RekomendasiG List

5 Game Harvest Moon Terbaik Yang Bisa Kalian Mainkan Saat Senggang

Game Harvest Moon Terbaik – Siapa di sini yang tidak tau Harvest Moon? Game simulasi kehidupan satu ini merupakan waralaba yang sukses dan populer di kalangan Gamer sejak awal peluncurannya pada tahun 1996. Waralaba ini juga diterbitkan di berbagai platform dan terus berjalan hingga sekarang. Banyak yang menjadi fans dari game ini karena mereka suka dengan gameplay yang ditawarkan, tapi banyak juga yang menjadi fans karena banyaknya heroine yang waifuable.

Sekilas tentang Harvest Moon, game ini adalah game ber-genre simulasi kehidupan dan pertanian yang dikembangkan oleh Amccus dan diterbitkan oleh Natsume. Harvest Moon juga memiliki waralaba yang menjadi spin-off sebagai perayaan 10 tahun. Nama spin-off itu adalah Rune Factory, sebuah game simulasi pertanian yang dikemas dengan gaya RPG dan menambahkan elemen-elemen sihir dan monster.

Hingga saat artikel ini dibuat, waralaba Harvest Moon sudah memiliki sekitar 29 judul game. Dari seluruh game tersebut, berikut Gamedaim sudah membuat daftar 5 Game Harvest Moon Terbaik yang bisa kalian mainkan saat senggang. Apa saja? Mari kita langsung ke pembahasan utamanya.

5 Game Harvest Moon Terbaik

1. Harvest Moon: Back To Nature

Harvest moon back to nature
Harvest Moon: Back To Nature | via Arianikartika

Kita mulai daftar ini dengan seri terbaik dan terpopuler dari seluruh game Harvest Moon terbaik yang ada. Harvest Moon: Back To Nature adalah game dalam seri simulasi pertanian Story of Seasons, yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Victor Interactive Software. Ini adalah game Harvest Moon pertama untuk konsol non-Nintendo. Karakter dari Harvest Moon 64 dialihkan menjadi karakter dalam game ini, meskipun dengan gaya hidup, kepribadian, dan kisah cinta yang baru.

Permainan dimulai dengan karakter utama yang mewarisi sejumlah kecil uang dan pertanian terbengkalai yang ditumbuhi rumput liar. Selama permainan, kalian harus membangun pertanian agar berkembang pesat dan bersosialisasi untuk menjadi teman warga Mineral Town. Sepanjang permainan kalian harus menyeimbangkan antara mengurus ladang dan berinteraksi dengan karakter lain untuk menjaga hubungan pertemanan maupun percintaan kalian.

2. Harvest Moon: Friends of Mineral Town

Harvest moon friends of mineral town
Harvest Moon: Friends of Mineral Town | via IndysGameplayVids

Game Harvest Moon terbaik yang kedua adalah Friends of Mineral Town. Friends of Mineral Town adalah game yang diterbitkan untuk GameBoy Advance, yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Marvelous Interactive. Banyak kritikus memujinya sebagai Entry terbaik dari seri di waralaba ini, menggabungkan elemen dari entry seri terlaris sebelumnya dan memperkenalkan banyak elemen baru. Game itu kemudian diterbitkan juga di Virtual Console untuk Nintendo Wii U pada Juni 2015.

Kalian akan berperan sebagai seorang petani yang tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari pertanian yang dijalankannya dengan cara bercocok tanam dan beternak. Harvest Moon: Friends of Mineral Town adalah game untuk konsol portabel Game Boy Advance pertama dari seri Story of Seasons, dan merupakan versi GBA remake dari Harvest Moon: Back to Nature.

3. Harvest Moon: More Friends of Mineral Town

Harvest moon more friends of mineral town
Harvest Moon: More Friends of Mineral Town | via Dailymotion

Game Harvest Moon terbaik selanjutnya adalah More Friends of Mineral Town. Kalau di Friends of Mineral Town kalian bermain sebagai laki-laki, di versi More Friends of Mineral Town kalian akan bermain sebagai perempuan. Permainan dimulai dengan pemain yang berada di kota, membaca korannya. Dia melihat sebuah iklan untuk sebuah peternakan yang indah dan Tergoda dengan keindahan kehidupan di pedesaan, lalu memutuskan untuk membelinya.

Dia pergi ke pertanian tersebut dan menyadari kalau dia ditipu, karena pertanian yang dijual terbengkalai dan membutuhkan perawatan. Karena dia sudah berhenti dari pekerjaannya dan menjual apartemennya, dia kemudian memutuskan untuk membuat pertanian menjadi subur sebaik mungkin. Gameplay dasar tetap hampir tidak berubah, dengan pengecualian beberapa perubahan, peningkatan, dan perbaikan dari gameplay sebelumnya.

4. Harvest Moon: The Tale of Two Towns

Harvest moon the tale of two towns
Harvest Moon: The Tale of Two Towns | via Nintendo Life

Yang keempat dalam daftar game Harvest Moon terbaik kali ini adalah The Tale of Two Towns. Dalam game ini, kalian akan memulai permainan dengan memilih jenis kelamin dan memilih untuk tinggal di desa Bluebell atau Konohana. Kedua desa ini mengkhususkan diri dalam aspek usaha yang berbeda. Bluebell mengkhususkan diri pada hewan ternak, sementara Konohana berfokus pada bercocok tanam. Peternakan pemain akan memiliki fitur berbeda tergantung desa mana yang dipilih pemain.

Seperti game Harvest Moon terbaik lainnya, pemain harus menjaga pertanian mereka dengan menanam dan menyirami tanaman, dan juga merawat ternak mereka. Pemain juga dapat menjalankan request yang dipajang di papan pesan masing-masing desa. Memilih desa tidak akan membatasi pemain di desa itu saja, tapi pemain dapat melakukan perjalanan antar desa dan berinteraksi dengan warga desa lain.

5. Harvest Moon: Save The Homeland

Harvest moon save the homeland
Harvest moon: save the homeland

Game Harvest Moon terbaik yang terakhir adalah Harvest Moon: Save The Homeland. Dalam game ini, pemain harus menemukan cara untuk menyelamatkan desa agar tidak diubah menjadi resort pada akhir tahun. Ada 9 cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan desa tergantung pada pilihan yang kalian buat, seperti penduduk desa mana yang menjadi teman kalian. Untuk sebagian besar ending, kalian akan terlibat dalam sebuah quest yang akan membantu kalian untuk menyelamatkan desa.

Setelah mencapai akhir cerita, kalian memiliki pilihan untuk memulai kembali permainan untuk mencoba ending lainnya, yang mungkin mendapat ending yang berbeda. Setelah memulai kembali permainan, kalian dapat menyimpan uang dan hewan yang kalian peroleh sebelumnya. Setiap kali kalian menemukan ending baru, semua itu akan disimpan di Ending List dan kalian akan menerima profil penduduk desa yang terlibat dalam ending tersebut.

Dan itu tadi adalah 5 Game Harvest Moon terbaik yang sudah Gamedaim rangkum untuk kalian. Kalau kalian punya daftar game Harvest Moon terbaik yang lain, jangan lupa tambvahkan di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment