G ListHardware

7 Konsol Terlangka Di Dunia Yang Pernah Ada

Konsol Terlangka Di Dunia – Memiliki sebuah konsol game tentunya menjadi sebuah keinginan tersendiri bagi setiap orang, khususnya kaum Gamer. Perusahaan yang mengembangkan sebuah konsol game, tentunya akan memproduksi konsol mereka dalam jumlah banyak, demi menghindari kurangnya stok dan juga agar mendapatkan pemasukan yang melebihi target. Perusahaan produsen konsol tentunya juga akan mempertimbangkan target pasar mereka.

Tapi selain produksi dalam skala besar, ada juga beberapa konsol yang diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, dan bahkan ada yang dibatalkan sebelum sempat dipasarkan. Konsol semacam ini pastinya menjadi sesuatu yang paling dicari, baik oleh kaum Gamer biasa atau kaum kolektor. Karena ketersediaannya yang sangat terbatas, tentunya tidak heran kalau konsol tersebut sangat langka dan berharga sangat mahal.

Nah dalam artikel kali ini, Gamedaim sudah menyiapkan artikel tentang 7 Konsol Terlangka Di Dunia yang pernah diciptakan. Penasaran apa saja konsol yang disebut langka? Daripada penasaran, langsung saja kita ke pembahasan utamanya!

7 Konsol Terlangka Di Dunia

1. Nintendo PlayStation

Nintendo playstation
Nintendo PlayStation | via Wikimedia

Kita buka daftar kali ini dengan konsol yang sempat menggemparkan dunia Gamer karena keberadaannya yang amat sangat langka, yaitu Nintendo PlayStation. Nama dari konsol ini benar-benar membuat Gamer bingung karena konsol PlayStation yang identik dengan Sony, tapi konsol ini milik Nintendo. Konsol terlangka di dunia satu ini sudah pernah Gamedaim bahas sebelumnya dalam artikel tentang Nintendo PlayStation.

Konsol ini merupakan hasil kerjasama yang gagal antara Nintendo dan Sony yang waktu itu masih berfokus ke dunia perangkat elektronik. Inkarnasi pertama dari PlayStation, dijuluki Nintendo PlayStation untuk membedakannya dari konsol tahun 1994 dengan nama yang sama, adalah purwarupa yang dikembangkan oleh Sony dengan bekerja sama dengan Nintendo. Konsol ini dirancang sebagai konsol hybrid, yang kompatibel dengan cartridge Super NES milik Nintendo serta format Super Disc berbasis CD milik Sony yang baru. Sayangnya konsol akhirnya tidak dirilis.

2. Atari Cosmos

Atari cosmos
Atari Cosmos | via CNET

Atari Cosmos adalah konsol terlangka di dunia yang menjadi produk yang belum pernah diluncurkan oleh Atari, Inc. untuk pasar sistem handheld atau tabletop elektronik yang menggunakan holografi untuk meningkatkan tampilan. Konsol ini mirip dengan game elektronik kecil lainnya pada zaman itu yang menggunakan tampilan berbasis LED sederhana, tetapi menempatkan gambar holografik dua lapis di atas LED untuk menampilkan efek tertentu. Dua lampu kecil menerangi satu atau kedua gambar holografik tergantung pada status permainan.

Konsol terlangka di dunia milik Atari ini tidak pernah diluncurkan, dan sekarang menjadi barang koleksi yang paling dicari. Atari Cosmos diciptakan oleh insinyur Atari yang bernama Allan Alcorn, Harry Jenkins, dan Roger Hector. Pengerjaan Atari Cosmos dimulai pada tahun 1978. Atari membeli sebagian besar hak atas barang-barang holografik sehingga mereka dapat membuat sistem ini. Konsol ini rencananya akan memiliki sembilan game yang diluncurkan.

3. Nintendo 64DD

Sony dsc
Nintendo 64DD |via Wikimedia

Konsol terlangka di dunia yang selanjutnya adalah Nintendo 64DD. Nintendo 64DD adalah perangkat floppy disk drive magnetik untuk konsol game Nintendo 64 yang dikembangkan oleh Nintendo. Diumumkan pada tahun 1995, sebelum peluncuran Nintendo 64 tahun 1996, dan setelah banyak penundaan, akhirnya konsol ini diluncurkan di Jepang pada pertengahan Desember tahun 1999. Angka 64 merujuk pada konsol Nintendo 64 dan kapasitas penyimpanan 64MB dari disk, dan DD adalah kependekan dari Disk Drive atau Dynamic Drive.

Hanya sepuluh software yang diluncurkan sampai produksi konsol terlangka di dunia satu ini dihentikan pada Februari 2001, dengan 15.000 pelanggan Randnet pada saat itu. Konsol ini merupakan sebuah kegagalan komersial, dengan setidaknya 15.000 total unit terjual, dan tidak pernah diluncurkan di luar Jepang. Sebagian besar game yang pernah direncanakan untuk 64DD diterbitkan sebagai game Nintendo 64 standar, porting ke konsol lain seperti GameCube, atau dibatalkan pengembangannya.

4. SEGA CDX

Sega cdx
SEGA CDX | via Retro Consoles Wiki

Konsol terlangka di dunia yang keempat adalah SEGA CDX. SEGA meluncurkan unit CD untuk SEGA Genesis atau SEGA semi-portabel gabungan, yang bernama Genesis CDX yang juga dipasarkan sebagai Multi-Mega di Eropa. Unit ini dijual dengan harga US$399,95. Harga ini kira-kira US$100 lebih banyak daripada unit SEGA Genesis dan SEGA CD yang disatukan, karena SEGA CD telah dikurangi menjadi US$229 setengah tahun sebelumnya. SEGA CDX dibundel dengan Sonic CD, SEGA Classics Arcade Collection, dan versi CD dari SEGA Ecco the Dolphin.

SEGA CDX memiliki layar LCD kecil yang ketika unit digunakan untuk memutar CD audio, layar menampilkan trek yang sedang diputar. Dengan fitur ini dan sistem yang ringan, yaitu beratnya hanya sekitar dua pound, SEGA memasarkannya sebagian sebagai pemutar CD portabel. SEGA CDX juga memiliki kompatibilitas dengan SEGA 32X.

5. Sharp SF-1

Sharp sf 1
Sharp SF-1 | via Wiki

Konsol terlangka di dunia yang kelima adalah Sharp SF-1 atau Super Famicom Naizou TV SF1. Super Famicom Naizou TV SF1 adalah perangkat TV yang diproduksi oleh Sharp Corporation dengan lisensi Super Famicom bawaan. Diluncurkan hanya untuk pasar Jepang, unit ini dijual pada tahun 1990 sebagai penerus generasi berikutnya dari TV C1 keluaran tahun 1983 yang juga diproduksi oleh Sharp dan dilisensikan oleh Nintendo. Seperti C1, SF1 tercatat memiliki kualitas gambar yang superior dibandingkan Super Famicom yang dicolokkan ke TV standar.

Konsol terlangka di dunia ini hadir dalam dua model berbeda dengan ukuran layar yang bervariasi. Unit SF1 yang lebih besar menampilkan layar 21-inch dan yang lebih kecil menampilkan layar 14-inch. Kedua unit ini berwarna abu-abu, dan keduanya menyertakan slot plugin ROM Cartridge tepat di atas layar TV. Dengan menggabungkan Super Famicom dan televisi menjadi satu unit, SF1 menghindari masalah kabel daya dan kabel lainnya yang terkelupas. Hal ini memberi SF1 keuntungan karena lebih mudah ditangani.

6. PlayStation 4 20th Anniversary Edition

Playstation 4 20th anniversary edition
PlayStation 4 20th Anniversary Edition | via PlayStation

Konsol terlangka di dunia yang keenam adalah PlayStation 4 20th Anniversary Edition. Sony sudah terbiasa dengan konsolnya yang mulai dilupakan, dan kita bahkan tidak perlu kembali ke catatan sejarah sebagai contoh. Ketika merk dagang PlayStation berusia 20 tahun pada generasi konsol sebelumnya, Sony meluncurkan model PlayStation 4 edisi khusus yang dirancang dengan warna abu-abu muda dari konsol PlayStation yang pertama. Baik konsol itu sendiri maupun kontroler DualShock 4 bawaannya juga berwarna abu-abu.

Konsol terlangka di dunia satu ini hanya diproduksi dalam jumlah terbatas sejak awal, dan segera menjadi barang kolektor yang bernilai tinggi. Untuk sekarang, kalian hanya bisa mendapatkannya jika kalian beruntung dan bersedia merogoh kocek yang dalam. Atau mungkin kalian bisa mendapatkan set stiker pihak ketiga untuk mengubah tampilan PS4 biasa kalian dengan harga sekitar $20 atau lebih.

7. Maziora Dreamcast

Maziora dreamcast
Maziora Dreamcast | via Coleka

Konsol terlangka di dunia yang terakhir adalah Maziora Dreamcast atau SEGA Dreamcast Limited Maziora Edition. SEGA Dreamcast Limited Maziora Edition adalah edisi khusus dari konsol SEGA Dreamcast yang diluncurkan hanya di Jepang pada awal bulan Januari tahun 1999. Konsol ini diproduksi dalam rangka kerjasama dengan Maziora, dan dihiasi warna dengan lapisan warna mutiara yang berubah warna tergantung pada cahaya dan sudut pandang apa yang dilihat.

Total 500 unit dari konsol ini telah dibuat. 200 unit telah ditandatangani oleh Tadahiko Taira, seorang pembalap dari Taira Racing, dan 300 unit lainnya tidak ditandatangani. SEGA Dreamcast Limited Maziora Edition hanya bisa diperoleh melalui pemesanan online, atau dengan memenangkannya di acara balap. SEGA Dreamcast Limited Maziora Edition hadir dalam kotak jingga yang sama dengan Dreamcast original Jepang.

Dan itu tadi adalah daftar 7 konsol terlangka di dunia yang menjadi barang idaman kolektor. Kalau kalian punya konsol terlangka di dunia yang tidak ada dalam daftar, jangan lupa untuk menambahkannya di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment