IndonesiaOpini

Eh, Benarkah Bermain Free Fire akan Membuat Puasa Batal?

Apakah bermain Free Fire membatalkan Puasa jadi pertanyaan baru yang mungkin akan terasa aneh untuk beberapa orang. Namun untuk sebagian yang merasa tidak tau sama sekali, sepertinya harus menyimak pembahasan ini hingga selesai. Apakah FF berbahaya?

Ketika memasuki bulan Ramadhan, kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Dalam menjalankan ibadah tersebut, terdapat larangan atau hal-hal yang tak boleh kita lakukan. Apakah salah satunya termasuk main FF?

Game besutan Garena ini sendiri merupakan sebuah permainan online berbasis Battle Royale yang secara konteks, mengandung kekerasan dan beberapa hal lain yang berpotensi buruk.

Apakah Bermain Free Fire akan Membatalkan Puasa?

Seperti yang kita sama-sama ketahui, hal utama atau paling dasar dalam berpuasa adalah kita tidak boleh makan dan minum pada waktu-waktunya. Karena tujuan dari Puasa sendiri adalah menahan hawa nafsu, termasuk makan minum, marah-marah dan hal-hal lainnya.

Ada banyak hal-hal selain yang sudah Gamedaim sebutkan tadi berkaitan dengan hawa dan nafsu membatalkan puasa. Apakah salah satu hal tersebut adalah bermain game Free Fire?

Jadi, sebenarnya Free Fire dapat menjadi haram untuk kita mainkan, jika! Menjadi pemicu atau penyebab kita melalainkan kewajiban atau ibadah lainnya. Maksudnya seperti apa itu?

Hukum Bermain Free Fire Ketika Puasa

Memang benar, ada pernyataan yang mengatakan bahwa Free Fire dapat menjadi haram. Seperti yang dilansir dari situs GGWP, bukan hanya Free Fire saja yang akan menjadi haram ketika menjadi penyebab atau efek negatif, tapi semua game lainnya juga. Maksudnya?

Apakah Bermain Free Fire Membatalkan Puasa? Konten dari Gudang Waifu (YouTuber)

Mahbub Maafi dari PBNU pernah mengatakan bahwa game bisa termasuk sebagai sebuah hal dengan hukum makruh, dan haram tergantung dengan apa yang disebabkannya nanti kepada pemain. Apabila pemain sampai melupakan kewajiban seperti sholat, maka haram.

Pendapat Mahbub Maafi tadi, didasarkan pada kitab al-Figh al-Manhaj. Beliau mengambil referensi permainan catur dalam hal ini, dimana menurutnya catur memiliki manfaat untuk mengasah pikiran. Dengan demikian, maka dampak yang dibawanya cenderung positif.

Apakah bermain free fire membatalkan puasa 1
Mahbub Maafi | Wakil Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail (Foto dari Situs NU Online)

Namun, apabila dimainkan secara berlebihan hingga sampai lupa waktu, permainan catur hukumnya bisa bersifat makruh atau haram. Ini juga sebenarnya berlaku untuk banyak hal. Kamu dapat mengambil kesimpulan apakah bermain Free Fire membatalkan puasa sekarang?

Berikut adalah beberapa pernyataan beliau terkait hukum bermain game dan tentunya juga berkaitan tidak langsung dengan pertanyaan apakah bermain Free Fire membatalkan Puasa:

Mengingat bermain game sering membuat malas dan menurunkan tingkat produktivitas dalam kerja, maka kami cenderung untuk memakruhkan bermain game saat menjalankan ibadah puasa.

Ucap Mahbub Maafi

Yang paling aman adalah semestinya kita menghindari bermain game saat menjalankan ibadah puasa. Apalagi game yang mengandung konten negatif

Tutup Mahbub Maafi

Beliau juga berpendapat lebih jauh, bahwa di kitab Fiqhu al-Lahwi wa al-Tarwihii disebutkan bahwa apabila ada game yang memiliki konten seksualitas, menampilkan aurat tubuh wanita, dan romantisme sudah jelas bahwa game tersebut haram untuk dimainkan saat bulan puasa.

Lalu, Apakah Bermain Free Fire Membatalkan Puasa?

Kembali ke pertanyaan utama yang kita cari jawabannya, yakni apakah bermain FF akan membatalkan puasa atau tidak. Jawabannya bisa iya, kalau memainkan game tersebut membuat kamu melupakan waktu, atau bahkan meniru adegan-adegan kekerasannya.

Jika kita ambil kesimpulan dari yang telah disampaikan oleh Mahbub Maafi dapat diambil kesimpulan bahwa bermain Free Fire di bulan puasa boleh-boleh saja. Asalkan saat kita bermain tidak berlebihan, sehingga melalaikan kewajiban seperti bekerja dan beribadah.

Poin utama jawaban dari pertanyaan apakah bermain Free Fire membatalkan puasa ialah tentang dampak atau efek yang ditimbulkan kepada setiap orang yang memainkannya.


Baca Juga:


Beliau juga memberikan saran, dimana lebih baik untukmengindari game online yang memiliki konten negatif saat berpuasa. Negatif yang dimaksud, harusnya kamu bisa kamu mengerti misalnya seperti bernuansa konten-konten seksualitas dan kekerasan berlebihan.


Pertanyaan Terkait Free Fire pada Bulan Puasa

Apakah Boleh Puasa Main Game?

Jawabannya boleh-boleh saja, asal masih dalam konteks batas wajar. Maksud dari ini adalah bermain game untuk memanfaatkan waktu yang benar-benar luang, dan sebagai hiburan juga. Bukan bermain game dengan niat mempercepat waktu puasa.

Apakah Main FF Dosa?

Jawabannya bisa iya dan tidak. Jika kamu menjadikan game Free Fire sebagai motivasi untuk tempat menghabiskan uang, maka itu adalah dosa. Lebih baik bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan.

Game Apa yang Tidak Boleh Dimainkan Saat Puasa?

Hanya sebagai contoh ya, karena ini akan kembali ke masing-masing apalagi dampak yang ditimbulkan. Misalnya game sepakbola yang bisa membuat kamu emosi ketika kalah terus menerus.

Ada pula game memasak yang bisa bikin ngiler, game berdarah lalu yang tentunya sangat berbahaya adalah game dewasa yang menampilkan konten-konten manusia terbuka.

Apakah FF Haram?

Jawabannya bisa tidak dan iya, tergantung ke konteks atau efek yang disebabkan kepada setiap individu. Sesuai dengan apa yang dijelaskan diatas, kamu bisa menjadikan bermain Free Fire sebagai kegiatan pengisi waktu luang yang benar-benar tidak terpakai. Jika tidak menjadikannya sebagai prioritas utama, maka hukumnya adalah makruh.


Penutup

Itulah beberapa informasi ataupun jawaban atas pertanyaan apakah bermain Free Fire membatalkan puasa yang bisa Gamedaim sampaikan. Kalau kamu ada tambahan terkait topik pembahasan ini, silahkan tulis pada kolom komentar. Jangan lupa juga untuk dibagikan ya!

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment