G ListRekomendasi

5 Game Versi Remaster Terbaik Yang Wajib Kalian Mainkan

Game Versi Remaster Terbaik – Jika kita membahas tentang Remaster, tentunya banyak sekali judul game versi lawas yang mendapatkan versi remaster-nya untuk konsol dan Gamer generasi baru yang memang belum atau tidak sempat merasakan game tersebut di versi konsol pertamanya. Game yang mendapatkan remaster kebanyakan karena dulunya menjadi game Best-Seller atau karena pihak pengembang ingin memperbaiki kesalahan dalam versi luncuran pertamanya.

Remaster sendiri, sebagaimana dikutip dari Wikipedia, bisa diartikan sebagai pengubahan kualitas dari suara, gambar, atau bahkan keduanya. Kebanyakan game versi remaster akan tetap mempertahankan cerita versi aslinya dan fokus untuk meningkatkan grafis, gerakan, kontrol, dan juga audionya. Tapi tidak jarang juga game versi Remaster yang menambahkan adegan atau event tambahan sebagai pengisi kekosongan cerita di versi awalnya.

Dari judul-judul game versi remaster yang ada, berikut Gamedaim sudah menyiapkan daftar 5 Game Versi Remaster Terbaik yang wajib kalian mainkan. Apa saja game-nya? Tanpa berlama-lama lagi, mari kita ke pembahasan utamanya!

5 Game Versi Remaster Terbaik

1. The Legend of Zelda: Skyward Sword HD

The legend of zelda skyward sword hd
The Legend of Zelda: Skyward Sword HD | via Nintendo

Game versi Remaster terbaik yang pertama adalah The Legend of Zelda: Skyward Sword HD. The Legend of Zelda: Skyward Sword HD, adalah remaster definisi tinggi untuk Nintendo Switch, yang diumumkan pada siaran langsung Nintendo Direct Februari 2021 lalu. Versi ini diluncurkan pada pertengahan bulan Juli 2021. Sepasang Joy-Con bertema Master Sword dan Hylian Shield dari game ini diluncurkan secara terpisah pada tanggal yang sama.

Bertahun-tahun sebelumnya, selama pengembangan The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Nintendo bereksperimen dengan versi HD dari Skyward Sword yang berjalan pada perangkat pengembangan Nintendo Wii U ketika mencoba menetapkan gaya grafis untuk game baru. Hal ini akhirnya mengarah pada produksi The Wind Waker HD, yang keberhasilannya mendorong tim Zelda untuk mengejar remaster versi HD lainnya. Pada bulan November 2018, Aonuma menyatakan berminat dalam mengerjakan versi remaster dari Skyward Sword.

Meskipun juru bicara dari Nintendo kemudian mengklarifikasi kepada Eurogamer bahwa tidak ada rencana untuk membawa game tersebut ke Nintendo Switch pada waktu itu.

2. Mass Effect Legendary Edition

Mass effect legendary edition 1
Mass Effect Legendary Edition | via Steam

Game Versi Remaster Terbaik yang kedua adalah Mass Effect Legendary Edition. Mass Effect Legendary Edition adalah kompilasi dari game dalam trilogi Mass Effect, yaitu Mass Effect, Mass Effect 2, dan Mass Effect 3. Game ini dikembangkan oleh BioWare dan diterbitkan oleh Electronic Arts. Ketiga game tersebut kemudian mendapatkan versi remaster, dengan peningkatan visual, peningkatan teknis, dan penyesuaian gameplay.

Mass Effect, game pertama dari trilogi, menerima peningkatan yang lebih luas daripada seri lainnya, khususnya yang berkaitan dengan grafis, mekanika tempur, penanganan kendaraan, dan waktu loading. Pengembangan Legendary Edition dimulai pada tahun 2019 di bawah arahan Mac Walters, yang sebelumnya menjabat sebagai penulis utama untuk Mass Effect 2 dan Mass Effect 3.

3. Crash Bandicoot N. Sane Trilogy

Crash bandicoot n. Sane trilogy 1
Crash Bandicoot N. Sane Trilogy | via Steam

Game Versi Remaster Terbaik yang ketiga adalah Crash Bandicoot N. Sane Trilogy. Crash Bandicoot N. Sane Trilogy adalah kompilasi versi remaster dari tiga game pertama dalam seri Crash Bandicoot, yaitu Crash Bandicoot, Cortex Strikes Back dan Warped. Setiap game menampilkan Crash Bandicoot yang melalui berbagai level untuk menghentikan Doctor Neo Cortex mengambil alih dunia.

Trilogy menambahkan fitur baru di ketiga game, termasuk checkpoint yang tergabung, pause menu dan save system, termasuk penyimpanan manual dan otomatis, time trial, yang mana fitur ini pertama kali diperkenalkan di Warped, dan kemampuan untuk memainkan sebagian besar level di setiap game sebagai saudara perempuan Crash yang bernama Koko. Game ini juga menampilkan audio remaster dan cutscene, termasuk rekaman dialog game yang oleh disuarakan oleh voice actor dari waralaba sebelumnya.

4. The Legend of Zelda: The Wind Waker HD

The wind waker h d
The Legend of Zelda: The Wind Waker HD | via Nintendo

Kembali dari waralaba The Legend of Zelda, game versi remaster terbaik berikutnya adalah The Wind Waker HD. Pada tahun 2013, Nintendo mengembangkan peluncuran ulang definisi tinggi dari The Wind Waker, yaitu The Legend of Zelda: The Wind Waker HD untuk konsol Nintendo Wii U. Inspirasinya datang ketika staf mengonversi elemen dari berbagai game untuk mengeksplorasi kemampuan sistem sambil mengebangkan The Legenda Zelda: Breath of the Wild.

The Wind Waker HD menampilkan grafis dengan kualitas HD dan pencahayaan yang mendapatkan upgrade. Layar sentuh dari Wii U GamePad berfungsi sebagai peta dan inventory, menghilangkan kerumitan untuk beralih antara gameplay dan menu interface. Pemain dapat menggunakan motion control untuk bermain The Wind Waker. Beberapa senjata, seperti busur, dapat diarahkan menggunakan Gyroscope GamePad. Game ini membawa fitur Off-TV Play yang memungkinkan pemain memainkan game-nya hanya menggunakan Wii U GamePad.

5. Uncharted: The Nathan Drake Collection

The nathan drake collection
Uncharted: The Nathan Drake Collection | via PlayStation Store

Yang terakhir dalam daftar Game Versi Remaster Terbaik kali ini adalah Uncharted: The Nathan Drake Collection. Uncharted: The Nathan Drake Collection adalah game ber-genre Action-Adventure yang dikembangkan oleh Bluepoint Games dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment. Game ini adalah versi remaster dari tiga game pertama dari seri utama dalam waralaba Uncharted yang dikembangkan oleh Naughty Dog, dan diluncurkan pada Oktober 2015 untuk PlayStation 4.

Pemain disini memerankan karakter Nathan Drake, seorang pemburu harta karun yang berkeliling dunia untuk mengungkap berbagai misteri sejarah. Pengembangan The Nathan Drake Collection dimulai pada tahun 2014 dan membutuhkan tim terbesar yang pernah dikumpulkan oleh Bluepoint. Untuk memanfaatkan kemampuan konsol yang lebih besar, Bluepoint mampu merombak elemen gameplay, termasuk mekanisme penembakan dan granat, beberapa kontrol, dan skema kamera.

Dan itu tadi adalah daftar 5 Game Versi Remaster Terbaik yang sudah Gamedaim rangkum untuk kalian. Kalau kalian punya game versi remaster terbaik yang tidak masuk dalam daftar, jangan lupa tambahkan di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.