ReviewHardware

Review Altec Lansing Soundbar ALGS9805: Soundbar Terjangkau, Hasilkan Suara Powerful

Altec Lansing Soundbar ALGS9805 yang akan penulis review ini menjadi soundbar yang mampu menghasilkan suara cukup jernih dan lumayan powerful tapi mempunyai harga yang terjangkau.

Beberapa waktu yang lalu, penulis sempat membahas produk keyboard & mouse Altec Lansing. Namun sebagai brand asal Amerika yang bukan hanya memproduksi satu atau dua hal saja, Altec Lansing juga menyediakan solusi audio rumahan agar mendengarkan musik atau menonton film bisa lebih puas melalui Altec Lansing Soundbar ALGS9805 ini (selanjutnya disebut ‘ALGS9805’).

Sebagai produk yang terjangkau, penulis cukup terkesima dengan hasil produksi suara yang dihasilkan driver soundbar. Meskipun demikian, ada beberapa catatan yang harus perlu diperhatikan terutama ketika memutar musik.

Simak review Altec Lansing Soundbar ALGS9805 berikut ini.

Unboxing Altec Lansing Soundbar ALGS9805

Mengikuti bentuk soundbar yang persegi panjang, box ALGS9805 ini solid di semua sisi kecuali bagian bawah. Terdapat jargon bertuliskan ‘Just Listen.’ berwarna putih yang cukup besar pada bagian atas box yang terlihat cukup mencolok. Lalu bagian depan menampilkan produk, dan terakhir bagian belakang pun juga memperlihatkan produk soundbar ditambah list spesifikasi dalam berbagai bahasa.

Altec lansing algs9805 gamedaim review 09
Isi box

Dalam box, isi konten yang didapatkan antara lain:

  • Soundbar Altec Lansing ALGS9805
  • Buku manual

Di dalam box memang tidak ada kartu garansi. Namun menurut informasi pada laman produk di official store Tokopedia Altec Lansing, kalian bisa mengklaim garansi dengan cara menyimpan kemasan dan invoice pembelian. Garansi soundbar ini berlaku selama 1 tahun dengan syarat & ketentuan yang berlaku.

Berdesain Compact

Altec lansing algs9805 gamedaim review 02
Review altec lansing soundbar algs9805: soundbar terjangkau, hasilkan suara powerful 12

Sebagai sebuah soundbar tentu memiliki ukuran yang panjang di mana ALGS9805 sendiri berukuran panjang 42 cm, lebar 5.5 cm, dan ketebalan di 7 cm. Ukuran tersebut sekitar 2/3 dari panjang monitor 27 inch yang saat ini penulis pakai.

Berdesain compact, material soundbar ini masih memakai plastik ABS dengan metal mesh guna membuat tampilan lebih bold dan terlihat modern. Dengan bobot hanya di 680g yang bahkan hampir menyerupai berat keyboard full-size, soundbar ini fleksibel untuk dibawa bepergian mengingat ukurannya yang tidak begitu besar dan bobot cukup ringan. Tas laptop berukuran 13-inch pun bisa menyimpan soundbar Altec Lansing satu ini.

Altec lansing algs9805 gamedaim review 08
Kabel konektivitas soundbar, dari kiri-kanan: usb 2. 0, audio jack, mic jack

Konektivitas soundbar memakai kabel USB 2.0 sebagai power dan audio & mic jack 3.5mm dengan panjang total 1.5 meter yang terletak di belakang batang soundbar. Jadi selain sebagai alat untuk memproduksi suara, soundbar ini juga bisa kita colokkan microphone ke port yang ada di bagian depan soundbar.

Pada bagian depan soundbar terpampang 2 port untuk headphone dan mic, serta knob volume yang jika diputar akan menyala LED RGB-nya. Putar ke kanan knob-nya untuk membesarkan intensitas suara soundbar, dan cara mematikannya tinggal putar ke kiri sampai mentok dan terdengar bunyi ‘klik’. Knob-nya ini sangat ringan untuk diputar dan tidak terasa ringkih.

Bagian speaker yang langsung mengarah ke kita ini memang lebih ramai dibandingkan bagian lainnya. Dua buah speaker pun sangat terlihat dengan jelas di balik cover bolongan-bolongan dan terdapat icon logo Altec Lansing di pojok kiri.

Fitur LED RGB juga terdapat pada sekeliling cover speaker bagian depan di mana LED-nya akan berkedap-kedip setiap mengeluarkan suara bass seperti drum—jadi terdapat fitur interkatif-nya di sini. Intensitas cahaya LED RGB tidak begitu terang, namun cukup menghiasi soundbar ketika ruangan gelap agar tidak monoton. Kita juga dapat mematikan fitur LED jika dirasa kurang begitu sesuai selera melalui tombol sentuh pada bagian tengah atas.

Soundbar ALGS9805 ini terdapat dua buah rubber feet pada bagian alas. Fungsi rubber feet ini agar soundbar tidak mudah bergeser ketika menghasilkan suara bass dalam keadaan volume penuh. Selain itu, kaki karetnya juga membuat soundbar lebih tertancap ke permukaan meja ketika ditaruh.

Suara Cukup Jernih dan Powerful

Meskipun terbilang berukuran lumayan kecil dan compact, driver soundbar ini mampu memproduksi suara yang membuat seisi dan suasana ruangan cukup menggelegar.

Penulis mencoba menyetel berbagai musik lewat soundbar ini. Dari banyaknya musik, suara bass memang tidak dominan namun ketika volume diatur ke maksimal, audio yang keluar menunjukkan gambaran suara yang pecah dan tak lagi jernih. Alhasil, alangkah baiknya jika menyetel musik yang dominan berisikan bass, putarlah knob di sekitar 50%-70% saja, tidak perlu hingga maksimal. Suara vokal penyanyi, hebatnya, sangat terdengar dengan jelas yang kemudian diikuti sound stage lumayan cakap tergambarkan letaknya. 

Dikarenakan ini merupakan produk soundbar, kurang afdhol jika kita tidak mencoba kualitas audionya untuk menonton film. Penulis mencoba memutar film ‘Dunkirk’, hasil buah karya Christopher Nolan bertemakan perang yang terkenal akan teknik sinematografi karena dikemas secara apik didukung efek suara menegangkan.

Berbagai efek suara film seperti ledakan, tembakan, dan tidak lupa juga iringan musik latar belakang bersatu padu harmonis tanpa saling tumpang tindih dan terdengar cukup jernih. Ruangan penulis serasa seperti home theater terjangkau berkat soundbar yang mampu menghasilkan audio kuat dan menggelegar ketika bom atau peluru dilontarkan dan terkena objek. Namun memang balik lagi, ketika volume diatur penuh, ambiguitas suara rendah atau bass-nya jadi terdengar kurang akurat sehingga menyebabkan audio yang terproduksi pun kurang elok didengar.

Spesifikasi Altec Lansing Soundbar ALGS9805

  • RGB Glowing mood light
  • hight-end brushed craft design knob
  • Frequency response: 120Hz to 18kHz
  • Separation : >35db
  • Signal to noise ratio: 70db
  • Product Size: 420 (W) x 55(D) x 70(H) mm
  • Cable 3.5mm AUX jack + USB 2.0 (power)
  • Plug and Play
  • USB Powered 5V/1A
  • Cable length 1.2m
  • Compatible w/ PC, Laptop, Tablet, Smartphone, SmartTV, Projector, etc.

Altec Lansing Soundbar ALGS9805 dibandrol dengan harga Rp259.999 melalui link pembelian berikut ini: Tokopedia

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.