Nintendo Switch Pimpin Pasar Konsol di Tiongkok

in , ,
Nintendo Switch China
Nintendo Switch China | The Gamer

Sejak diluncurkan pada akhir tahun 2019 lalu, Nintendo Switch berhasil terjual sebanyak 1 juta unik di Tiongkok. Kabar ini datang dari salah satu perusahaan Negeri Panda, Tencent.

Catatan ini membuat Nintendo berhasil mengalahkan beberapa pesaingnya. Lalu, mengapa Nintendo Switch berhasil menjual konsol yang lebih banyak ketimbang Sony atau Microsoft?


Nintendo Switch Versi Tiongkok Berbeda dengan Negara Lain

Nintendo Switch China Version
Nintendo Switch China Version | Niko Partners

Ketika diluncurkan pada tanggal 10 Desember 2019, Nintendo Switch menjadi salah satu konsol yang paling diminati. Bagaimana tidak, konsol ini dijual seharga 2.099 yuan atau sekitar $323. Sekedar informasi saja, konsol yang terjual di Tiongkok telah dikunci dan berbeda dengan Switch negara lain.

Pasalnya, regulator negara tersebut hanya mengizinkan 13 game saja. Walaupun begitu, Nintendo sejatinya telah menyalip jalur Sony di Tiongkok selama beberapa bulan lalu. Dari data yang ada, Switch secara resmi menjual lebih banyak konsol ketimbang Sony dan Microsoft. Bahkan, penjualan Nintendo Switch telah melampaui kedua konsol tersebut di Tiongkok.

Catatan ini terbilang cukup menarik bagi perusahaan asal Jepang tersebut. Pasalnya, mereka bisa menguasai pasar konsol di Negeri Tirai Bambu tersebut. Walau begitu, Nintendo sejatinya menemui berbagai masalah ketika merilis konsol tersebut.


Sempat Kesulitan

Nintendo Switch di Tiongkok
Nintendo | My Nintendo News

Awalnya, penjualan Nintendo Switch di Tiongkok mengalami keterlambatan karena pandemi Covid-19. Bukan hanya itu, Nintendo mengalami kesulitan karena sedikitnya game yang ada di konsol tersebut. Namun, penjualan dari konsol ini mengalami peningkatan karena kepopuleran Ring Fit di Tiongkok.

Game kebugaran ini memang sangat populer di Jepang dan Barat serta Tiongkok. Selain itu, budaya yang hampir mirip membuat beberapa nama seperti Mario dan Pokemon sangat terkenal di sana.

Tentu saja Tiongkok mengjadi pasar yang sangat penting bagi Nintendo. Negara dengan jumlah penduduk 1,4 miliar, Tiongkok dinilai sebagai pasar yang paling pas bagi produsen konsol seperti Nintendo Switch. Walau begitu, Nintendo juga tidak boleh menganggap dirinya telah menguasai pasar di sana, sebab Microsoft kabarnya akan segera merilis Xbox Series X di negara tersebut.


Berikan Nilaimu untuk konten ini