BeritaXboxXbox OneXbox Series SXbox Series X

Microsoft Pernah Tolak Perilisan Eksklusif GTA 3 di Xbox

Beberapa hari belakangan ini nama Microsoft kembali menjadi perbincangan hangat oleh para kalangan gamer. Pasalnya, ada sebuah kabar mengejutkan yang datang dari Rockstar Games soal game Classic miliknya yaitu Grand Theft Auto 3. Menurut informasi yang kami dapatkan, Microsoft dikabarkan sempat menolak perilisan GTA 3 Eksklusif melalui platform Xbox. Apakah kabar ini benar? Yuk ikuti pembahasan Gamedaim News berikut,

Baru-baru ini Xbox baru saja meramaikan hari Anniversary yang ke-20. Untuk merayakannya, ia juga memberikan Documentary yang mengisahkan perjalanan Xbox dari awal hingga kini. Tidak hanya membahas kesuksesannya saja, Xbox juga tidak malu menyinggung kembali kesalahannya saat menjalani Industri Konsol miliknya. Menariknya, kesalahan yang paling mereka sesali ini datang dari studio Open-World ternama Rockstar Games.

Microsoft Menyesal Telah Menolak Perilisan Eksklusif GTA 3 di Xbox

Para era ini semua gamer manapun tahu dengan sang pencipta Franchise GTA, RDR, dan Bully tersebut. Namun, pada tahun 2001 lalu, Rockstar Games tidak sepopuler seperti yang kita kenal sekarang. Setelah sukses merilis GTA 1 dan 2 pada platform PC dan PlayStation 1, Rockstar memutuskan untuk membuat seri ketiga dari Grand Theft Auto yang mengusung visual 3D serta pendekatan Story Narrative yang lebih serius.

Pada tahun yang sama Microsoft tengah melakukan promosi besar-besaran ke mancanegara untuk mempromosikan perilisan konsol Xbox generasi pertama yang akan rilis akhir tahun 2001. Mereka meyakinkan banyak Developer game bahwa konsol ini nantinya akan sangat sukses. “Publisher Kecil” Rockstar Games mendegar hal tersebut, dan memutuskan untuk mempersembahkan game terbarunya GTA 3 yang diharapkan rilis secara Eksklusif.

Sayangnya, Kevin Bachus selaku pemimpin dari Xbox Third Party menolak tawarannya setelah mendengar rencana Rockstar. Ia mengatakan bahwa Rockstar ingin membangkitkan kembali franchise PC lamanya dan melakukan transisi dari 2D. Pada saat itu, Bascus “tidak yakin bahwa game tersebut dapat membuat transisi dari 2D.” Sementara itu, ia juga mengatakan bahwa “hal ini akan sangat rumit sekali untuk dilakukan.”

Alasan Menapa Xbox Menolak Eksklusifitas Game Milik Rocsktar

“Mereka benar-benar tidak memahami Interface, mereka berpikir bahwa itu didasarkan pada Game yang perilisannya tidak terlalu sukses,” ucap Drew Angeloff. Mengetahui rencananya tidak mendapat persetujuan, Rockstar mendatangi Sony yang kebetulan sedang melakukan Promosi dari PlayStation 2. Benar saja, rencana tersebut diterima dan gamenya terjual lebih dari 14.5 Juta Unit serta menduduki posisi game terlaris pada tahun 2002.

Kesuksesan Rockstar dan PlayStation masih berlanjut ketika perilisan GTA: Vice City pada akhir tahun 2002. Namun, puncak dari kesuksesan tersebut baru muncul ketika Grand Theft Auto: San Andreas rilis di tahun 2004. Bagaimanakah menurut pendapat kalian, apakah Microsoft bisa belajar dari kesalahan mereka sebelumnya?

Related Posts

Leave Comment
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications