua game Halo sejauh ini. Penampilan terbarunya ada dalam game Halo: Infinite, yang menghadirkan Energy Sword baik di mode Main Campaign maupun Multiplayer.

5. Blades of Chaos

Blades of chaos
Blades of Chaos | via Etsy

Kratos dari serial game God of War tidak lengkap kalau tidak dengan senjatanya yang khas, yaitu belati kembar yang disematkan pada rantai. Tapi meskipun dia telah menggunakan berbagai bentuk senjata ikonik dalam game ini sepanjang permainan, senjata aslinya tampaknya memiliki tempat khusus dalam ingatan para fans. Blades of Chaos ditempa oleh Ares sendiri dan diberikan kepada Kratos sebagai hadiah sekaligus pengingat akan pengabdiannya.

Bertahun-tahun kemudian, tepatnya selama peristiwa dalam game God of War tahun 2016, setelah menghancurkan seluruh jajaran dewa Yunani, Kratos menyembunyikan pedangnya lalu menegakkan sumpahnya. Saat memulai kehidupan baru di Utara, Dia mengambil kapak ajaib sebagai senjata yang baru. Tetapi keadaan membuat kapak ini tidak berguna dan dia harus menggunakan pedangnya lagi untuk menyelamatkan putranya.

6. Keyblade

Keyblade
Keyblade | via Game Live Story

Seri game Kingdom Heart mengandung banyak properti milik Disney, yang umumnya ringan dan ditujukan untuk anak-anak. Tapi dalam seri yang berpusat pada unsur pertempuran sengit, mereka harus membuat beberapa perubahan agar sesuai dengan tema yang ada, khususnya dengan senjata yang digunakan oleh para protagonis. Dari sinilah Keyblade berawal. Keyblade adalah senjata ikonik dalam game yang merupakan gabungan dari pedang biasa dan kunci raksasa.

Meskipun digunakan sebagai senjata bertarung jarak dekat, kekuatan sejati dari Keyblade terletak pada kemampuannya untuk membuka dan mengunci Key Hole dari dunia yang berbeda. Setelah dibuka, dunia ini dapat diakses oleh Sora dan teman-temannya, sedangkan mengunci Key Hole dunia tersebut bertujuan untuk mencegah para Heartless untuk mendapatkan akses ke jantung dunia itu.

7. Master Sword

Senjata ikonik dalam game
Senjata Ikonik Dalam Game | via ArtStation

Ketika kalian memikirkan senjata milik Link dari seri The Legend of Zelda, mungkin hanya satu senjata yang muncul di pikiran kalian dan itu adalah Master Sword. Senjata ikonik dalam game yang legendaris ini telah muncul di hampir semua judul game Zelda dan selalu muncul sebagai senjata yang paling kuat. Dalam cerita Zelda, senjata ini diciptakan oleh Dewi Hylia untuk memerangi kekuatan Ganon, antagonis utama dari seri ini.

Dalam game The Legend of Zelda: Ocarina of Time, Link dapat menggunakan pedang legendaris ini untuk melakukan perjalanan melompati waktu. Apa yang membuat Master Sword ini begitu berharga dan dicari adalah karena dalam legendanya, dikatakan bahwa hanya ada seorang pahlawan dengan hati yang paling murni yang dapat menggunakannya, dan hal inilah yang memberikan Master Sword status sebagai senjata legendaris dalam seri Zelda.

Dan itu tadi adalah daftar 7 Senjata Ikonik Dalam Game yang sudah Gamedaim rangkum untuk kalian. Kalau kalian punya tambahan lain, jangan lupa tulis di kolom komentar~

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment