Tips

Fakta Game Growtopia, Game Mirip Minecraft Versi 2D Platformer

Fakta Game Growtopia – Kalian suka main game Minecraft? Atau sedang mencari alternatif Minecraft yang ringan dan bisa menghasilkan uang asli? Kalau iya, kalian harus coba Growtopia. Game ini adalah game berjenis MMO atau Massive Multiplayer Online yang dikembangkan oleh Robinson Technology dan Ubisoft, dan pertama kali diterbitkan pada 30 November 2012.

Kalian bisa memainkan Growtopia secara gratis untuk Windows, MacOS, iOS, dan Android. Growtopia bisa diunduh secara langsung dari situs resminya atau bisa juga dari penyedia aplikasi bawaan platform. Untuk kalian yang pernah main Minecraft, pastinya kalian sudah tahu apa yang harus kalian lakukan pertama kali di Growtopia. Tapi untuk kalian yang belum pernah, jangan khawatir.

Dalam artikel kali ini, Gamedaim telah merangkum Fakta Game Growtopia dan juga tutorial bagi kalian yang belum paham cara mainnya.

Fakta Game Growtopia

Minecraft versi Platformer 2D

Growtopia 2
Growtopia | via Super Parent

Fakta Game Growtopia yang pertama adalah game ini seringkali disebut sebagai Minecraft versi 2D Platformer. Alasannya tentu saja karena gameplay-nya yang mirip. Dalam game ini, pemain akan diarahkan untuk membangun world atau dunia pribadi mereka, lalu akan diberikan arahan tentang cara menanam dan memanen yang benar.

Selain membangun dan bertani, pemain juga bisa mendirikan peternakan untuk kemudian hasilnya dijual kepada pemain lain. Ini sebenarnya mirip dengan Harvest Moon, tapi dengan mode online.

Game Multiplayer dari Seluruh Dunia

Multiplayer
Multiplayer | via ApkPure

Berikutnya adalah Multiplayer. Selain bisa dimainkan secara single player, Growtopia juga bisa dimainkan secara multiplayer online. Ini sekaligus membuat game Growtopia terasa seru meskipun grafisnya hanya 2D Platformer. Adanya fitur multiplayer online ini biasanya dimanfaatkan pemain untuk melakukan jual-beli barang dengan cara barter.

Barang yang diperjual-belikan dalah peralatan yang berguna dalam game, seperti sepatu, sayap, kapak tambang, dan juga pintu. Tapi, pemain wajib berhati-hati saat melakukan barter, karena banyak di antara penjual yang melakukan penipuan dengan menjual barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga sebenarnya.

Simulasi yang Mendekati Kenyataan

Growtopia market
Growtopia Market | via Growtopia Game

Fakta Game Growtopia yang selanjutnya adalah simulasi yang mendekati kenyataan. Selain bisa mendapatkan uang dengan cara menambang dan barter, pemain juga bisa mendapatkan uang dengan cara kriminal, seperti menipu dan merampok. Hal yang menyebabkan terjadinya perampokan dalam game ini adalah karena adanya world atau dunia yang tidak dikunci oleh pemiliknya.

Pemain bisa merampok benda berharga yang ada dalam dunia suatu pemain, seperti benih lava dan batu, lalu menjualnya dengan harga tinggi. Tidak hanya itu, jika ada dunia yang sepi, scammer akan memanfaatkannya dengan cara log in dengan banyak akun agar bisa mendapatkan keuntungan dari hasil market dengan lebih banyak.

Game Yang Bisa Menghasilkan Uang Nyata

World lock
World Lock | via Lazada

Fakta Game Growtopia yang selanjutnya ini sangat tidak boleh dilewatkan. Pemain bisa mendapatkan uang nyata dari game Growtopia. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan menjual in-game currency atau mata uang dalam permainan ini, yang disebut dengan World Lock. Kalau membeli menggunakan gems yang kalian dapatkan dari hasil menambang, pastinya akan membutuhkan waktu lama karena gems yang diperlukan untuk membeli World Lock juga banyak.

Pemain seringkali memanfaatkan kesempatan ini dan menjual World Lock kepada pemain lain yang tidak ingin susah payah menambang demi World Lock. Harga yang ditawarkan dalam penjualan World Lock juga bermacam-macam, tergantung kuantitasnya. Semakin banyak World Lock yang dijual, semakin mahal pula harganya.

Tersedia Juga Untuk Konsol

Growtopia switch 1
Growtopia Switch | via Gtowtopia Game

Fakta Growtopia yang terakhir adalah adanya Growtopia versi konsol. Kesuksesan Growtopia di platform PC dan Smartphone dilanjutkan dengan diluncurkannya Growtopia untuk konsol ternama seperti Nintendo Switch, Sony PlayStation 4, dan juga Microsoft Xbox One. Peluncuran ini mengikuti terjadinya akuisisi Growtopia oleh Ubisoft pada yahun 2017, dengan tetap mempekerjakan Seth Robinson dan Mike Hommel sebagai designer tetap untuk Growtopia.

Itu tadi adalah Fakta Game Growtopia yang berhasil Gamedaim rangkum. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian tentang game 2D Platformer yang mirip Minecraft ini.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment