BeritaNintendoNintendo SwitchPCResmiXboxXbox OneXbox Series SXbox Series X

Crytek Minta Modder Hapus Mod Crysis 2 dan 3 Remastered

Masih ingatkah kalian dengan game buatan Crytek Studios yang satu ini? Setelah cukup lama tidak berjumpa, mereka akhirnya datang lagi dengan game terbarunya yang bernama Crysis. Setelah sukses besar dengan perilisan Remasternya, Crytek mendesak Modder untuk hapus Mod buatannya dari game Crysis 2 dan 3 Remastered. Lantas, apa alasan dari penghapusan tersebut? Yuk ikuti terus pembahasan Gamedaim News ini.

Universal Unreal Unlocker adalah sebuah mod yang dibuat oleh Fans bernama “Otis_Inf” Bouma. Mod tersebut menawarkan fitur Photo Mode ke banyak game rilisan Unreal Engine 4 termasuk game Crysis Remastered 2 dan 3. Ini merupakan salah satu Mod Integrasi yang tampil cukup mengesankan karena dapat memungkinkan Player untuk menangkap gambar lewat Video Game dengan kualitas melampaui tangkapan konvensional.

Crytek Tidak Terima Jika Modder Menjual Mod Dari Crysis Remastered Buatannya

Baru-baru ini mod tersebut mendapatkan versi terbarunya lewat halaman Patreon dengan segudang fitur tambahan yang lebih menarik. Sayangnya, mod ini tiba-tiba harus ditarik karena tidak mendapatkan perizinan dari pihak Crytek, selaku developer game tersebut. Permintaan penghapusan mod UUU ini diberikan oleh oleh Crytek PR manager Adam Grinsell, yang mengatakan bahwa EULA kedua game tersebut tidak mendukung Mod.

Otis_inf terpaksa menghapus mod ciptaannya ini secepat mungkin karena Crytech juga mengancam akan melakukan penghapusan paksa jika melebihi 7 hari. Lebih dari itu, masalah ini juga akan dirujuk ke departemen hukum jika mereka ketahuan merilisnya ulang. Menanggapi hal tersebut, Otis mengaku bahwa mod yang ia ciptakan tidak menggunakan asset code buatan Crytek. Rupanya masalah tersebut tidak berkaitan dengan hal lisensi.

Grinsell menjawab bahwa masalah software tersebut mengacu pada fakta bahwa mod Photo Mode Crysis Remastered hanya tersedia untuk pelanggan Patreon, dengan harga berkisar $6,50 hingga $63,50 per bulan. Mereka meminta agar Otis menghapus Paywall dari mod tersebut mengingat ini ia telah mengambil keuntungan melalui Media Ciptaan Crytek yaitu game Crysis Remastered itu sendiri.

Crytek Minta Maaf Namun Mod Tetap Tidak Boleh Dirilis Ulang

Perselisihan tersebut memicu perhatian pengguna Reddit, dan membuat Crytek meminta maaf atas tindakannya. “Pesan tersebut adalah kesalahpahaman, dan kami telah meminta maaf kepada modder,” tulis manajer PR Crytek Utku akır. “Kami sangat menghargai semua dukungan yang kami terima dari komunitas, tetapi kami juga harus menyeimbangkan ini dengan melindungi hak cipta kami.”

Sayangnya, permohonan maaf ini tetap tidak mengubah fakta bahwa mod ciptaan Otis tidak lagi dapat kita akses ke depannya. Semoga saja dengan adanya masalah ini, Crytek memutuskan untuk menambahkan fitur Photo Mode yang lebih berkualitas Selagi menunggu, kamu bisa memainkan game Crysis Remastered lewat platform PC, PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series, dan Switch. Bagaimanakah menurut kalian, apakah kalian tertarik?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications