G ListRekomendasi

7 Game Tom Clancy Terbaik Yang Wajib Kalian Coba

Game Tom Clancy Terbaik – Di antara kalian pasti ada yang tidak asing dengan nama Tom Clancy. Sosok dibalik pembuatan banyak game berjenis Tactical Military Shooter ini merupakan seorang penulis asal Amerika yang bernama asli Thomas Leo Clancy Jr. dan terkenal dengan buku-buku buatannya yang bertema militer. Nama Tom Clancy sendiri semakin dikenal berkat terciptanya waralaba game bertema militer yang dikelola oleh Ubisoft.

Waralaba Tom Clancy sendiri sudah memiliki banyak judul yang juga populer di kalangan Gamer, baik yang suka game FPS maupun yang sekedar mengetahuinya. Waralaba Tom Clancy sendiri sudah dimulai sejak tahun 1998 lewat game Tom Clancy’s Rainbow Six yang diterbitkan untuk Nintendo 64, PlayStation, SEGA Dreamcast, Xbox, MacOS Classic, dan Microsoft Windows. Kebanyakan latar yang diambil dalam game Tom Clancy adalah era setelah perang dingin.

Tapi dalam artikel kali ini, kita tidak akan membahas tentang biografi Tom Clancy, melainkan tentang daftar 10 Game Tom Clancy Terbaik yang wajib kalian coba. Penasaran apa saja? Check this out!

10 Game Tom Clancy Terbaik Yang Wajib kalian Coba

1. Splinter Cell: Chaos Theory

Tom clancys splinter cell chaos teory
Tom clancy’s splinter cell: chaos theory

Ada begitu banyak alasan kenapa Chaos Theory disebut sebagai Game Tom Clancy Terbaik di luar sana. Sebagai permulaan, game ini adalah Maximum Clancy. Plot berfokus pada konflik bayangan global yang mengancam akan menjerumuskan seluruh dunia ke dalam perang baru. Tema game yang gelap dan menegangkan, lengkap dengan plot twist dan set-piece yang cukup untuk membuat kalian tetap waspada.

Tokoh terkemuka Sam Fisher yang lebih gesit dari sebelumnya, membawa perangkat pintar yang cukup untuk membuat seorang Quartermaster tidak bisa tidur. Tapi, fokus ceritanya adalah pertempuran Mata-mata melawan tentara bayaran. Ada sesuatu yang mengimbangi hal itu. Yaitu Third-Person View mata-mata yang mengimbangi kelemahan mereka, sementara keberingasan tentara bayaran lebih terasa pada mode First Person View.

2. Rainbow Six: Siege

Rainbow six siege
Tom Clancy’s Rainbow Six: Siege | via Xbox

Game Tom Clancy Terbaik yang selanjutnya adalah Rainbow Six: Siege. Rainbow Six: Siege adalah game multiplayer online bertema militer yang dikembangkan oleh Ubisoft Montreal dan diterbitkan pertama kali pada Desember 2015. Game ini menitik beratkan permainan pada perusakan lingkungan dan kerjasama antar pemain. Masing-masing pemain akan menerima tugas sebagai penyerang atau pasukan bertahan dalam gameplay yang berbeda-beda.

Game ini tidak memiliki mode campaign, tapi digantikan dengan fitur Situation, sebuah mode yang membuat pemain bisa menjalankan serangkaian misi singkat dan dimainkan secara offline dan solo. Misi ini memiliki cerita yang bebas dan berfokus pada anggota baru yang melakukan pelatihan untuk bersiap menghadapi serangan organisasi teroris bernama White Mask di masa mendatang.

3. Ghost Recon: Wildlands

Ghost recon wildlands
Ghost Recon: Wildlands | via Wiki

Game Tom Clancy Terbaik yang ke-3 adalah Ghost Recon: Wildlands. Ghost Recon Wildlands adalah game berjenis Third-Person Shooter yang diterbitkan oleh Ubisoft pada Maret 2017 lalu. Game ini merupakan entry ke-10 dari keseluruhan waralaba Ghost Recon, sekaligus game pertama dalam waralaba ini yang dibekali dengan lingkungan yang Open World.

Ghost Recon: Wildlands tidak lagi memiliki latar yang futuristik seperti seri Advance Warfighter, tapi memiliki latar yang mirip seperti seri Ghost Recon yang pertama. Ubisoft menyebut game ini adalah game open world terbesar yang pernah mereka kembangkan, dengan area dalam game yang luas dan lingkungan yang meliputi pegunungan, hutan, gurun, dan juga dataran garam.

4. Splinter Cell: Conviction

Splinter cell conviction
Splinter Cell: Conviction | via Microsoft

Masih dari Splinter Cell, game Tom Clancy terbaik berikutnya adalah Splinter Cell: Conviction. Splinter Cell: Conviction adalah game Action-Adventure Stealth yang dikembangkan oleh Ubisoft Montreal dan diterbitkan oleh Ubisoft dan Microsoft Game Studios pada pertengahan April 2010 sebagai bagian dari seri Splinter Cell. Game ini mendapat banyak review positif karena melakukan banyak improvisasi, termasuk gameplay-nya yang jadi semakin bagus.

Splinter Cell: Conviction memperkenalkan banyak fitur baru untuk seri Ghost Recon, salah satunya adalah fitur Mark & Execute. Fitur ini membuat pemain bisa menandai target yang spesifik, seperti musuh atau suatu objek, dan menembakinya secara berurutan tanpa harus membidik satu per satu. Selain itu, ada juga fitur Last Known Position, jadi pemain bisa mengalihkan penjagaan dengan siluet dari dirinya yang sebelumnya sudah diketahui musuh.

5. Ghost Recon: Shadow Wars

Ghost recon shadow wars
Ghost Recon: Shadow Wars | via Nintendo

Game Tom Clancy Terbaik nomor 5 adalah Ghost Recon: Shadow Wars. Berbeda dari seri Ghost Recon sebelumnya, Ghost Recon: Shadow Wars ini berformat Turn-Based Tactics yang dikembangkan oleh Ubisoft Sofia dan diterbitkan pada tahun 2011 untuk konsol portabel Nintendo 3DS. Game ini juga masuk dalam seri Ghost Recon Tom Clancy. Game ini menuai banyak pujian dan review positif karena polesan pada gameplay, desain, dan juga pertarungannya.

Sistem pertarungan dalam Ghost Recon: Shadow Wars merupakan sistem Turn-Based Tactics yang umum digunakan dan mirip seperti Advance Wars atau Fire Emblem. Tapi adanya role atau peran tactical dalam game ini membuatnya berbeda dari yang lain. Sistem pertarungannya juga mirip dengan game Rebelstar: Tactical Command dari Gollop.

6. The Division

The division
The Division | via Ubisoft

Yang ke-6 dalam daftar game Tom Clancy terbaik adalah The Division. The Division adalah game Action-RPG yang hanya bisa dimainkan secara online. Game ini dikembangkan oleh Massive Entertainment dan diterbitkan oleh Ubisoft pada awal Maret 2016. The Division juga memiliki sequel yang diterbitkan pada tahun 2019 dengan judul The Division 2.

Game ini mengambil latar di kota New York di masa depan, dimana kota ini terkena dampak dari wabah virus. Pemain yang berperan sebagai Agen Khusus dari Strategic Homeland Division, ditugaskan untuk membantu membangun kembali operasi kelompoknya di Manhattan, menyelidiki sifat dari wabah ini, dan memerangi aktivitas kriminal selama bertugas.

7. Rainbow Six: Extraction

Rainbow six extraction
Rainbow Six: Extraction | via Epic Games

Yang terakhir dalam daftar Game Tom Clancy Terbaik kali ini adalah Rainbow Six: Extraction. Rainbow Six: Extraction merupakan sebuah game Tactical Multimplayer Online yang dikembangkan oleh Ubisoft Montreal dan diterbitkan pada Januari lalu. Game ini merupakan versi spin-off dari Rainbow Six: Siege tahun 2015.

Berbeda dengan Siege, Extraction menugaskan pemainnya untuk menyusup ke dalam suatu area yang dipenuhi oleh alien dan menyelesaikan tugas, seperti mengumpulkan sample, mengekstrak material dari komputer, dan juga mengumpulkan informasi. Setiap sesi permainan, yang disebut Incursion, terdapat tiga sub-map yang saling terhubung, dan pemain akan diberi 1 dari keseluruhan 12 tugas yang acak pada setiap sub-map.

Dan itu tadi adalah daftar 7 Game Tom Clancy Terbaik versi Gamedaim, semoga bisa menjadi referensi untuk kalian para pecinta game FPS.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment