Peran Support Dota 2 dalam Meta Semakin Meningkat, Bahkan Sangat Diperlukan Saat ini

in , , ,
EarthShaker DOTA 2
Source: Gambarnaruto.com

Mengikuti meta yang berubah-ubah di DOTA 2, Support telah dan akan selalu menjadi bagian terpenting di game. Pentingnya peran support telah meningkat dari waktu ke waktu dan sangat memuncak pada meta saat ini.

Mengapa support sangat penting?

Ada sumber daya yang terbatas di map sehingga tidak semua pemain bisa mengumpulkan gold yang cukup saat farm untuk memenuhi item yang diperlukan. Konsep yang memiliki sumber daya terbatas inilah yang menjadi alasan mengapa support begitu diperlukan dan sangat penting di DOTA 2. Karena area farm yang sedikit ini maka support harus bisa bermain selama permainan berlangsung, mulai dari menit ke -0 sampai ancient hancur. Seperti biasanya, meningkatnya peran penting support dapat dilihat di kompetitif. Di pertandingan MDL2017 baru-baru ini, Grand Final antara LGD vs LGD Forever Young , dengan hasil akhir 3-2 dimenangkan oleh LGD. Dalam 5 game, 15/20 dari phase pick pertama dan 12/20 dari phase ban adalah support . Hal ini menunjukkan bahwa tim-tim tersebut menilai begitu pentingnya peran support.

Ada berapa tipe support?

Support Dota 2
Support Dota 2 | imgur.com

Ada banyak cara yang berbeda untuk mengkategorikan support, tapi cara termudah dan diketahui oleh kebanyakan orang yaitu dengan membaginya menjadi 5 posisi. Posisi 1 hard carry, posisi 2 solo mid, posisi 3 offlaner, posisi 4 semi support dan posisi 5 hard support.

Berikut adalah contoh tim papan atas dengan kapten di posisi ke 4 dan posisi 5 :

Team OG – Tal ‘Fly‘ Aizik + Jesse ‘Jerax‘ Vainikka
Team Liquid – Kuro Salehi ‘Kuroky‘ Takhasomi + Maroun ‘GH‘ Merhej
Team Secret – Clement ‘Puppey‘ Ivanov + Yazied ‘Yapzor‘ Jaradat
Evil Geniuses – Andreas ‘Cr1t-‘ Nielsen + Ludwig ‘Zai‘ Wåhlberg
Virtus Pro – Alexey ‘Solo‘ Berezin + llya ‘Lil‘ llyuk
LGD.Forever Young – Leong ‘ddc‘ Fat-Meng + Tue ‘Ah Fu‘ Soon Chuan
TNC Pro Team – Theeban ‘1437‘ Siva + Timothy ‘Tims‘ Randrup

Namun, konsep ini tidak berlaku bagi setiap tim, bergantung dari dinamika tim itu sendiri.

Apa yang bagus dari semi support dan hard support?

Jawabannya berbeda dari patch ke patch. Sudah menjadi aturan umum hard support bertugas melakukan semua support seperti membeli wards, smoke, dust atau TP biasanya posisi 5 lebih menjaga hard carry dalam melakukan farm dan mencegah musuh untuk mengganggu farming hard carry kita seperti Io, Dazzle, Oracle, Winter Wyvern Phoenix, Disruptor, Apparition Kuno, Warlock, dan lainnya. Ini adalah hero yang dapat melakukan banyak hal dalam tim. Sedangkan untuk semi support akan mendapatkan beberapa item dan gold. Posisi 4 bertugas di trilane, dual lane atau di jungle. Dengan kata lain, tugas mu di sini adalah meng kontrol lane, gank dan membeli support item jika posisi 5 kesulitan untuk melakukannya. Seperti Night Stalker, Clockwerk, Earth Spirit, Sand King, Riki, Kunkka, Earthshaker, dll.

Meta untuk support

EarthShaker DOTA 2
Source: Gambarnaruto.com

Setelah rilis patch 7.00 telah terjadi banyak perubahan yang membuat support menjadi lebih penting dari sebelumnya. Perubahan pada peta, hadirnya objek baru bernama Shrine atau Backpack,dan Runes yang ada, juga hadirnya sistem Talents. Ini meningkatkan pentingnya semi support, seperti untuk mengamankan runes. Lalu beberapa bulan patch 7.06 dirilis. Berikut adalah beberapa perubahan penting yang menyebabkan support menjadi lebih penting :

  • Neutral creep sekarang muncul setiap menit
  • XP dan gold dari neutral creep berkurang 20%
  • XP dan gold dari neutral creep bertambah 2% setiap 7.5 menit
  • Menambahkan ekstra creep di mid lane pada 15 menit pertama
  • Creep sekarang akan bertemu sedikit lebih dekat dengan tower off lane musuh
  • Durasi dari creep agro berkurang dari 2.5 menjadi 2.3

Pertama, meski neutral creep sekarang muncul setiap menit tapi pengurangan 20% XP dan gold membuat support sebisa mungkin memberikan penekanan untuk stacking camp atau mengamankan lane dan  runes. Kedua, penambahan ekstra creep di mid lane pada 15 menit pertama, membuat support sering melakukan ‘meta shift’ terbukti ketika dua tim kompetitif mengirimkan support mereka untuk membantu jalur tengah pada awal pertandingan, dan menyebabkan perkelahian 3v3 di level satu. Terakhir, Creep yang bertemu sedikit lebih dekat dengan tower offlane musuh, ini membuat support menjadi sulit untuk mengsupport zona offlaner.

Jadi kesimpulannya, early game pada meta saat ini begitu penting terlepas dari strategi yang dimiliki. Tim akan selalu ingin memaksimalkan performanya agar bisa memenangkan game dan support akan membantunya untuk mencapai target itu. Dan saya sendiri tidak menekankan jika role support itu lebih penting dari pada role lainnya, hanya berpendapat bahwa posisi 4 begitu penting pada meta saat ini. Jadi yuk jangan egois, pick lah hero yang diperlukan untuk membuat tim menjadi sempurna hehe

One Comment

Leave a Reply

    Ayo mulai Berdiskusi, Tinggalkan Balasan