Inilah Pak Dadang a.k.a Dewa_Kipas, Orang yang Akunnya Dibanned oleh Chess.com

in
Pak Dadang
Pak Dadang | Istimewa

Akhir-akhir ini, nama Dewa_Kipas tengah ramai diperbincangkan oleh kalangan muda di Indonesia. Bagaimana tidak, pecatur asal Indonesia ini berhasil mengalahkan International Master, GothamChess di permainan catur online, Chess.com.

Nah, baru-baru ini penampilan dari pemilik akun tersebut telah terungkap. Penasaran? Yuk simak artikel berikut sampai habis.


Siapa itu Pak Dadang, Pemilik dari Akun Dewa_Kipas

Pak Dadang Subur
Pak Dadang Subur | Ali Akbar

Melansir DetikINET, sang anak yakni Ali Akbar mengatakan bahwa ayahnya tidak melakukan kecurangan dan bermain dengan jujur. Dalam postingannya, Ali menyebut bahwa ayahnya memang seorang pecatur profesional.

Bapak saya itu pemain yang dulunya sering ikut turnamen. Beliau juga sempat menjadi salah satu anggota Percasi dan menjuarai banyak turnamen. Salah satunya mendapat peringkat satu di kejuaraan catur ke-37 kota Singkawang pada 2005

Melansir detikINET

Menurut informasi, Dewa_Kipas atau nama salinya Dadang Subur telah bermain catur sejak masih kecil. Namun, ia baru memulai debutnya ketika kuliah dan telah ikut dengan banyak sekali klub catur. Sayang, di tahun 2012 pak Dadang memilih untuk pensiun dan pindah ke Jakarta.

Pak Dadang
Pak Dadang | Istimewa

Tapi itu sudah lama, karena bapak saya sudah pensiun dan lama tidak main catur. Jadi hanya main lewat aplikasi smartphone.

Lanjut Ali

Sampai saat ini, Ali hanya meminta kepada pihak Chess.com untuk membuka blokir akun Dewa_Kipas. Pasalnya, ia menjamin bahwa ayahnya tidak bermain curang. Bahkan, ia juga memiliki sertifikat hasil kemenangan yang ayahnya raih.


Kronologi Lengkap

Gothamchess Dewa_Kipas
Gothamchess x Dewa_Kipas

Menurut informasi yang ada, awalnya ayah dari Ali Akbar bermain Catur Online di Chess.com. Ketika itu, ia tidak sengaja bertemu Gotham Chess yang merupakan International Master dengan ELO 2400. Bukan hanya itu saja, GothamChess adalah seorang YouTuber dengan 700.000 Subscriber.

Menariknya, pertandingan tersebut rupanya disiarkan melalui Twitch dan ditonton oleh ribuan orang. Secara mengejutkan, ayah Ali Akbar berhasil memenangkan pertandingan ini. Sayangnya, kemenangan pecatur asal Indonesia ini membuat fans dari GothamChess mengamuk.

Para fans menuduh bahwa ayah Ali bermain curang. Hasilnya, akun milik ayahnya di laporkan secara massal dan sudah tidak bisa mereka akses lagi. Menurut Ali, ayahnya sendiri merupakan mantan pemain catur yang sudah mengikuti banyak turnamen. Namun, ia kini sudah pensiun dan bermain secara online.


Bagaimana tanggapan kamu terkait hal ini? Tulis komentar kamu di kolom yang telah kami sediakan yah.

Tinggalkan Balasan

Berikan Nilaimu untuk konten ini