Fitur Ray Tracing Cyberpunk 2077 Hanya Exclusive Untuk GeForce RTX?

in
Penampilan RTX On pada GPU Nvidia GeForce RTX series | GeForce
Penampilan RTX On pada GPU Nvidia GeForce RTX series | GeForce

Seperti yang kita tahu, Cyberpunk 2077 adalah salah satu game ambisius yang akan hadir pada generasi Next-Gen tahun ini. Gamenya sendiri memiliki visual yang menakjubkan dan sudah memiliki fitur Ray-Tracing. Namun apa jadinya jika fitur tersebut hanya akan sebatas untuk beberapa produk tertentu saja?

Kali ini kita akan membahas rumor yang sedang panas-panasnya di sosial media. Pasalnya, benarkah fitur Ray Tracing Cyberpunk 2077 hanya Exclusive untuk GeForce RTX saja?

Penampilan RTX On pada GPU Nvidia GeForce RTX series | GeForce
Penampilan RTX On pada GPU Nvidia GeForce RTX series | GeForce

Kebenaran Tentang Rumor Ray-Tracing Pada Cyberpunk 2077

Kehadiran game tersebut tentu sudah menjadi hal yang paling kita nantikan oleh kalangan gamer. Belum lagi pada akhir tahun ini Cyberpunk 2077 sudah akan rilis di pasaran. Munculnya rumor tersebut, tentu saja banyak menuai kritikan negarif dari pada fans yang telah menunggu lama. Terutama bagi kalian yang tidak menggunakan gpu keluaran Nvidia. Bagi kalian yang mungkin sudah terlanjur memilih menggunakan GPU AMD RX Series, kalian tak perlu khawatir.

Cyberpunk 2077 uses the industry standard DirectX Ray Tracing API. It will work on any DXR-compatible GPU. Nothing related to Cyberpunk 2077 ray tracing is proprietary to NVIDIA.

Brian Burke

Mendengar hal itu, salah satu jurnalis game WCCFTECH langsung melakukan wawancara terhadap Rian Burke selaku NVIDIA PR Gaming Technology, Esports & Consumer VR. Burke langsung menjawab secara singkat dan jelas bahwa nantinya, Cyberpunk 2077 akan bekerja pada GPU Nvidia maupun AMD. Tidak hanya itu saja, ia juga menjelaskan bahwa game ini nantinya sudah support menggunakan DirectX ray tracing API sesuai yang mereka harapkan.

AMD dan Microsoft Akhirnya Menjalin Kerja Sama Demi Ray Tracing Cyberpunk 2077

Cyberpunk 2077 Ray Tracing Rec | Nvidia
Cyberpunk 2077 Ray Tracing Rec | Nvidia

Rumor tersebut langsung saja mereka tepis bersamaan dengan kerjasama antara AMD dan Microsoft pada DirectX 12 Ultimate. Karena adanya kerja sama tersebut, AMD kini sudah dapat melakukan upgrade besar terhadap kartu grafis milik mereka. Beberapa upgrade tersebut diantaranya adalah DirectX ray tracing, Variable Rate Shading, Mesh Shaders dan Sampler Feedback. Beberapa Upgrade fitur tersebut akhirnya memungkinkan AMD untuk dapat menjalankan Cyberpunk 2077 dengan RTX ON.

Cyberpunk 2077 sendiri rencananya akan rilis pada tanggal 10 Desember 2020 mendatang untuk Playstation 4, Xbox One, Google Stadia, dan PC. Game ini juga akan hadir pada versi next-gen lengkap dengan grafis yang Up To Date, meskipun tanggal rilisnya masih belum resmi mereka pastikan.

Berikan Nilaimu untuk konten ini