Valve: Struktur Turnamen Dota 2 Akan Berubah Setelah The International 10 Selesai!

in , , ,
Dota 3
Credit: Wallpaper Safari

Beberapa hari yang lalu, Valve Corporation selaku developer dari Dota 2 telah menggelar sebuah pertemuan di Seattle, kantor pusat milik Valve. Dipertemuan tersebut, terdapat beberapa tim top Dota 2 yang membahas mengenai struktur turnamen nantinya.

Kabar ini disampaikan oleh seorang caster bernama Vitalii “v1lat” Volochai asal Ukraina beberapa hari yang lalu. Menurutunya, akan ada perubahan pada struktur turnamen Dota 2 setelah ajang The International 2020 berlangsung. Lantas, apa saja perubahaan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.


Turnamen Minor di DPC Kemungkinan Besar Akan Dihapus

Dota Pro Circuit
Credit: Valve

Berdasarkan informasi, salah satu hal yang dibahas pada pertemuan tersebut adalah penghapusan turnamen Minor di Dota Pro Circuit. Tidak hanya itu, turnamen Major rencananya hanya akan ada 3 dari 5 seperti sekarang ini.

Sebagai gantinya, akan diterapkan sebuah sistem 2 Tier Regional di lokasi-lokasi yang turnamennya dihapus. Di liga itu nantinya, akan ada bracket untuk tier 1 dan tier 2 dan menganut sistem degradasi promosi.

Jika rencananya ini direalisasikan, maka akan ada jeda waktu yang begitu panjang terhadap turnamen di DPC nantinya. Untuk itu, Valve akan menggelar pertemuan lanjutan dengan para Event Organizier agar dapat memberikan solusi.

Sekedar informasi, perubahaan ini akan diimplementasikan setelah turnamen The International 2020 selesai. Itu berarti, sekitar bulan September nanti Valve akan melakukan finalisasi terhadap keputusan ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut perubahaan DPC yang kemungkinan besar digunakan setelah The International 2020 selesai:

  1. Turnamen Minor Ditiadakan
  2. Turnamen Major hanya dilaksanakan sebanyak tiga dari lima
  3. Di Regional League, ada dua tier untuk masing-masing region
  4. Terdapat sistem promosi degradasi untuk kedua tier tadi
  5. Tim yang ingin masuk ke Liga Tier 2 harus melalui kualifikasi terbuka

The International 2020 Akan Berlangsung di Stocholm, Swedia

The International 2020 1
Credit: Youtube Dota 2

Beberapa bulan lalu, Valve telah mengumumkan bahwa TI10 akan dilangsungkan di Stocholm, Swedia. Keputusan ini diambil untuk memperingati 10 tahun berjalanannya turnamen The International.

Saat ini, 2 turnamen Major dan Minor telah dilaksanakan dan sebentar lagi akan memasuki Major ketiga yaitu ESL One Los Angeles 2020. Di Major ketiga ini, OG akan berpartisipasi dengan roster baru mereka.