BeritaNintendoPCPlaystationResmiXbox

Eksklusif Berakhir, Square Enix Umumkan Strategi Multiplatform

Square Enix menyebutkan rencana bisnis ini sebagai “Square Enix Reboots and Awakens: 3 Years of Foundation-Laying for Long-Term Growth”.

Square Enix telah mengumumkan penetapan rencana bisnis jangka menengah baru yang mencakup strategi multiplatform dan fokus pada kualitas game.

Informasi ini Square Enix rilis melalui situsnya. Jika kalian tertarik dengan kondisi industri video game, kalian bisa melihat artikel kami lainnya di sini.

Square Enix Resmi Umumkan Strategi Multiplatform

Square Enix telah mengumumkan penetapan rencana bisnis jangka menengah baru yang mencakup tahun fiskal 2025 (1 April 2024 – 31 Maret 2025) hingga tahun fiskal 2027 (1 April 2026 – 31 Maret 2027).

Square Enix menyebutkan rencana bisnis ini sebagai “Square Enix Reboots and Awakens: 3 Years of Foundation-Laying for Long-Term Growth”.

Tujuan dari rencana bisnis ini adalah untuk mengatasi tantangan yang dihadapi dalam rencana bisnis jangka menengah sebelumnya, termasuk profitabilitas yang rendah dari sub-segmen game HD, perlambatan di sub-segmen game untuk mobile dan browser PC, manajemen portofolio setiap waralaba yang tidak memadai, dan beberapa kesenjangan dalam infrastruktur manajemen Square Enix.

4 Pilar Baru Square Enix, Apa Saja?

Empat pilar dari rencana bisnis baru Square Enix adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan produktivitas dengan mengoptimalkan jejak pengembangan di segmen Digital Entertainment (DE):
    • Bergeser dari kuantitas ke kualitas = Square Enix akan mengejar pergeseran dari kuantitas ke kualitas sebagai filosofi jangka menengah dan jangka panjang terkait portofolio segmen DE. Untuk itu, pertama-tama Square Enix akan berupaya membangun portofolio yang optimal, dengan menyeimbangkan antara pendekatan “product-out” yang merefleksikan imajinasi para karyawannya secara maksimal, dan pendekatan “market-in” yang memanfaatkan suara dan data konsumen untuk menginformasikan upaya pengembangan. Mereka akan berusaha untuk melakukan peluncuran secara teratur, memfokuskan upaya pengembangan dan investasinya pada judul-judul yang memiliki potensi besar untuk dicintai pelanggan selama bertahun-tahun.
    • Fokus pada pengembangan judul yang memberikan “kesenangan” yang hanya dapat diciptakan oleh Square Enix = Dengan tujuan mengembangkan game yang memberikan pengalaman tak terlupakan bagi pelanggan dan memastikan kegembiraan, Square Enix bermaksud untuk fokus pada hal-hal berikut. Pertama, dengan menyadari kebutuhan untuk meluncurkan game HD yang dapat membantu menarik lebih banyak penggemar ke dalam Square Enix, Square Enix akan secara teratur merilis game AAA dalam waralaba utamanya untuk mempertahankan dan membangun basis penggemar. Selain itu, Square Enix akan berusaha untuk meningkatkan tingkat keberhasilannya dalam game SD dengan meluncurkan pilihan judul yang dikurasi dengan cermat. Selain itu, mereka juga akan mengeksplorasi cara-cara untuk memanfaatkan perpustakaan IP yang kaya.
    • Menetapkan jejak pengembangan internal yang menghadirkan “kesenangan” yang hanya dapat diciptakan oleh Square Enix = Square Enix akan menghentikan desain organisasi berbasis unit bisnis dan berusaha untuk membangun organisasi yang terintegrasi secara operasional dengan tujuan untuk membenahi jejak pengembangan judul internal dan membawa lebih banyak kemampuan internal. Selain itu, dengan tetap menjaga keseimbangan antara kreativitas masing-masing karyawan dan manajemen yang berpusat pada organisasi, Square Enix akan beralih ke struktur manajemen proyek. Untuk itu, Square Enix akan mendefinisikan kembali misi untuk produsen dan karyawan terkait lainnya dan mengatur struktur pendukung internalnya. Selain itu, Square Enix juga akan meningkatkan efisiensi investasi pengembangannya, dengan meninjau kembali proses manajemen pengembangan judul secara keseluruhan.
  2. Diversifikasi peluang pendapatan dengan memperkuat titik kontak pelanggan:
    • Beralih ke strategi multiplatform = Untuk judul-judul HD, Square Enix akan secara agresif mengejar strategi multiplatform yang mencakup platform Nintendo, PlayStation, Xbox, dan PC. Khususnya, dalam hal waralaba besar dan judul AAA termasuk judul katalog, mereka akan membangun lingkungan di mana lebih banyak pelanggan dapat menikmati judul-judul kami. Selain itu, mereka juga akan merancang strategi platform untuk judul-judul SD yang tidak hanya mencakup iOS dan Android, tetapi juga kemungkinan peluncuran PC. Selain itu, Square Enix akan berusaha untuk memaksimalkan akuisisi pengguna baru ketika meluncurkan sebuah judul dan pengguna berulang setelah memulai manajemen operasi game.
    • Membangun titik kontak pelanggan yang berkesinambungan dari judul-judul kami dengan meningkatkan penjualan digital = Square Enix akan memperkuat arus pengguna penjualan digital judul-judul baru pada saat peluncuran terkait inisiatif promosi. Selain itu, hal ini akan menghasilkan peluang untuk menghasilkan pendapatan dalam jajaran judul katalog kami yang kaya, yang mengarah untuk memperkuat basis pendapatannya dengan memperluas penjualan judul katalog. Selain itu, Square Enix akan terlibat dalam inisiatif yang berfokus pada akuisisi pengguna PC.
    • Menciptakan interaksi dengan pelanggan dengan meningkatkan kecanggihan fungsi penerbitan = Square Enix akan mengupayakan operasi penjualan & pemasaran yang terintegrasi di Jepang dan mengefisienkan penerbitan dengan mengkonsolidasikan fungsi-fungsi pemasaran yang sebelumnya tersebar di berbagai unit bisnis kreatif, memperluas pengetahuan bersama, dan menghilangkan fungsi ganda. Selain itu, menciptakan jalur pelaporan baru untuk meningkatkan kolaborasi antara fungsi penjualan dan pemasaran. Hal ini juga akan menjawab kecanggihan pemasaran yang semakin meningkat dengan memanfaatkan data pihak pertama, termasuk melalui pemanfaatan solusi CRM dan analisis data, ketika mengembangkan kampanye iklan untuk judul HD dan SD.
    • Menghasilkan peluang pendapatan baru dengan menawarkan IP di berbagai pengalaman hiburan = Square Enix akan mengejar strategi lintas media yang mampu mendekati pasar-pasar baru. Secara khusus, Square Enix akan memperluas area bisnis lisensi dengan membentuk departemen baru yang berfokus pada pengembangan bisnis IP di pasar global. Selain itu, Square Enix akan membangun sebuah organisasi yang memanfaatkan IP secara lebih aktif dengan menawarkannya di semua format media. Square Enix juga berharap untuk menghasilkan sinergi dengan mengintegrasikan organisasi yang berafiliasi dengan segmen Merchandising.
  3. Meluncurkan inisiatif untuk menciptakan stabilitas dasar tambahan:
    • Membangun kembali divisi bisnis di luar negeri dari bawah ke atas = Square Enix telah mulai mengoptimalkan biaya di kantor-kantornya di Eropa dan Amerika melalui reformasi struktural. Square Enix ini juga akan mempromosikan kolaborasi intra-Square Enix di Jepang dan luar negeri serta memperkuat fungsi dari lokasi pengembangan di London. Sebagai contoh, Square Enix bermaksud untuk bekerja untuk memperkuat kolaborasi yang erat antara divisi-divisi di Jepang (studio kreatif dan penerbitan) dan untuk memungkinkan mobilitas yang lebih besar dari talenta di antara mereka dan fungsi-fungsi penerbitan Square Enix di luar negeri.
    • Merubah kebijakan alokasi sumber daya manusia & investasi untuk menyeimbangkan “kreativitas dan produktivitas” di Jepang = Square Enix akan membangun organisasi datar dengan meningkatkan peluang promosi melalui seleksi untuk mengejar bakat baru di perusahaan kami dan merampingkan proses pengambilan keputusan. Secara khusus, Square Enix akan meluncurkan sistem sumber daya manusia yang baru sejalan dengan manajemen terpadu fungsi pengembangan, membangun sistem baru untuk perekrutan, promosi, dan penunjukan manajemen. Selain itu, Square Enix akan membangun kembali sistem pelatihan untuk lulusan baru dan memperkenalkan program pendidikan internal untuk meningkatkan kemampuan karyawan tingkat junior dan menengah.
    • Meningkatkan infrastruktur bisnis dengan menerapkan siklus PDCA secara tepat waktu dan tepat guna = Square Enix akan terus menyempurnakan sistem akuntansi manajemen yang memungkinkan visibilitas yang lebih baik terhadap aktivitas bisnis. Selain itu, Square Enix tidak hanya akan melakukan peningkatan infrastruktur untuk memaksimalkan produktivitas karyawannya di bawah sistem kerja hybrid, tetapi juga membangun lingkungan kantor yang menarik yang membantu meningkatkan kreativitas tim pengembangan.
  4. Mencapai keseimbangan antara keuntungan pemegang saham dan pertumbuhan investasi ketika mengalokasikan modal:
    • Square Enix telah merumuskan kebijakan alokasi modal yang mempertimbangkan keseimbangan antara investasi pertumbuhan dan imbal hasil bagi pemegang saham, dengan mengalokasikan maksimum 100 miliar yen untuk total investasi strategis (investasi pertumbuhan atau imbal hasil bagi pemegang saham) dalam jangka waktu 3 tahun.
    • Sehubungan dengan investasi pertumbuhan, Square Enix akan secara hati-hati memilih peluang investasi yang berkontribusi terhadap peningkatan nilai perusahaan dan akan memanfaatkan wawasan dari bisnisnya sendiri. Square Enix akan menjajaki kemungkinan untuk melakukan investasi anorganik yang dirancang untuk memperluas domain bisnis dan menciptakan stabilitas yang lebih besar.
    • Sementara itu, sebagai bentuk penghargaan kepada para pemegang saham, Square Enix akan membagikan dividen secara teratur berdasarkan kebijakan dasar untuk mencapai rasio pembayaran dividen sebesar 30%. Selain itu, sebagai perubahan dari pendekatan sebelumnya terhadap alokasi modal, Square Enix telah menyisihkan ¥20 miliar untuk pendanaan pembelian kembali sahamnya sendiri yang akan dilakukan secara fleksibel antara 14 Mei 2024 dan 13 Mei 2025 berdasarkan pertimbangan faktor-faktor termasuk peluang investasi strategis, posisi keuangan Square Enix, dan harga saham. Perusahaan juga telah merevisi rincian dividen per saham (dividen interim dan dividen akhir tahun).
Setelah lulus sebagai analis kimia, Fransiskus mengejar mimpinya untuk menjadi jurnalis dan telah meliput industri game sejak tahun 2020. Saat ini, ia fokus pada gelar Hubungan Masyarakat (Humas) dan tertarik dengan bagaimana para pemimpin industri game…

Related Posts

Leave Comment
Hidupkan Notifikasi OK No thanks