ReviewHardwarePeripheral

Review FIFINE Ampligame A8: Mikrofon Gaming Praktis dan Bling-Bling

Mikrofon condenser FIFINE Ampligame A8 menawarkan penggunaan praktis dan instan serta desain yang elegan ditambah nuansa RGB agar setup semakin ramai nan ciamik. 

Perbedaan mencolok yang sering dibawa oleh brand secara tidak langsung antara produk gaming dan non-gaming itu terletak pada penggunaan fitur tambahannya, yang tidak lain dan tidak bukan ialah RGB. Fitur RGB memang tidak menambah kecepatan FPS dan membuat kalian tambah jago dalam bermain gim. Tapi setidaknya, adanya RGB bisa jadi sesuatu yang menarik perhatian sehingga tidak terkesan monoton.

FIFINE Ampligame A8 paham dengan pasar gaming yang memang lekat dengan fitur RGB. Lebih dari itu, mikrofon ini praktis digunakan ditambah berbagai fiturnya yang menarik untuk dibahas pada review kali ini.

Simak review FIFINE Ampligame A8 berikut ini.

Unboxing Fifine Ampligame A8

Fifine ampligame a8 gamedaim review 17
Tampilan depan
Fifine ampligame a8 gamedaim review 16
Tampilan belakang

Box FIFINE Ampligame A8 cenderung tinggi sehingga membentuk persegi panjang. Bahan box-nya cukup keras jadi akan aman jika ditumpuk dengan box lain. Penggunaan tema gradient warna biru ke-ungu-an box sangat mencolok layaknya fitur RGB yang menjadi nilai jual mikrofon. Tampilan depan box menampilkan mikrofon, sedangkan bagian belakang memperlihatkan spesifikasi, fitur, dan bagian mikrofon.

Fifine ampligame a8 gamedaim review 15
Review fifine ampligame a8: mikrofon gaming praktis dan bling-bling 17

Isi paket penjualannya antara lain:

  • Mikrofon FIFINE Ampligame A8 (termasuk base stand & shock mount)
  • Pop filter (sudah terpasang di mikrofon)
  • Kabel USB C to USB A 2m
  • Pivot mount adapter

Baru di sesi pengalaman unboxing saja mikrofon FIFINE ini sudah memperlihatkan kepraktisannya dengan langsung memasang base stand & shock mount ke mikrofon tanpa harus ada sentuh tangan dari pengguna.

Definisi Tinggal Pakai

Fifine ampligame a8 gamedaim review 13
Review fifine ampligame a8: mikrofon gaming praktis dan bling-bling 18

Memang tidak banyak mikrofon gaming yang pernah penulis bahas sebelumnya. Namun dari segala mikrofon condenser yang pernah dicoba, FIFINE Ampligame A8 menjadi yang paling praktis dalam hal ‘tinggal pakai’ dikarenakan FIFINE sendiri sudah merakit base stand & shock mount ke mikrofon. Lebih dari itu, USB yang menjadi konektivitas mikrofon ini pun membuat mikrofon tinggal plug-and-play dan tinggal disambungkan ke platform manapun.

Shock mount-nya ini berdesain ring terbuat dari silikon berfungsi agar mengurangi vibrasi. Yang membuat shock mount Ampligame A8 berbeda ialah mount-nya tidak disekrupkan ke bagian bawah mikrofon dengan mur, melainkan langsung dipasangkan karet gelang yang elastis guna mengurangi vibrasi yang mengganggu ketika streaming gim berlangsung.

Kabel USB C to USB A mikrofon bisa digunakan ke banyak platform, entah itu PC desktop, Mac, dan konsol seperti PS4 / PS5. Tidak ada dedicated software opsional yang perlu di-install jika ingin merekam suara kalian melalui mikrofon FIFINE ini—praktis dan efisien.

Fifine ampligame a8 gamedaim review 10
Review fifine ampligame a8: mikrofon gaming praktis dan bling-bling 19
Fifine ampligame a8 gamedaim review 06
Review fifine ampligame a8: mikrofon gaming praktis dan bling-bling 20
Fifine ampligame a8 gamedaim review 05
Alas base stand terbuat dari karet

Mengambil tema gaming, tampilan visual fisik FIFINE A8 sebenarnya tidak begitu ‘gaming’ dan norak. FIFINE tetap mengusung desain yang stylish, elegan, dan juga fleksibel. Material mikrofon terbuat dari alumunium untuk gagang base stand, dan plastik pada bagian shock mount dan platform base stand. Bahan plastik yang dominan menjadi alasan mengapa mikrofon memiliki bobot yang tidak begitu berat meskipun sudah termasuk shock mount dan base stand sekaligus.

Fifine ampligame a8 gamedaim review 12
Review fifine ampligame a8: mikrofon gaming praktis dan bling-bling 21
Fifine ampligame a8 gamedaim review 09
Review fifine ampligame a8: mikrofon gaming praktis dan bling-bling 22
Fifine ampligame a8 gamedaim review 07
Review fifine ampligame a8: mikrofon gaming praktis dan bling-bling 23

Fleksibilitas mikrofon terletak pada pengencang di bagian gagang base stand. Di sini kita dapat menyesuaikan posisi arah mikrofon dengan cara mengendorkan pengencang tersebut lalu mengencangkan kembali jika sudah mendapatkan PW (Posisi Wuenak). Tapi pemutarannya belum bisa ke samping, hanya bisa diarahkan ke atas dan bawah saja.

Pop filter bawaan mikrofon ditambahi bumbu bumbu dekorasi yang menggambarkan emoticon wajah orang tersenyum lebar berwarnakan merah. Terdapat bolongan di shock mount untuk pop filter jadi tinggal plug dengan mudah dan bisa kita putar menyesuaikan cincin shock mount.

Fifine ampligame a8 gamedaim review 02
Review fifine ampligame a8: mikrofon gaming praktis dan bling-bling 24

Ketika fitur RGB menyala, emoticon wajah jadi terlihat lebih jelas. Model pop filter seperti ini tidak memakan banyak tempat, elegan, dan minimalis berkat desainnya yang frame-less namun tetap menjaga fungsionalitasnya agar noise tidak terekam ke mikrofon.

Tombol Sentuh yang Interaktif

Fifine ampligame a8 gamedaim review 08
Tombol mute

Terdapat beberapa tombol yang bisa dibilang ngumpet sehingga tidak terlalu terlihat dengan jelas.

Tombol mute di bagian tengah kepala mikrofon berfungsi untuk mute & un-mute suara yang masuk. Lampu warna hijau menandakan mikrofon sedang Active. Kemudian sentuh sekali untuk masuk ke mode Mute dan lampu indikator akan berubah ke warna merah. Model tombol Mute seperti ini sangat membantu sekali agar dengan cepat kita bisa langsung mematikan mikrofon tanpa perlu masuk ke control panel atau pengaturan lainnya. Lampu indikator pun juga membantu agar menjadi petunjuk ketika ruangan gelap.

Fifine ampligame a8 gamedaim review 11
Tombol rgb

Pengaturan LED RGB mikrofon bisa lewat tombol yang tepat di belakang batang tubuh mikrofon condenser. Model tombolnya juga sama seperti sebelumnya. Kita hanya perlu menyentuhnya dengan pelan untuk masuk ke 7 static solid color, yaitu: merah, kuning, hijau, biru muda, biru, ungu, dan putih. Selain itu ada juga 3 mode pulse gradient color.

Fifine ampligame a8 gamedaim review 01
Review fifine ampligame a8: mikrofon gaming praktis dan bling-bling 25
Fifine ampligame a8 gamedaim review 03
Review fifine ampligame a8: mikrofon gaming praktis dan bling-bling 26

Terakhir di bawah tombol RGB terdapat knob pengatur gain suara perekaman kita yang akan ditangkap oleh mikrofon. Putar ke kanan untuk membesarkan gain, dan ke kiri untuk mengecilkan gain. Knob gain-nya ini sangat fleksibel dan mudah untuk diputar sehingga tidak terasa ringkih.

Rekam Suara Alami dan Jernih

Mikrofon condenser Ampligame A8 memiliki polar pattern perekaman Cardioid atau jangkauan perekamannya membentuk seperti hati sebesar 180 derajat. Jadi suara suara yang terekam dari belakang mikrofon akan sangat minim untuk terekam. Model pick up pattern Cardioid memang lazim di kebanyakan mikrofon condenser di pasaran.

Perekaman suara Ampligame A8 terdengar jelas, jernih, dan alami. Suara penulis yang terekam tidak dibuat lebih nge-bass maupun high pitch, tetap terdengar natural.

Berkat pop filter, suara nafas yang entah itu keluar dari mulut dan hidung tidak masuk ke mikrofon. Hanya saja menyoal noise seperti mungkin kipas angin yang mengarah ke mikrofon dan atau yang sangat dekat seperti suara tombol mouse akan masuk ketika gain diatur maksimal. Batas aman yang penulis rekomendasikan agar minim noise ialah mengatur knob gain di sekitar 50%. Dan agar suara kita lebih terdengar dengan jelas, arahkan posisi mikrofon ke atas atau yang mengarah ke mulut kita.

Berikut hasil perekaman mikrofon FIFINE Ampligame A8.

Spesifikasi Teknis FIFINE Ampligame A8

  • Type                            : Condenser
  • Polar Pattern               : Cardioid
  • Output Connection     : USB Type-C (mic end) to Type-A 2.0 (computer end)
  • Power Consumption   : USB 5V power
  • Frequency Response   : 50Hz-20kHz
  • Sensitivity                   : -40dB
  • Shipping Weight         : 1.0 kg

FIFINE Ampligame A8 ini dibandrol dengan harga 47.99 USD atau sekitar 710 ribu rupiah jika berdasarkan kurs.

Informasi lebih lanjut mengenai FIFINE Ampligame A8, klik link berikut ini.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.