BeritaPCResmi

Epic Games Tidak Akan Dukung Fortnite di Steam Deck

Hampir mendekati tanggal peluncurannya, Valve kembali lagi dengan pembahasan seputar konsol terbarunya yaitu Steam Deck. Setelah sukses mengumumkan lebih dari 100 game yang terdaftar pada konsolnya, kali ini giliran Epic Games yang siap menunjukkan detail terbaru. Sayangnya, storefront Epic Game tidak akan dukung Fortnite di Steam Deck. Lantas, apa alasannya? Yuk ikuti pembahasan Gamedaim News berikut ini.

Pada tahun 2021 lalu, Epic Games dan Valve sempat melakukan kerjasama untuk menghadirkan storefront miliknya ke konsol Steam Deck. Dengan adanya fitur tersebut, kamu dapat mengakses akun Epic Games lengkap dengan semua game yang sebelumnya kamu miliki pada library. Sayangnya, tidak semua game yang kamu beli lewat Epic Games PC dapat dimainkan melalui konsol Valve ini.

Epic Games Konfirmasi Bahwa Steam Deck Tidak Akan Beri Dukungan Untuk Fortnite

Fortnite di Steam Deck

Melalui laporan yang kami dapatkan pada akun twitter fans bernama Storm178, Tim Sweeney selaku CEO dari Epic Games baru saja menjawab pertanyaannya soal rencana peningkatan sistem Anti-Cheat EAC pada game Fortnite. Sayangnya, Tim sendiri mengkonfirmasi bahwa Steam Deck tidak akan mendukung game Fortnite untuk sekarang ini. Alasannya adalah mereka masih terus mengembangkan kopatibilitas Easy Anti Cheat pada Steam Deck.

Ia mengatakan bahwa “Tidak akan ada Fortnite, tetapi ada upaya besar yang sedang dilakukan untuk memaksimalkan kompatibilitas Easy Anti-Cheat dengan Steam,” ucap Sweeney. Ketika ditanya mengapa tidak, dia langsung menjawab bahwa,”Kami tidak memiliki keyakinan bahwa kami dapat memerangi upaya Cheater dalam skala besar di bawah konfigurasi kernel termasuk secara Custom.”

Masalah Kompatibilitas Anti-Cheat Yang Masih Bermasalah

Fortnite di Steam Deck

Pada postingan lain, Tim juga memberikan penjelasan dari alasan mengapa Anti-Cheat ini tidak cocok untuk Fortnite. Ia mengatakan “Model anti-cheat ini akan bekerja berdasarkan jumlah pemain aktif dan kemampuannya untuk mendapatkan keuntungan dengan menjual cheat atau mendapatkan keunggulan cheat. Oleh karena, itu anti-cheat yang dirancang untuk satu game mungkin tidak cocok dengan game 10, 100, atau 1000 kali lebih banyak pemain.

Mengingat, Epic Games dan Valve sendiri memang masih berupaya untuk membuat EAC kompatible, maka ada kemungkinan bahwa Fortnite bisa saja rilis di Steam Deck untuk kedepannya. Namun, untuk saat ini kita masih belum tahu pasti apakah ini akan terjadi atau tidak. Tentunya hal tersebut cukup disayangkan mengingat Fortnite merupakan game Battle-Royale terlaris dengan fokusnya pada Multiplatform.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment