Developer The Sinking City Tuduh Publisher Nacon Lakukan Pembajakan

in
The Sinking City 2
The Sinking City | Steam

Baru-baru ini, Frogwares selaku developer The Sinking Cinty menunduh publisher Nacon yang merilis game tersebut di Steam. Dalam tuduhannya, mereka menilai Nacon telah membajak versi game dari pemegang lisensi lainnya.

Lalu, bagaimana detail mengenai masalah ini? Yuk simak artikel berikut sampai habis agar kalian tidak ketinggalan informasi.


Publisher Nacon Diduga Lakukan Pembajakan

The Sinking City 1
The Sinking City | Steam

Melalui sebuah postingan di blog mereka hari ini, Frogwares mengatakan bahwa versi terbaru The Sinking City yang diunggah ke Steam pada akhir Februari oleh Nacon bukanlah game yang diberikan untuk mereka. Pasalnya, Frogwares menyebut bahwa game tersebut merupakan versi yang dilisensikan kepada distributor online Gamesplanet.

Frogwares menuduh Nacon telah membeli game tersebut di Gamesplanet, meretasnya dan menghapus logo tertentu milik Gamesplanet dan menambahkan logo Nacon di layar splash. Setelah itu, Nacon menerbitkan versi tersebut ke Steam dan mengklaimnya sebagai publisher The Sinking City.

Selain itu, Frogwares mencatat bahwa versi The Sinking City di Steam adalah versi “Deluxe” dari game tersebut. Padahal, konten yang ditambahkan oleh mereka tidak dilisensikan untuk Nacon. Hal ini membuat Frogwares jelas murka atas tindakan dari Nacon.

Frogwares secara khusus menyebut bahwa Neopica, studio asal Belgia yang turut mengerjakan judul Hunting Simulator dan Euro Truck Racing Championship menjadi studio yang mengubah The Sinking City. Lebih lanjut, Frogwares percaya bahwa Gamesplanet dan Steam tidak mengetahui hal ini.


Sarankan Pemain Jangan Beli Gamenya

The Sinking City 3 Publisher Nacon
The Sinking City | Steam

Menurut informasi yang beredar, Frogwares mengatakan bahwa mereka saat ini belum menciptakan versi yang sekarang di Steam. Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai maksud dari pihak developer tersebut. Namun yang pasti, perkataan dari mereka akan berpengaruh terhadap pikiran pemain dan juga sang pembuat.

Walau begitu, sejatinya Frogwares memiliki alasan yang masuk akal. Sekedar informasi saja, mereka pernah terlibat masalah dengan Nacon yang dulu bernama Big Pen Interactive. Nacon sebagai publisher game tersebut meminta seluruh aset penting dari The Sinking City.

Sayangnya, Frogwares menolak hal tersebut yang membuat Nacon menghilangkan nama dari studio ini di packaging game. Setelah game tersebut rilis di PlayStation 5, Frogwares menyebut bahwa mereka adalah developer sekaligus publisher game ini. Sedangkan versi PlayStation 4 memiliki publisher yang berbeda sehingga versi itu tidak mendapatkan update.


Bagaimana pendapat kamu mengenai hal ini? Tulis di kolom yang telah kami sediakan yah.

Suka dengan konten seperti ini? Ikuti juga Gamedaim di Facebook, Instagram, dan Youtube Supaya kalian enggak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar Game. Caranya gimana? Klik link dibawah ini bos

Facebook | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan