Tips dan Trik Bermain Valheim Untuk Para Pemula

in
Tips dan Trik Bermain Valheim Untuk Para Pemula | Coffee Stain Studios
Tips dan Trik Bermain Valheim Untuk Para Pemula | Coffee Stain Studios

Mekanik familiar namun dengan eksekusi sempurna Valheim sudah cukup mendapatkan perhatian khusus dari para gamer. Hingga kini game ini masih saja merajai puncak game terlaris tahun 2021 di Platform Digital Steam. Bahkan Valheim sendiri sudah menjadi topik tontonan paling hangat melalui platform Streaming Twitch. Jika kalian baru pertama kalinya memainkan game ini, kami akan membagikan Tips dan Trik bermain Valheim bagi kalian para pemula.

Valheim sendiri adalah game hasil karya Developer Indie yang cukup terkenal. Dev Iron Gate AB bekerja sama dengan Coffee Stain Studios yang sudah sering memberikan kita berbagai game keren. Game rilisan studio ini di antaranya adalah Deep Rock Galactic, Goat Simulator, dan yang paling terkenal adalah Satisfactory. Ingin berbeda dari game buatan mereka sebelumnya, kini mereka akhirnya mendatangkan Inovasi baru yang menjadi gebrakan baru pada era industri Indie game modern.

Karena game ini punya banyak sekali fitur, terkadang sudah biasa jika nantinya player baru akan kebingungan untuk memainkan game ini. Namun seperti yang sudah menjadi omongan, Valheim faktanya bukanlah game kompleks layaknya game survival pada umumnya. Beberapa fitur dan mekanik game ini sendiri cukup mudah untuk kita pelajari sendiri. Namun tentu saja, kita akan memberikan beberapa Tips yang lebih Detail lagi. Berikut tips dan trik pemula dalam memainkan Valheim.

Valheim Tips dan Trik Untuk Pemula

Seperti yang kita tahu, game ini akan berfokus pada Survival. Biasanya, saat kita melakukan Survival, ada beberapa hal penting yang perlu kita prioritaskan. Hal tersebut ialah Tempat tinggal, Makanan, dan Pakaian. Ketiga hal ini tentu sudah sangat familliar pada game Survival umumnya. Namun kali ini kita akan membutuhkan senjata saat berada pada dunia Valheim. Kenapa memerlukan senjata? Tentu saja untuk melawan berbagai ancaman mulai dari hewan dan para monster.

Mengumpulkan Bahan Pokok

Untuk memenuhi ketiga hal utama ini, tentu saja ada proses awal. Yang perlu kalian lakukan adalah mencari dan mengumpulkan bahan pokok. Karena Valheim memiliki banyak Bioma yang berbeda, hal ini tentu saja mempermudah kita untuk mencari berbagai bahan pokok utama. Beberapa bahan pokok ini bisa saja kayu, makanan, bahkan kulit untuk membuat pakaian. Karena pada game ini kita dapat menemukan banyak musuh, tentu saja senjata adalah salah satu item yang harus kalian punya.

Kayu tentu saja dapat kalian temukan dengan mudah dengan cara menghancurkan pohon. Namun jika kalian belum memiliki Item sama sekali, kalian dapat memilih pohon kecil terlebih dahulu. Batu dapat kalian temukan pada pesisir sungai, bebatuan ini sangat bermanfaat saat kalian ingin membuat api unggun dan senjata saat awal permainan. Makanan dapat kalian temukan dengan memetik buah dan melakukan perburuan. Namun tentu saja memerlukan senjata terlebih dahulu.

Mencari dan Membangun Tempat Tinggal

Untuk mencari tempat tinggal pada dunia game ini, faktanya sangat mudah. Kalian dapat mengumpulkan bahan-bahan seperti yang sudah kita katakan untuk membangun tempat tinggal. Kayu adalah elemen penting untuk membuat pondasi rumah pada game ini. Namun perlu kalian ingat, game ini memiliki fitur Physics yang mana kalian harus memastikan keseimbangan rumah yang kalian buat agar tidak Runtuh. Jadi pastikan pondasi kalian kuat menahan beban tempat tinggal.

Jika kalian malas untuk membuat tempat tinggal atau tidak memiliki bahan yang cukup, jangan khawatir. Pasalnya pada game ini kita dapat menemukan rumah-rumah kecil pada setiap sudut map. Rumah tersebut memang sudah rusak namun untuk memperbaikinya tidaklah sulit. Yang perlu kalian lakukan adalah menggunakan palu untuk memperbaikinya. Namun pilihlah dengan hati-hati, terkadang rumah ini memiliki sarang lebah yang menyerang kalian pada jarak dekat.

Crafting Weapon dan Tool

Crafting adalah salah satu elemen utama pada game Survival. Sebelum kalian membangun rumah dan berbagai hal lainnya, tentu kalian memerlukan Tool untuk membantu kalian mencapai progres. Setelah kalian mendapatkan bahan-bahan utama, kini kalian dapat melakukan Crafting berbagai Tool menggunakan resep yang dapat kalian temukan melalui lamanya progres kalian dalam permainan. Weapon, Tool, dan Struktur Rumah dapat kalian craft melalui Workbench pada game ini.

Pada awal permainan kalian memerlukan Workbench. Benda ini akan membantu kalian dalam mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi. Dengan adanya meja ini, kalian dapat menemukan lebih banyak resep baru dalam permainan. Tidak hanya Workbench, kalian juga memerlukan Artisan Table, Cooking Station, Blast Furnace, Wind Mill, dan Spinning Wheel. Semua benda tersebut akan membantu kalian membuat Weapon, Tool, Masakan, Pakaian, dan Armor.

Eksplorasi dan Combat

Valheim adalah map luas yang terdiri dari berbagai bioma. Kita dapat menemukan area hutan, savana, pegunungan salju, Dark forrest, Swamp, bahkan lautan. Setiap Area ini memiliki bahan baku yang berbeda-beda. Namun tentu saja setiap tempat memiliki monster dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pula. Jadi pastikan dahulu kalian sudah memiliki senjata dan perlindungan Armor yang cukup saat melakukan eksplorasi. Kalian juga dapat meningkatkan skill sebelum berpetualang.

Karena game ini memiliki tema Mythology Nordik, player juga bisa membuat kapal layar terlebih dahulu sebelum akhirnya berpetualang. Jika tidak, kalian juga dapat berjalan kaki melewati darat. Tentu saja itu semua adalah tergantung kenyamanan kalian saat bermain. Saat melakukan eksplorasi tentu kalian harus memiliki cukup makanan agar nantinya tidak mudah kelaparan. Jika beruntung kalian bisa saja menemukan Merchant yang sedang membuka lapak dagang saat di jalan.

Setiap kalian melakukan progress mulai dari berlari, menebang pohon, picking item, dan fighting maka Skill perks kalian akan bertambah. Namun jika kalian tiba-tiba mati saat sudah di tengah jalan, maka kalian akan mengurangi skill perk tersebut. Jangan khawatir, kalian tentu tidak akan mengulang dari awal lagi jika kalian membangun tempat tidur yang terletak pada base milik kalian. Combat game ini cukup sederhana, kalian hanya perlu menghindar, menangkis, dan menyerang.

Rune Stone dan Boss Battle

Bagi kalian para pemula mungkin cukup bingung dengan berbagai Rune Stone yang tersebar pada map game ini. Tenang kita akan membahas tentang tips pemula saat menemukan Rune Stone Valheim dan Boss Battle. Tujuan sang karakter utama pada game ini adalah memberikan persembahan terbaik untuk Odin. Player dapat menemukan berbagai Artefact melalui setiap tantangan yang mereka berikan dalam permainan. Nantinya Artefact ini dapat kalian collect untuk menjadi persembahan

Untuk melakukan persembahan, kalian harus menemukan Rune Stone yang tersedia pada map game ini. Jika sudah, maka kalian akan melakukan Spawning Boss. Hati-hati Boss pada game ini cukup sulit untuk kita hadapi. Jadi pastikan dahulu kalian siap dan memiliki perlengkapan yang nantinya diperlukan dalam Combat. Saat sudah selesai mengalahkan boss, kalian harus pulang ke lokasi batu Rune lingkaran yang ada pada tengah map atau tempat awal player masuk ke dunia Valheim.

Saat sudah sampai, maka player akan mendapatkan reward berupa skill upgrade yang cukup signifikan. Terkadang kalian juga akan mendapatkan reward berupa benda-benda yang cukup berguna saat melakukan upgrading Armor dan senjata kalian. Ada total 5 rune boss yang dapat kalian kalahkan, namun ini baru permulaan saja. Pasalnya Valheim sendiri masih dalam tahap Early Access yang memungkinkan mereka untuk menambahkan berbagai konten baru pada game ini.

Itu saja tips dan trik dari kita untuk kalian para player pemula game Valheim. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba game ini. Jika kalian tertarik, Valheim dapat kalian mainkan pada platform Windows, Mac, dan Linux. Game ini dapat kalian nikmati langsung pada platform Digital Steam dengan harga Rp 109.000. Bagaimana menurut kalian, apakah kalian juga penasaran?

Berikan Nilaimu untuk konten ini