Free Fire Haram, Ini Fakta Game FF yang Harus Kamu Ketahui

in ,
Free Fire Haram
Free Fire | Garena

Dalam beberapa bulan kebelakang, publik Indonesia khususnya pecinta Free Fire (FF) tengah dikejutkan dengan sebuah kabar yang menyebut bahwa game tersebut haram. Informasi ini bermula setelah banyaknya kabar yang mengatakan bahwa Free Fire masuk ke dalam kategori game haram.

Namun, apa sih yang membuat Free Fire sampai menjadi game haram? Nah kali ini kami akan coba membahasnya secara lengkap dan rinci. Jadi, pastikan kamu menyimaknya dengan seksama yah.


Fakta Free Fire Haram

Free Fire
Free Fire | Garena

Perlu kalian catat, di Indonesia hanya ada satu organisasi yang dapat mengeluarkan fatwa haram terhadap berbagai hal, yakni Majelis Ulama Indonesia. Nah, MUI sendiri tersebar di seluruh dunia dan ada di berbagai daerah.

Biasanya, MUI pusat tidak akan membahas mengenai berbagai game haram. Ini berarti, hanya ada MUI regional yang kerap melakukan pembahasan mengenai apakah Free Fire masuk ke dalam kategori haram atau tidak.

Diharamkan Oleh MUI

Pada awalnya, Majelis Ulama Indonesia memiliki rencana untuk mengeluarkan fatwa haram terhadap game FF. Namun, banyaknya penolakan terhadap hal ini membuat mereka batal mengeluarkan putusan tersebut.

Lebih lanjut, beberapa orang memang menganggap bahwa keputusan dari MUI dengan membatalkan hal tersebut cukup menarik. Bagaimanapun juga, sebuah game memang tidak langsung bisa haram begitu saja tanpa adanya riset terlebih dahulu.

Fatwa Haram MPU Aceh

Berbeda dengan MUI, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU Aceh) telah menetapkan keputusan bahwa FF merupakan game haram. Keputusan yang rilis pada tanggal 17-19 Juni 2019 lalu ini sudah secara resmi berlaku di Aceh.

Dalam catatan yang ada, MPU Aceh melakukan sidang selama tiga hari dan mengangkat tema mengenai “Hukum dan Dampak Game PUBG dan Sejenisnya Menurut Fikih Islam, Informasi Teknologi dan Psikologi.”

Perlu kalian ketahui, MPU telah melakukan riset selama 3 tahun sebelum bisa menyetujui putusan ini.


Alasan FF Haram

Free Fire
Free Fire | Garena

Berdasarkan informasi yang ada, ada alasan mengapa Free Fire masuk ke kategori game haram di Indonesia. Dalam sidang yang berlangsung beberapa tahun lalu, mereka menyimpulkan bahwa setidaknya ada 3 alasan dalam mengharamkan sebuah game.

  • Terdapat unsur Pornografi

Sejatinya, Free Fire memang memiliki banyak sekali karakter wanita seksi di dalamnya. Kalian bisa menemukan bahwa karakter-karakter tersebut menggunakan pakaian yang tidak terlalu tertutup. Bahkan, beberapa skin yang ada juga mendapatkan kritikan dari orang-orang.

  • Bertemakan Perang serta Kekerasan

Bagi PUBG Mobile dan Free Fire, keduanya merupakan game yang mengangkat tema peperangan sebagai nilai jual. Memang, perang adalah sesuatu yang tidak bisa kita biarkan begitu saja. Namun, Free Fire merupakan game yang banyak dimainkan oleh anak-anak membuat MPU Aceh memilih untuk mengharamkannya.

  • Menyudutkan Islam

Di beberapa kasus yang ada, memang terdapat fakta bahwa kasus ini menyebut nama Islam di dalamnya. Hal ini membuat MPU Aceh memutuskan bahwa FF haram dan juga beberapa game Battle Royale lainnya.


Ada Petisi Penolakan

Petisi Free Fire Haram
Petisi Free Fire Haram | Change.org

Setelah fatwa MPU Aceh keluar, sebuah petisi penolakan terhadap keputusan ini mulai muncul di Internet. Salah satunya adalah melalui Change.org yang mana terdapat petisi yang isinya menolak keputusan mengenai Free Fire Haram.

Dalam petisi tersebut, ia menyayangkan tindakan dari MUI yang langsung menyatakan bahwa FF adalah game haram. Menurutnya, industri Game khususnya di Esports merupakan salah satu cara bagi anak muda menunjukkan bakat mereka.

Harapannya, MUI dapat mengkaji ulang putusan tersebut dan menarik kembali fatwa haram ini.


Kasus yang Mungkin Membuat FF Haram

Petisi Free Fire
Petisi Free Fire | Change.org

Beberapa waktu lalu, Emote Push-Up banyak dilakukan oleh para bocil ketika melakukan ibadah di Masjid. Selain itu, Emote ini merusak gerakan ibadah dan menjadi tidak khusyuk. Emote yang banyak ditiru ini bisa menimbulkan cidera patah leher atau patah tulang karena yang meniru ini rata rata anak di bawah umur.

Memang, di media sosial telah beredar video yang memperlihatkan bocil meniru Emote ini ketika tengah berada di Masjid. Tak ayal, beberapa pro dan kontra terhadap tindakan ini mencuat.

Baca Artikel Lengkapnya: Meresahkan, Petisi Blokir Free Fire Telah Ditandatangani Sebanyak 70 Ribu Orang


Bagaimana pendapat kamu mengenai FF haram? Apakah ini memang benar atau tidak? Tulis di kolom yang telah kami sediakan yah.

Suka dengan konten seperti ini? Ikuti juga Gamedaim di Facebook, Instagram, dan Youtube Supaya kalian enggak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar Game. Caranya gimana? Klik link dibawah ini bos

Facebook | Instagram | Youtube