Sebelum Merilis Xbox, Microsoft Awalnya Berniat Membeli EA dan Nintendo

in
Microsoft
Microsoft

Sampai saat ini, Xbox menjadi salah satu perusahaan yang cukup sukses. Bagaimana tidak, Microsoft merupakan pemilik dari konsol ini dan sukses menjadikan Xbox sebagai salah satu konsol pilihan banyak gamer. Namun, tahukah kamu bahwa ada cerita menarik dari dibentuknya Xbox. Salah satunya adalah niatan Microsoft untuk membeli EA dan Nintendo.

Bagaimana kisah lengkapnya? Yuk simak artikel berikut biar kalian tidak ketinggalan informasi.


Microsoft Memiliki Niatan untuk Membeli EA dan Nintendo

Microsoft EA Nintendo
Nintendo | Anime News World

Sebelum merilis Halo, Microsoft awalnya memiliki niatan untuk membeli beberapa perusahaan video game seperti Electronic Arts, Square, Midway, bahkan raksasa konsol portabel asal Jepang, Nintendo.

Berdasarkan informasi, Microsoft awalnya berniat membeli EA. Namun, Bob McBreen selaku Head of Business dari EA menolak tawaran ini. Hasilnya, Microsoft memilih untuk beralih ke perusahaan asal Jepang tersebut. Sayangnya, Microsoft juga tidak bisa mengakuisisi perusahaan yang didirikan oleh Fusajiro Yamauchi.

Bahkan, Nintendo sempat tidak percaya bahwa Microsoft berniat membelinya. Sebab, mereka menilai hal tersebut tidak mungkin terlebih Nintendo masih baru ketika itu.

“Mereka hanya tertawa mendengar hal itu. Seperti, bayangkan dalam satu jam, seseorang tertawa karena kamu. Itulah apa yang terjadi saat meeting dengan Nintendo,” ucap Kevin Bachus yang bertanggung jawab atas proses akuisisi tersebut

Nintendo via Indozone

Karena gagal membeli kedua perusahaan tersebut, Microsoft memilih untuk mengakuisisi Bungie. Setelah diakusisi, Microsoft akhirnya merilis game pertamanya berjudul Halo dan menjadi salah satu game paling ikonik di Xbox.


Masih Ingin Membeli Perusahaan Lainnya

Microsoft Akuisisi Bethesda Softworks
Microsoft Akuisisi Bethesda Softworks | Microsoft

Setelah membuat kejutan di akhir tahun 2020 dengan mengakuisisi Bethesda, Microsoft kabarnya masih berniat untuk membeli perusahaan game lainnya. Hal ini dilakukan oleh Microsoft untuk menyaingi Sony dan juga memperluas jangkauan game mereka.

Tidak heran, keputusan Microsoft membeli Bethesda membuat nama Xbox kian terkenal. Terlebih, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat baru saja merilis konsol next-gen Xbox Series X | S.


Bagaimana pendapat kamu mengenai hal ini? Apa yang akan terjadi jika Microsoft berhasil membeli EA dan Nintendo?

Berikan Nilaimu untuk konten ini