Armaggeddon MKA-9C PSYCHEAGLE: Keyboard Mekanikal RGB dengan Wrist Rest Permanen

in , , ,
Armaggeddon MKA9C PSYCHEAGLE Box Gamedaim Review

MKA-9C PSYCHEAGLE dari Armaggeddon merupakan keyboard mekanikal yang memiliki wrist rest permanen. Artinya, handrest pada keyboard ini tidak dapat dicopot-pasang seperti wrist rest keyboard pada umumnya. Dibilang unik bisa jadi, dibilang kekurangan-pun juga bisa jadi.

Gamedaim diberi kesempatan oleh Armaggeddon Indonesia, brand dari LEAPFROGLOBAL asal Singapura untuk memberikan ulasan atau review mengenai Keyboard MKA-9C. Dan berikut ulasannya.

Keyboard RGB dengan Handrest yang Unik

Sebelum membahas fitur, build quality menjadi hal yang Penulis ingin sampaikan pada ulasan ini.

Build quality dari Armaggeddon MKA-9C sudah bagus. Bahan yang digunakan untuk body keyboard bagian atas yaitu pelat logam yang terasa halus dengan tekstur yang terlihat kasar, jadi tidak hitam polos.

Switch yang digunakan pada keyboard ini sendiri yaitu Blue Switch dengan daya tahan hingga 50 juta kali klik. Sedangkan untuk keycaps-nya sendiri dari KevlarTech. Keycaps ini sendiri berkualitas tinggi dengan jaminan anti-fade seumur hidup.

Cuma yang Penulis amat sayangkan, Armaggeddon cukup memiliki kesalahan yang disayangkan pada keyboard ini. Yaitu tombol function F1 – F12 yang tidak ada icon apapun sehingga jika saat kita ingin menggunakan Function key, membuat kita kebingungan karena tidak ada icon sebagai informasi.

Armaggeddon MKA9C PSYCHEAGLE Box Content Gamedaim Review
Konten dari box: 2x switch, 2x puller keycaps, manual guide, kartu garansi, dan keyboard.

Berbicara mengenai wrist rest, seperti Penulis bilang di awal, wrist rest pada Armaggeddon MKA-9C ini permanen. Hal ini bisa dibilang unik karena tidak banyak keyboard mekanikal RGB yang memiliki wrist rest permanen.

Hanya saja, wrist rest pada keyboard ini kurang panjang sehingga jika Penulis gunakan legs pada keyboard, tangan Penulis tidak cukup tercover oleh wrist rest.

Mengenai RGB pada keyboard mekanikal ini, MKA-9C memiliki 12 mode RGB yang berbeda-beda. Tetapi tidak ada mode RGB untuk 1 warna yang sama pada semua keycaps karena keyboard ini megusung multicolor backlight. Ini yang menjadi kekurangan pada mode RGB pada keyboard ini.

Armaggeddon MKA9C PSYCHEAGLE Switch Gamedaim Review
Armaggeddon MKA9C PSYCHEAGLE Side Light Gamedaim Review
Armaggeddon MKA9C PSYCHEAGLE Back Panel Gamedaim Review
Armaggeddon MKA9C PSYCHEAGLE Blue Switch Gamedaim Review

Di samping kekurangannya, ada keunikan lain dari RGB pada keyboard ini. Di bagian samping keyboard, MKA-9C memiliki lampu berwarna biru cerah dengan icon sayap Armaggeddon yang ter-printing.

Spesifikasi

  • Total Travel: 4.0 ± 0.5mm
  • Work Travel: 2.20 ± 0.6mm
  • Work Force: 60g ± 10g
  • Tactile/Operating Force: 60 ± 15gf
  • Tactile Travel: 1.8mm
  • Trigger Force: Min 30gf, Max 65gf

Kesimpulan

MKA-9C PSYCHEAGLE bisa dibilang versi murah-nya MKA-9C Psychraptor. Tentu, kedua generasi keyboard tersebut memiliki perbedaan yang sangat drastis. Begitu juga harganya. Namun bukan perbedaan yang akan menjadi kesimpulan kali ini.

Keyboard ini merupakan keyboard gaming mekanikal RGB yang menarik dan unik. Walau memiliki beberapa kekurangan mendasar seperti tidak adanya icon di tombol Function key, MKA-9C bisa jadi keyboard gaming entry-level yang bagus untuk dipilih. Terlebih lagi sudah terpasang wrist rest permanen pada keyboard ini.

Jika kalian tertarik, keyboard ini dapat kamu dapatkan seharga Rp399.000 di official Tokopedia Armaggeddon Indonesia.