Review BenQ ZOWIE XL2546: Monitor 240Hz Didukung Teknologi DyAc dari ZOWIE

in , ,
Benq Zowie Monitor Box

BenQ ZOWIE XL2546 bisa jadi monitor yang cocok bagi para pro player atau gamer kompetitif yang acapkali bermain game yang kompetitif (pastinya)–seperti CS:GO hingga PUBG.

Setelah ZOWIE yang pertama kali diakuisisi oleh BenQ di tahun 2015 silam, brand yang terkenal di kalangan gamer ini gencar merilis produk untuk kebutuhan gaming–bahkan tingkat kompetitif dan salah satunya monitor ini.

Monitor XL2546 ini sendiri menjadi lini monitor gaming XL BenQ ZOWIE berukuran 24 Inch yang pertama kali diperkenalkan pada Maret 2018 lalu. Monitor ini dibekali refresh rate tertinggi dari seri XL lainnya yaitu 240Hz.

Harganya yang cukup menguras kantong dan dibekali fitur-fitur ajib seperti Refresh rate yang tinggi menjadi alasan yang sangat terlihat bahwa monitor ini memang diperuntukkan bagi para esports player.

Gamedaim diberi kesempatan oleh BenQ Indonesia untuk melakukan review monitor ZOWIE XL2546 mereka ini. Klik di sini untuk menonton review XL2546 di YouTube Gamedaim. Dan berikut ulasannya.

Monitor Berkuping dan Keunikan XL2546 Lainnya

Monitor XL2546 berukuran 24.5 inch yang dikhususkan untuk esports player ini memiliki desain body yang unik tetapi tetap fungsional.

Desainnya tidak frameless karena ketebalan frame monitor ini cukup tebal. Hanya saja, frame dari monitor ini seperti yang dipaparkan ZOWIE melalui situs mereka, dapat mengurangi pantulan cahaya dari layar.

XL2546
XL2546
Minimalize Light Reflection
Desain frame XL2546 dibuat khusus untuk mengurangi refleksi cahaya dari layar monitor.

Dan bukan tanpa omong kosong, hal tersebut terbukti frame dari monitor ini dapat menangkal pantulan cahaya yang keluar dari layar.

Ingin meja terlihat minimalis? Tenang, monitor ini punya VESA Wall Mounting berukuran 100×100 mm.

Soal built quality, bahan dari monitor XL2546 didominasi oleh plastik.

Kabel
Kabel power, kabel USB, dan kabel DP (Display Port) 1.2 yang akan kamu dapatkan setiap pembelian XL2546. Ada juga kain cover untuk monitor guna menghalau debu saat monitor kamu tidak digunakan.
Monitor Port
Untuk connectivity, Terdapat microphone/headset jack, 1x DVI – DL, 2x HDMI (HDMI 1.0 & HDMI 2.0), DP 1.2
Body belakang XL2546
Body belakang XL2546. Terdapat juga VESA Wall Mounting berukuran 100×100 mm.
Headset Stand (red nub)
Headset Stand (red nub) yang dapat ditarik.
Red Nub
Selain stand, terdapat USB Port 3.0 x2 serta headset & microphone jack.

Terdapat sebuah stand headset berwarna merah (red nub) yang dapat ditarik di bagian kiri monitor. Tentunya stand ini sangat fungsional agar meja komputer kalian tetap terlihat minimalis.

Di bagian red nub juga terdapat 2 port USB 3.0, microphone dan headphone jacks. Tentunya akan mempermudah kamu dalam menyambungkan peripheral yang kamu miliki.

ZOWIE juga sepertinya memperhatikan cable managment para penggunanya.

Di stand monitor terdapat bolongan (hole) yang cukup besar yang berguna sebagai tempat masuk kabel, seperti kabel HDMI, power, dsb.

Bukan hanya itu, bagi para pengguna XL2546 yang ingin memindahkan monitor ke satu tempat ke tempat lainnya, ZOWIE juga memikirkan hal tersebut.

Hole Cable Managment
Hole di body stand untuk cable managment.
Hand Grip Monitor
Hand Grip di stand monitor untuk mempermudah perpindahan monitor dari 1 tempat ke tempat lainnya.

Ada semacam grip sebagai pegangan di ujung stand monitor untuk mempermudah kalian memindahkan monitor ini. Maklum, monitor ini memang cukup berat dengan bobot 11 kg.

Tidak lupa juga, monitor ini berkuping, loh.

Di antara merk monitor dari lini gaming brand-brand manufaktur lain, ZOWIE menjadi salah satu brand yang membuat monitor mereka berkuping.

Kuping itu disebut sebagai shield yang berfungsi agar kalian fokus ke game tanpa perlu diganggu oleh keadaan di samping kanan kiri kalian.

Shield Monitor
Shield Monitor yang dapat dikencangkan dengan sepasang baut.

Shield ini tentunya menjadi identitas yang sudah sangat melekat untuk XL2546–atau monitor produksi dari ZOWIE.

XL2546 punya 2 shield yang bisa dipasang di sebelah kanan dan kiri. Shield ini sendiri adjustable angle-nya (dapat diputar) dan removable (dapat dibongkar-pasang dengan mudah hanya saja kamu perlu memperkuatnya dengan baut dan obeng).

Swivel Degree
Penanda Swivel dimana setiap garis setelah merah menandakan perputaran ke samping sebesar 5 derajat.
Adjustable Height Monitor
Metering sebagai penanda seberapa tinggi atau rendahnya kamu mengatur height monitor kamu setelah di-adjust.

Sayangnya, penulis berekspetasi lebih pada shield monitor ini agar dapat di-adjust height-nya (dinaikkan/diturunkan), namun shield di monitor ini tidak bisa melakukan hal tersebut.

Tetapi, tak perlu lesu. Monitor ini bisa kamu putar secara pivot hingga 90 derajat, 45 derajat ke swivel/samping (kanan & kiri), dan tilt dari -5 sampai 25 derajat. Juga, monitor ini dapat kamu atur height-nya. Karenanya, monitor ini bisa kamu switch menjadi vertical/pivot monitor.

Pemasangan monitor XL2546 ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu memasang satu bagian ke satu bagian lainnya. Bukan hanya pemasangannya, bahkan mengganti mode layar monitor (OSD menu) juga sudah ada tersedia kontrolernya.

OSD Menu Button
OSD Menu Button dan Power Button yang berwarna putih jika menyala dan berwarna merah jika dinonaktifkan.

Kontroler/alat untuk mengubah mode layar monitor XL2546 ini disebut S Switch.

S Switch memiliki 5 button dan 1 scroll button. Tombol 1, 2, dan 3 digunakan untuk mengubah mode dengan cepat dari 1 mode ke mode yang dipilih. Scroll button-nya sendiri bisa dibilang dapat berfungsi sebagai alternatif mouse guna me-klik HUD dan menaikkan persentase pada mode. Untuk tombol 1 itu berarti mode layar gamer 1, tombol 2 untuk mode layar gamer 2, dan tombol 3 untuk mode layar gamer 3.

Saat pertama kali mengubah mode default ke dalam mode gamer melalui S Switch, monitor ini butuh jeda beberapa detik untuk berubah. Tetapi jika sudah berubah ke dalam 1 mode gamer dan ingin berubah ke mode gamer lainnya, maka tidak perlu ada jeda waktu untuk berubah.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena pada dasarnya mode layar di monitor ini cukup mengubah besar-kecil Brightness, Contrast, Sharpness, hingga Gamma dan Color Temperature-nya saja secara instan.

Jika mode layar yang sudah tersedia versi pabrikan tidak sesuai dengan mata, kamu juga bisa melakukan kustomisasi dengan menyesuaikan brightness hingga color temperature-nya.

S Switch
Kontroler OSD Menu ini disebut S Switch dan memiliki tempat tersendiri di dashboard stand monitor.

S Switch sendiri memiliki tempat khusus yang sudah disediakan di dashboard stand monitor. Memang, ZOWIE tidak luput akan hal kecil seperti ini sehingga membuat XL2546 worth untuk dibeli.

DyAc, Black eQualizer, dan 240Hz, Bukti Monitor ini Cocok untuk Gamer Terutama Esports Player?

ZOWIE mengunggulkan XL2546 dengan fitur anyar-nya yaitu DyAc, Black eQualizer, dan refresh rate hingga 240Hz untuk mendukung pengalaman bermain yang maksimal–terutama saat bermain game FPS seperti CS:GO.

DyAc merupakan kepanjangan dari Dynamic Accuracy yang merupakan teknologi eksklusif dari BenQ ZOWIE untuk mengurangi eye tracking motion blur saat bermain game.

Blur yang dimaksud ialah ketika objek bergerak sangat cepat pada layar sehingga tampilan di layar tidak dapat merespons objek tersebut dengan cukup cepat untuk dan secara akurat.

Hal tersebut dapat menciptakan motion blur yang cukup menganggu ketika bermain. Nah, ZOWIE menerapkan teknologi DyAc mereka pada monitor ini untuk mengurangi gangguan blur tersebut.

Sedangkan yang dimaksud Black eQualizer untuk penjelasan mudah-nya ialah fitur yang dapat membantu kamu melihat secara lebih terang di area yang gelap. Jadi fitur ini akan bekerja jika pencerahan monitor belum maksimal dan membantu memperingan serta menghapus shadow objek dari layar.

Intinya sih, Black eQualizer ini meningkatkan visibilitas dan brightness kamu sembari menjaga contrast saat bermain game.

Untuk mencapai refresh rate hingga 240Hz sendiri, kamu perlu menggunakan HDMI 2.0 agar sistem dapat mendeteksinya. Jika kamu masih menggunakan HDMI biasa, maka sistem hanya bisa mengenal refresh rate hingga setengahnya atau 120Hz saja.

Tapi hal tersebut bukanlah masalah karena 120Hz cukup memberikan pengalaman yang menarik dalam bermain game FPS dan sejenisnya. Dan untungnya saja, monitor ini memiliki 2 slot HDMI yaitu HDMI 1.0 dan HDMI 2.0.

Pengalaman 144 dan 240Hz juga akan semakin mendukung apabila VGA kamu bisa mengangkatnya. Setidaknya, VGA kamu haruslah GTX 980 / AMD RX480 dan atau di atas performa kedua VGA tersebut.

120Hz XL2546
Sistem hanya mendeteksi setting maksimal 120 Hertz saja jika kamu menggunakan HDMI 1.0.

Penulis sendiri memakai GTX 960 Zotac dan HDMI 1.0 jadi hanya bisa melakukan testing bukan di 144Hz maupun 240 Hz karena sistem mendeteksi sampai 120Hz saja.

Kembali bicara soal DyAc dan Black eQualizer.

Seberapa pengaruhnya sih 2 fitur yang ZOWIE unggulkan kepada para gamer melalui monitor XL2546 saat bermain game? Berikut hasil foto perbedaan sebelum dan sesudah mengaktifkan ke-2 fitur tersebut saat penulis bermain Rainbow Six Siege atau biasa disebut R6.

DyAc & BlackeQualizer OFF ON
Terlihat jika Black eQualizer diaktifkan akan menampilkan tingkat pencahayaan yang maksimal di layar. Beda jika fitur tersebut di-nonaktifkan seperti gambar pertama.

Kesimpulan

XL2546 merupakan seri monitor XL yang bisa dibilang tercanggih dan teranyar saat ini di lini XL berukuran 24 inch milik ZOWIE–ada XL2740 yang memiliki fitur serupa dengan XL2546, hanya saja berukuran 27 inch dan pastinya lebih mahal harganya.

Monitor ini memang sangatlah cocok bagi kamu yang ingin meniti karir sebagai gamer profesional dengan dukungan berbagai fitur eksklusif dari ZOWIE seperti DyAc dan atau Black eQualizer.

Apalagi monitor ini diperkasai berbagai fitur lainnya seperti monitor yang dapat di-adjustable height, tilt, dan swivel-nya, memiliki shield agar fokus ke game, kontroler S Switch untuk mengubah mode layar dengan cepat serta resolusi FHD (1920 x 1080) dan 240Hz membuat monitor ini dapat memanjakan pengalaman bermain.

Hanya saja, monitor ini masih TN Panel yang berarti tidaklah cocok jika kamu ingin menggunakannya sembari pekerjaan editing atau desain grafis karena warna yang dihasilkan kurang akurat.

Tetapi dengan TN Panel inilah performa bermain game FPS di monitor ini dapat dimaksimalkan.

Seperti yang sudah penulis bilang di awal, monitor ini memang diperuntukkan bagi para esports player. Bukan hanya fiturnya yang mendukung, tetapi karena memang popularitas monitor XL2546 ini yang sering dipakai di turnamen-turnamen esports ternama di dunia.

Harga untuk XL2546 mencapai 7 juta Rupiah, atau lebih tepatnya Rp7.849.000

Cukup masuk akal ZOWIE memasang harga tersebut karena memang monitor ini diperuntukkan untuk para esports player. Tetapi jika kamu casual gamer, tidak ada salahnya jika tertarik dengan monitor yang satu ini.

BenQ ZOWIE XL2546 dapat kamu beli di link berikut ini. Selain monitor, kamu juga akan mendapatkan free DP (Display Port) untuk mendukung refresh rate 240Hz.