Penjualan Game Digital Alami Peningkatan Karena Covid-19

in
Psn
PSN | PlayStation Lifestyle

Di tahun 2020, penjualan game digital mengalami peningkatan yang sangat pesat. Kenaikan ini dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pandemi Covid-19 yang berlangsung selama setahun.

Lebih lanjut, berapa sih jumlah kenaikan dari penjualan game secara digital tahun lalu? Yuk simak informasinya berikut ini.


Game yang Dijual Secara Digital Sangat Laris

Playstation Store Web
Playstation Store Web | PlayStation

Laporan mengenai penjualan berbagai game secara online dikeluarkan oleh GamesIndustry beberapa hari yang lalu. Sebelum itu, mereka mengatakan bahwa data digital yang ada tidak mencantumkan Nintendo dan Bethesda. Sebab, kedua perusahaan ini tidak mengirimkan data mereka masing-masing. Untuk itu, mereka bakal mengabaikan kedua developer tersebut dalam analisis kali ini.

Sekedar informasi saja, sekitar 67% penjualan game di Inggris berasal dari Xbox Live, PS, Nintendo Eshop, dan Steam. Ini merupakan kenaikan yang cukup besar mengingat hanya ada sekitar 52% game yang terjual secara online di tahun 2019 lalu. Sampai saat ini, pandemi Covid-19 menjadi alasan mengalami kenaikan tersebut cukup besar.

Terlebih, banyaknya toko ritel yang tutup cukup lama di tahun 2020 lalu membuat kenaikan penjualan game secara digital tidak terbendung lagi. Menariknya, game yang dijual secara fisik juga mengalami kenaikan cukup besari di tahun 2020 lalu loh.


Pasar Game Fisik Juga Alami Kenaikan

Cyberpunk 2077
Cyberpunk 2077 | Istimewa

Meskipun secara keseluruhan penjualan game fisik kalah dari digital, nyatanya masih banyak orang yang membeli game dalam bentuk Bluray-Disc. Setidaknya ada 18,2 juta game yang terjual di tahun 2020 khususnya di Inggris. Ini meningkat sebesar 2% ketimbang tahun 2019.

Jika kita memasukkan semua item fisik termasuk konsol dan aksesorisnya, pasar game fisik di Inggris memiliki nilai £ 2,1 miliar, naik 28% daripada tahun 2019 lalu. Kenaikan ini bukan tanpa alasan, banyaknya keuntungan yang bisa pemain dapat dari versi fisik membuat gamer tertarik untuk membelinya ketimbang versi digital.

Namun, kalian harus mengetahui dulu bahwa catatan ini diambil berdasarkan penjualan di 53 minggu. Sekedar informasi, penjualan game di tahun 2019 hanya berlangsung selama 52 minggu saja.


Bagaimana pendapat kamu mengenai hal ini? Tulis di kolom komentar yuk.

Berikan Nilaimu untuk konten ini