Respawn Sempat Dilarang Gunakan Kata ‘Jedi’ di Star Wars Jedi: Fallen Order!

in
Respawn Sempat Dilarang Gunakan Kata 'Jedi' Di Star Wars Jedi Fallen Order!
Epic Games

Star Wars Jedi: Fallen Order adalah salah satu game besutan EA yang rilis secara tiba-tiba tanpa promosi sama sekali. Hal ini memungkinkan bahwa EA tak terlalu berharap dengan game satu ini dan tidak menghasilkan pundi-pundi yang banyak untuk perusahaannya.

Namun semua ini berubah setelah Respawn Entertainment nampaknya berhasil membuat Star Wars Jedi: Fallen Order laris manis dipasaran. Berbicara mengenai hal ini, apakah kalian tahu bahwa Respawn Entertainment sebelumnya sempat dilarang menggunakan kata “Jedi” untuk Fallen Order? Ya, hal ini mereka ungkapkan melalui ajang DICE Awards 2020 kemarin.

Dilarang menggunakan kata “Jedi” di judul gamenya

Respawn Sempat Dilarang Gunakan Kata Jedi Di Star Wars Jedi Fallen Order GD
PC Gamer

Stig Asmussen selaku sutradara yang juga mewakili Respawn, menjelaskan bahwa Respawn sempat dilarang menyertakan kata “Jedi” dalam judulnya. Ia bersama timnya bertujuan untuk membuat sebuah game third-person bertemakan action-adventure.

EA kemudian menghubungi Respawn dan menawari untuk mengembangkan sebuah game Star Wars. Nah, tim yang dipimpin oleh Amussen setuju untuk mengerjakannya, namun tetap menggunakan model yang sama dengan game yang action-adventure yang awalnya mereka kerjakan.

Namun sayangnya, Lucasfilm ternyata tidak senang ketika tahu bahwa Respawn membuat game Star Wars yang fokus pada Jedi, karena dianggap sesuatu yang sakral oleh studio pembuat film Star Wars tersebut.

Namun akhirnya hal itu disetujui oleh Lucasfilm, namun tidak boleh menggunakan kata Jedi.

Sebelum jedi, judul Star Wars adalah Force Users

Respawn Sempat Dilarang Gunakan Kata Jedi Di Star Wars Jedi Fallen Order
Slashgear

Versi awal dari game Fallen Order sendiri menyebut mereka dengan nama “force users” sebagai pengganti kata Jedi. Kabar baiknya, setelah berdiskusi kembali dengan Lucasfilm, akhirnya mereka memberikan Respawn lisensi untuk menggunakan kata Jedi. Sehingga terciptalah Jedi: Fallen Order seperti yang kita tahu saat ini.

Sampai saat ini, Star Wars Jedi: Fallen Order jadi game Star Wars terlaris sepanjang masa. Electronic Arts mengaku bahwa Star Wars Jedi: Fallen Order diekspektasikan untuk terjual 6-8 juta unit hingga akhir tahun fiskal mereka yakni pada tanggal 31 Maret 2020 nanti.

Menariknya, ternyata penjualannya justru melebihi ekspektasi mereka dari 15 November 2019 hingga akhir tahun 2019 kemarin.

Sedikit informasi untuk kalian, Star Wars Jedi: Fallen Order saat ini sudah bisa dimainkan di PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Bagaimana menurut kalian? Jangan lupa beri tanggapannya dibawah ya.