G ListHardware

5 Aksesoris Konsol Teraneh Yang Pernah Diciptakan

Aksesoris Konsol Teraneh – Jika membahas tentang konsol, pastinya ada saja aksesoris-aksesoris yang diciptakan khusus untuk konsol tertentu. Pembuatan aksesoris-aksesoris ini tentunya dibuat bukan semata-mata untuk mencari keuntungan, tapi juga menjadi ajang untuk menunjukkan inovasi dan juga memberikan kemudahan bagi Gamer dalam memainkan game yang mereka sukai. Tapi sayangnya, tidak semua aksesoris konsol yang diciptakan itu berguna.

Kebanyakan aksesoris konsol yang tercipta justru terlihat aneh dan bahkan tidak terlalu berguna, meskipun aksesoris-aksesoris tersebut adalah produksi resmi, perangkat tambahan, ataupun produk dari pengembang third-party. Bahkan, beberapa dari aksesoris konsol yang tersedia dianggap sebagai aksesoris terburuk sepanjang sejarah industri hardware video game.

Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang 5 Aksesoris Konsol Teraneh yang pernah diciptakan. Penasaran? Mari kita langsung ke pembahasan utama.

5 Aksesoris Konsol Teraneh

1. Voice Recognition Unit

Voice recognition unit
Voice Recognition Unit | via Console Variation

Voice Recognition Unit atau VRU diluncurkan pada tahun 2000 oleh Nintendo sebagai perangkat tambahan untuk Konsol Nintendo 64. Aksesoris ini datang dalam dua bagian, yaitu Voice Recognition Unit, yang merupakan kotak abu-abu yang dicolokkan ke port kontroler di depan unit N64 dan mengubah suara kalian menjadi sinyal yang bisa dipahami oleh software dalam game dan mikrofon abu-abu yang dicolokkan ke slot mikrofon pada perangkat VRU.

Aksesoris konsol teraneh satu ini juga disertai tali strap untuk memasang mikrofon ke kontroler, dan bola busa kuning untuk dipasangkan di ujung mikrofon. VRU datang sepaket dengan game klasik Hey You, Pikachu!, sebuah permainan simulasi hewan peliharaan di mana kalian bisa mengontrol dan berbicara dengan Pikachu dengan suara kalian.

2. SEGA Dreamcast Fishing Controller

Dreamcast fishing controller
SEGA Dreamcast Fishing Controller | via Carousell

Fishing Controller atau yang dikenal juga sebagai Tsuri Controller di Jepang, adalah aksesoris konsol teraneh untuk SEGA Dreamcast yang digunakan dalam game memancing. Meskipun Fishing Controller telah terlihat sebelum dan sesudahnya, Fishing Controller berdiri sebagai satu-satunya perangkat memancing yang resmi untuk konsol video game hingga saat ini, diproduksi oleh SEGA tak lama setelah debut konsol untuk digunakan dengan game SEGA Bass Fishing.

Fishing Controller berbentuk seperti pancing, meskipun tidak memiliki joran di ujungnya. Action Button dan Start dipasang di bagian atas unit bersama dengan tongkat analog, dan yang unik untuk perangkat ini adalah gulungan pancing di sisi kanan, yang dapat diputar untuk roll benang pancing. Kontroler ini juga memiliki kemampuan motion sensor dasar, yang mampu mendeteksi saat perangkat digerakkan ke kiri, kanan, atas, atau bawah. Kontroler ini juga bergetar jika ada ikan yang ditangkap.

GameBoy Camera

Gameboy camera
GameBoy Camera | via DP Review

GameBoy Camera atau GBC, diluncurkan sebagai Pocket Camera di Jepang, adalah aksesori Nintendo untuk konsol game portabel GameBoy. Perangkat Ini diluncurkan pada 21 Februari 1998 di Jepang dan pembuatannya dihentikan pada akhir 2002. Sebagai mainan untuk konten yang dibuat pengguna, perangkat ini dapat digunakan untuk memotret foto dalam skala abu-abu, mengeditnya atau membuat gambar asli, dan mentransfer gambar antar GBC unit atau ke 64DD Art Game Suite Mario Artist.

Aksesoris konsol teraneh satu ini menampilkan kamera yang dapat diputar 180 ° yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto selfie. Gambar yang sudah diambil dapat dicetak ke kertas termal dengan GameBoy Printer. Cartridge GBC berisi minigame berdasarkan game awal Nintendo seperti video game arkade Space Fever, Game and Watch Ball, dan sequencer musik chiptune. Guinness mengakui perangkat ini sebagai kamera digital terkecil di dunia pada tahun 1999.

4. Resident Evil 4 Chainsaw Controller

Resident evil 4 chainsaw controller
Resident Evil 4 Chainsaw Controller | via Nintendo Wiki

Chainsaw Controller adalah kontroler khusus untuk Resident Evil 4. Diproduksi oleh NubyTech, aksesoris konsol teraneh satu ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi gergaji kuning untuk versi GameCube, dan versi gergaji merah untuk versi PlayStation 2. Berdasarkan tes bermain secara ekstensif, NubyTech menegaskan bahwa pernyataan tentang Chainsaw Controller yang bisa meningkatkan pengalaman bermain Resident Evil 4 itu tidak benar.

Perangkat ini memiliki semua stik dan tombol standar dari kontroler GameCube dan PS2 biasa, tetapi tidak memiliki konfigurasi yang intuitif. Seperti kebanyakan produk NubyTech, kontroler ini dirancang dengan lebih mempertimbangkan kolektibilitas daripada penguasaan. Desainnya didasarkan pada gergaji mesin tituler yang dibawa oleh Chainsaw Ganados, dengan warna kuning dibawa oleh Chainsaw Men dan merah oleh Chainsaw Sisters.

5. Power Glove

Sony dsc
Power Glove | via Wiki

Aksesoris konsol teraneh yang terakhir dalam daftar ini adalah Power Glove. Satu-satunya aksesori video game yang mengerikan yang berada di atas semua aksesoris teraneh, Power Glove mewakili segala sesuatu yang membuat aksesoris ini buruk, seperti terlalu maju dari zamannya, integrasi kontrol yang buruk, harga yang terlalu mahal, dan tidak kompatibel dengan hampir semua judul di konsolnya.

Perangkat berbentuk sarung tangan yang ditempatkan di atas tangan dan lengan bawah pemain yang seharusnya melacak gerakan tangan dan jari dan menerjemahkan gerakan untuk mengontrol input. Tentu saja itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Seluruh ceritanya dicatat dalam film dokumenter tahun 2013 berjudul The Power of Glove.

dan itu tadi adalah 5 Aksesoris Konsol Teraneh yang sudah Gamedaim rangkum untuk kalian. Dari semua aksesoris konsol teraneh dalam daftar di atas, mana yang menurut kalian paling aneh?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.