BeritaPlaystationResmi

Sony Resmi Akuisisi Housemarque (Dev. Returnal)

Sony Interactive Entertainment hari ini mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan akuisisi Housemarque (pengembang Returnal). Berbasis di Helsinki, Finlandia, Housemarque akan menjadi studio ke-13 yang bergabung dengan keluarga PlayStation Studios.

Housemarque memiliki pengalaman yang luas dalam genre arcade-shooter serta kemampuan kreatif dan teknis yang kuat. Mereka telah mengembangkan 8 judul eksklusif untuk konsol PlayStation, termasuk Returnal, Nex Machina, dan Alienation.

Sony Akuisisi Housemarque

Dengan perilisan Returnal di PS5 yang sangat populer, Housemarque telah mengembangkan gameplay khasnya dengan membuat sebuah game narasi menjadi 3D bullet-hell shooter.

“Dengan rekam jejak yang terbukti dalam menciptakan game orisinal yang menampilkan gameplay terbaik di kelasnya, Housemarque adalah studio yang sangat berprestasi. Kami sangat senang untuk secara resmi menyambut mereka ke dalam keluarga PlayStation Studios,”

Hermen Hulst (presiden PlayStation Studios)

“Dengan gameplay yang mencekam, cerita yang menghantui, dan dunia yang tak kenal ampun, Returnal telah memikat penonton PlayStation. Kami berharap dapat bekerja bersama dengan Housemarque untuk mewujudkan visi kreatif ambisius mereka pada proyek masa depan.”

Sony akuisisi housemarque
Returnal | Housemarque

Ketika ditanya oleh QC apakah mereka melakukan perlombaan akuisisi dengan Microsoft, Hulst menjawab tidak. Menurutnya, Sony Interactive Entertainment sangat selektif tentang pengembang yang mereka bawa.

“Saya selalu mencari orang-orang yang memiliki nilai yang sama, ambisi kreatif yang serupa, dan bekerja sangat baik dengan tim kami yang dapat kami investasikan lebih lanjut dan membantu tumbuh sebagai pembuat konten,” kata Hulst.

“Ini tidak seperti kita akan berkeliling dan hanya membuat akuisisi acak. Mereka sangat, sangat menargetkan akuisisi tim yang kami kenal dengan baik.”

Ini adalah akuisisi terbaru Sony Interactive Entertainment sejak mereka membeli Insomniac Games (pengembang Spider-Man) pada tahun 2019. Kegiatan sehari-hari akan terus dijalankan oleh tim manajemen Housemarque bersama dengan tim pengembangan eksternal PlayStation Studios.

Sony Interactive Entertainment tidak mengungkapkan biaya akuisisi ini karena adanya “komitmen kontrak”.

Diskusi Akuisisi Telah Terjadi Sebelum Returnal

Sony akuisisi housemarque
Selene Vassos | Returnal

Melalui wawancara The Washington Post, Ilari Kuittinen (co-founder Housemarque) mengatakan bahwa diskusi akuisisi muncul sebelum mereka mengembangkan Returnal.

Karena Housemarque adalah tim yang kecil, mereka meminta untuk menyelesaikan Returnal terlebih dahulu sebelum terjun lebih dulu ke pembicaraan akuisisi.

“Dengan bantuan dukungan Sony dan semua pengetahuan yang dapat kami bagikan dengan mereka dan belajar dari studio lain, ini tentu saja merupakan batu loncatan menuju hal-hal yang lebih besar lagi,” kata Kuittinen.


Kalian tertarik dengan berita Gamedaim? Kalian bisa membaca berita game terbaru lainnya di Gamedaim News!

Baca juga:

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications