G List

7 Game Crossover Terbaik Yang Laris Di Pasaran

Game Crossover Terbaik – Dunia Game memang tercipta memiliki semesta atau universe terpisah, atau bahkan multiverse mereka masing-masing. Tapi tak sedikit juga ada dua game yang menyatukan universe mereka dan menciptaka sebuah cerita yang benar-benar baru dan bisa membidik pasar dengan tepat sasaran. Game Crossover yang diluncurkan ada yang merupakan crossover dari game yang menjadi milik satu perusahaan, dan ada juga yang merupakan kolaborasi dari dua perusahaan besar.

Game Crossover sendiri kebanyakan diciptakan sebagai fanservice untuk para fans yang suka membandingkan satu karakter dengan karakter lainnya dari dua atau lebih waralaba berbeda. Tapi ada juga game crossover yang diciptakan dalam rangka peringatan spesial seperti anniversary, dan bahkan ada yang membuat crossover untuk memberikan cerita yang out of the box dan memberikan angin segar bagi waralaba-waralaba yang ada dalam naungan suatu perusahaan game.

Dari sekian banyaknya game crossover yang ada, berikut Gamedaim akan berikan daftar 7 Game Crossover Terbaik yang laris di pasaran. apa saja game-nya? Mari kita langsung ke pembahasan utamanya.

7 Game Crossover Terbaik

1. Super Smash Bros.

Super smash bros.
Super Smash Bros. | via Nintendo

Yang pertama dalam daftar Game Crossover terbaik kali ini adalah Super Smash Bros.. Super Smash Bros. adalah seri game pertarungan crossover yang diterbitkan oleh Nintendo. Serial ini dibuat oleh Masahiro Sakurai, yang telah mengarahkan setiap game dalam serial tersebut. Serial ini dikenal dengan tujuan gameplay yang unik yang berbeda dari game pertarungan biasa, karena tujuannya adalah untuk meningkatkan damage counter dan menjatuhkan lawan dari arena pertarungan.

Super Smash Bros. yang pertama diluncurkan pada tahun 1999 untuk Nintendo 64. Seri ini mencapai kesuksesan yang lebih besar dengan meluncurnya Super Smash Bros. Melee, yang diluncurkan pada tahun 2001 untuk GameCube dan menjadi game terlaris di sistem tersebut. Sementara entry ketiga, yaitu Super Smash Bros. Brawl, diluncurkan pada 2008 untuk Wii. Meskipun HAL Laboratory telah menjadi pengembang untuk dua game pertama, game ketiga dikembangkan melalui kolaborasi dari beberapa perusahaan.

2. Mario Hoops 3-on-3

Mario hoops 3 on 3
Mario Hoops 3-on-3 | via Mario Wiki

Game Crossover Terbaik yang kedua adalah Mario Hoops 3-on-3. Mario Hoops 3-on-3, dikenal di Eropa sebagai Mario Slam Basketball dan di Jepang sebagai Mario Basket 3-on-3, adalah game olahraga yang dikembangkan oleh Square Enix dan diterbitkan oleh Nintendo untuk Nintendo DS pada tahun 2006. Game ini adalah game yang pertama di mana karakter dari game Mario dan Final Fantasy muncul bersama sebagai karakter yang dapat dimainkan sekaligus game Mario kedua yang dikembangkan oleh Square Enix.

Mario Hoops 3-on-3 adalah game bola basket Mario pertama yang diluncurkan, meskipun karakter dari seri tersebut telah muncul di NBA Street V3 versi Nintendo GameCube. Game ini diluncurkan di Wii U Virtual Console Eropa pada 26 Mei 2016 dan diluncurkan di Wii U Virtual Console Amerika Utara pada 3 November 2016. Game ini menampilkan serangkaian turnamen bola basket tiga lawan tiga di lapangan yang berbeda, masing-masing terdiri dari tiga pertandingan.

3. Professor Layton vs Phoenix Wright: Ace Attorney

Professor layton vs phoenix wright ace attorney
Professor Layton vs Phoenix Wright: Ace Attorney | via Nintendo

Professor Layton vs. Phoenix Wright: Ace Attorney adalah salah satu game crossover terbaik yang mengusung genre puzzle adventure visual novel untuk Nintendo 3DS. Game ini dikembangkan oleh Capcom dan Level-5, yang terakhir menerbitkannya di Jepang sementara Nintendo menerbitkannya di seluruh dunia. Game ini merupakan crossover antara dua seri game dari kedua pengembang, menggabungkan elemen teka-teki dan eksplorasi seri Profesor Layton milik Level-5, dan mekanisme trial umum dari seri petualangan Ace Attorney milik Capcom.

Shu Takumi, direktur seri untuk seri Ace Attorney, membantu pengembanagan dengan desain skenario untuk game tersebut. Plot berfokus pada Profesor Layton dan Phoenix Wright, bersama dengan asisten masing-masing, yang bekerja sama untuk memecahkan misteri di balik seorang gadis muda yang mereka berdua temui secara terpisah dan dunia aneh yang mereka bawa melalui gadis ini.

4. Marvel vs Capcom

Marvel vs capcom
Marvel vs Capcom | via IGN SEA

Marvel vs. Capcom adalah seri game crossover terbaik yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Capcom, menampilkan karakter dari waralaba game mereka sendiri dan seri buku komik yang diterbitkan oleh Marvel Comics. Seri ini berasal dari game arkade yang dioperasikan dengan koin, dan terbitan selanjutnya dikembangkan secara khusus untuk konsol rumahan, konsol portabel, dan PC. Gameplay-nya banyak meminjam dari game fighting berlisensi Marvel sebelumnya dari Capcom X-Men: Children of the Atom dan Marvel Super Heroes.

Namun, alih-alih berfokus pada pertarungan tunggal, game ini menggabungkan pertarungan team-tag. Pemain membentuk tim yang terdiri dari dua atau tiga karakter dan mengendalikan satu petarung pada satu waktu lalu bertarung untuk mengalahkan dan melumpuhkan lawan mereka. Pemain dapat mengganti karakter mereka selama pertandingan, yang memungkinkan anggota tim untuk memulihkan HP Bar mereka dan memperpanjang kemampuan mereka untuk bertarung.

5. Kingdom Hearts

Kingdom hearts
Kingdom Hearts | via Square Enix

Yang selanjutnya dalam daftar Game Crossover Terbaik kali ini adalah Kingdom Hearts. Kingdom Hearts adalah serangkaian game Action Role-Playing yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Square Enix. Game ini adalah game kolaborasi antara Square Enix dan The Walt Disney Company dan berada di bawah kepemimpinan Tetsuya Nomura, seorang karyawan lama Square Enix. Kingdom Hearts adalah crossover dari berbagai properti Disney yang berbasis di multiverse fiksi original.

Serial ini berpusat pada Sora dan perjalanan serta pengalamannya dengan berbagai karakter Disney dan Pixar, serta beberapa karakter dari properti Square Enix, seperti Final Fantasy, The World Ends With You dan Einhänder. Alur utama dari seri ini menceritakan protagonis yang berhadapan dengan beberapa inkarnasi Xehanort, sang antagonis utama. Seri ini terdiri dari tiga belas game yang tersedia untuk berbagai platform.

6. Capcom vs SNK

Capcom vs snk
Capcom vs SNK | via Reddit

Game Crossover Terbaik yang keenam adalah Capcom vs SNK. SNK vs. Capcom, atau secara bergantian Capcom vs. SNK, adalah serangkaian game crossover yang dikembangkan oleh Capcom dan SNK yang menampilkan karakter yang muncul dalam game yang dibuat oleh salah satu perusahaan. Sebagian besar adalah game pertarungan dan mengambil format yang mirip dengan seri Marvel vs. Capcom milik Capcom, di mana para pemain membuat tim petarung dan menyuruh mereka bertarung satu sama lain.

Game dalam seri ini berisi SNK vs. Capcom atau Capcom vs. SNK dalam judulnya, dengan nama perusahaan pertama yang menunjukkan perusahaan di balik pengembangan game tersebut. Penerimaan serial ini bervariasi. Judul yang dikembangkan Capcom adalah yang paling banyak diterima secara positif, sedangkan entry yang dikembangkan SNK menerima ulasan yang lebih beragam.

7. Dissidia Final Fantasy

Dissidia final fantasy
Dissidia Final Fantasy | via Square Enix

Yang terakhir dalam daftar Game Crossover Terbaik kali ini adalah Dissidia Final Fantasy. Dissidia Final Fantasy adalah game crossover terbaik yang mengangkat genre pertarungan dengan elemen Action-RPG yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Square Enix untuk PlayStation Portable sebagai bagian dari kampanye untuk ulang tahun ke-20 dari seri Final Fantasy. Album ini diluncurkan pertama kali di Jepang pada 18 Desember 2008 dan kemudian di luar Jepang.

Game ini menampilkan karakter dari waralaba Final Fantasy yang berbeda dan berpusat pada konflik hebat antara Cosmos sang dewi harmoni, dan Chaos sang dewa pertengkaran. Keduanya memanggil beberapa prajurit untuk menjadi pion dari pihak mereka dalam perang ketiga belas mereka. Selama permainan, kalian bisa mengontrol sepuluh prajurit yang dipilih oleh Cosmos, yaitu protagonis dari sepuluh game Final Fantasy pertama, dalam perjalanan mereka.

Dan itu tadi adalah 7 Game Crossover Terbaik yang sudah Gamedaim rangkum untuk kalian. kalau kalian punya tambahan, jangan lupa tulis di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment