BeritaAndroidiOSMobile

Winner-winner Chicken Dinner, Warga India Kini Sudah Bisa Mainkan PUBG Mobile

Setelah sebelumnya pada bulan September 2020 lalu, pemerintah India secara resmi memblokir game PUBG Mobile, karena beberapa alasan. Dilansir dari The Verge, game battle royal PUBG Mobile sudah tersedia kembali di Google Play di India dan sudah bisa dimainkan meski dengan nama baru, yakni Battlegrounds Mobile India.

Selain mengalami perubahan nama judul game, pengembang game juga melakukan beberapa perubahan lainnya pada game ini. Mulai dari warna darah yang sebelumnya berwarna merah diganti menjadi hijau dan adanya sistem akun baru.

Selain PUBG Mobile, aplikasi yang berasal dari Tiongkok lainnya juga ikut diblokir. Hal ini lantaran investor utama pada game PUBG Mobile adalah Tencent, yang merupakan raksasa internet dari Tiongkok.

Ketika awal-awal pemblokiran, PUBG Studio mengumumkan jika mereka akan merilis kembali game ini di India dengan menyertakan fitur-fitur baru. Fitur tersebut akan diselaraskan dengan para pemain PUBG Mobile di India.

Tentu saja setelah pemerintah India izinkan PUBG Mobile kembali beredar meski dengan nama baru menjadi keuntungan besar bagi pengembang game ini.

Warga India Sudah Bisa Mainkan PUBG Mobile

India izinkan kembali pubg mobile
Ilustrasi | istimewa

Tech Crunch melaporkan bahwa walaupun kini pengembang telah melakukan beberapa perubahan, yakni warna darah (dari merah ke hijau) dan framing game secara eksplisit untuk pelatihan simulasi virtual, game Battleground Mobile India tetap sama dengan PUBG Mobile. Akun lama yang didaftarkan pada game PUBG Mobile tetap bisa ditransfer ke game yang baru.

Pemerintah India mungkin tidak terlalu memperhatikan perubahan ini. Lantaran perhatian utama pemerintah memblokir PUBG Mobile ialah timbulnya rasa khawatir data-data para pengguna di India akan dikirimkan ke Tiongkok.

Untuk mencegah rasa khawatir tersebut, sebelum dirilisnya game PUBG Mobile dengan nama baru, PUBG Studio mengakhiri hubungannya dengan Tencent di India dan akan memindahkan hosting game menuju pusat data Microsoft Azure di negara tersebut.

Mengenai PUBG yang Diblokir di India

Pubg mobile
Pubg mobile | pubg mobile

Seperti diketahui, pemerintah India melakukan pemblokiran terhadap 118 aplikasi mobile dari Tiongkok, termasuk PUBG Mobile ada September 2020 lalu. Tentu saja, keputusan tersebut sangat berdampak buruk bagi perusahaan-perusahaan teknologi di Tiongkok.

Selain PUBG Mobile, ratusan aplikasi lainnya yang ikut diblokir adalah Baidu, FaceU, Life After, U-Dictionary, Tantan, dan ShareSave milik Xiaomi.

Menanggapi keputusan tersebut, Kementerian Teknologi India menuturkan bahwa 118 aplikasi tersebut bisa menjadi ancaman untuk keamanan, dan kedaulatan India.

Aplikasi-aplikasi tersebut mengumpulkan, dan membagikan data secara diam-diam serta membahayakan data pribadi dan informasi pengguna, yang dapat menimbulkan ancaman serius bagi keamanan negara,” kata juru bicara kementrian di India.

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications