BeritaPCPlaystationPS4ResmiXboxXbox Series SXbox Series X

Haruhiro Tsujimoto: Street Fighter 6 Targetkan 10 Juta Kopi

Presiden Capcom, Haruhiro Tsujimoto, telah mengungkapkan bahwa perusahaan ini menargetkan untuk menjual 10 juta kopi Street Fighter 6.

Informasi ini diungkapkan oleh Tsujimoto saat diwawancarai Famitsu (via VGC). Jika kalian tertarik dengan game-game Capcom, kalian bisa melihat artikel kami lainnya di sini.

Haruhiro Tsujimoto: Street Fighter 6 Targetkan 10 Juta Kopi

Berbicara dengan Famitsu, Haruhiro Tsujimoto ditanya apakah upaya Capcom untuk memperluas cakupan Street Fighter 6 dan membuat franchise ini lebih menarik bagi penggemar game fighting yang tidak terlalu “hardcore” berdampak terhadap biaya pengembangan game.

Franchise Street Fighter adalah judul andalan kami, jadi kami tidak ragu-ragu untuk berinvestasi di dalamnya. Selama beberapa tahun terakhir, beberapa judul dalam franchise Resident Evil telah terjual sebanyak 10 juta kopi dan franchise Monster Hunter sekarang memiliki judul yang menargetkan 20 juta kopi.

Street Fighter V telah terjual lebih dari 7 juta kopi, jadi jika kami dapat memanfaatkan pengalaman penjualan digital kami, kami seharusnya dapat menargetkan 10 juta kopi dengan game berikutnya. Itulah mengapa kami mencoba melakukan semua hal yang tidak dapat kami lakukan sebelumnya dengan Street Fighter 6 – itulah mengapa kami bisa berada di posisi sekarang.

Haruhiro Tsujimoto, President of Capcom

Di bagian lain dalam wawancara tersebut, Tsujimoto mencatat bahwa meningkatnya proporsi penjualan game digital dibandingkan game fisik berarti Capcom sekarang merencanakan strategi penjualan game hingga 3 tahun setelah perilisan aslinya.

Mulai tahun 2021 dan seterusnya, kami telah menetapkan target ‘menjual game dalam waktu 3 tahun setelah diluncurkan’ dan telah bekerja keras untuk mencapai target tersebut.

Sebelum versi digital menjadi hal yang biasa, sebagian besar game kami adalah versi fisik yang dijual di toko-toko, tetapi karena efisiensi rak, kami hanya dapat mengirimkan sebanyak mungkin salinan yang akan terjual dalam enam bulan.

Ini berarti kami berada dalam situasi di mana kami tidak dapat terus menjual game setelah periode tersebut, meskipun kami menginginkannya. Dalam beberapa tahun terakhir, pembelian di toko digital telah menjadi hal yang biasa.

Alasan kami menetapkan waktu 3 tahun adalah karena waktu pengembalian modal standar kami untuk pengembangan adalah sekitar 2 tahun, jadi masih ada manfaatnya menjual judul-judul dari tahun ketiga dan seterusnya dengan harga unit yang lebih rendah.

Haruhiro Tsujimoto, President of Capcom

Selain itu, Tsujimoto juga berharap Exoprimal akan menjadi sebuah game percobaan yang akan memberikan dampak besar bagi arah perusahaan di masa depan dalam mengembangkan Game-as-a-Service (GaaS).

Street Fighter 6 akan rilis di PS5, Xbox Series X, Xbox Series S, PS4, dan PC (Steam) pada 2 Juni 2023.

Related Posts

Leave Comment