4 Tips Dalam Memilih Monitor yang Tepat dan Awet!

in , ,
4 Tips Memilih Monitor

Monitor merupakan sebuah komponen yang paling wajib dalam sebuah perangkat Komputer. Tanpa monitor, maka kalian tidak bisa untuk mengoperasikan komponen yang lainnya. Namun, memilih monitor itu tidak boleh asal-asalan, sebab ada juga Tips dalam memilih Monitor yang berkualitas.

Tips berikut ini harus diperhatikan oleh calon pembeli, terlebih lagi jika dia adalah seorang awam dalam dunia komputer. Lantas, apa saja tips dalam memilih monitor yang tepat dan tentunya awet? Berikut tipsnya.


Tios Memilih Monitor

1. Jumlah dan Jenis Port atau Konektivitas

4 Tips Memilih Monitor Conection
Pixabay

Pertama, dalam memilih monitor berkualitas harus diperhatikan sisi konektivitas dari monitor tersebut, atau bahasa lainnya port. Salah satu hal yang wajib ada di monitor adalah port HDMI. Pasalnya, konektivitas ini sangat penting dalam memunculkan tampilan di monitor.

Selain HDMI, tentukan dulu apakah kalian ingin menggunakan display port atau mini-display port. Soalnya, ketiga port tersebut berbeda-beda loh.


2. Ukuran Layar

4 Tips Memilih Monitor Ukuran
Pixabay

Setelah menentukan jenis port yang diinginkan di sebuah monitor, tips selanjutnya adalah menentukan ukuran layar yang diinginkan. Sejatinya, pilihan soal ukuran layar ini bergantung kepada apa yang akan kalian lakukan ke monitor tersebut.

Misalnya saja nih, jika kalian ada seorang gamer dan membutuhkan monitor yang cocok dipakai ketika bermain game, maka saran saya ambil monitor dengan ukuran 27 inci. Namun, pemilihan ukuran bisa berbeda ketika kalian bukan seorang gamer.


3. Rasio Layar

Ketiga, kalian harus benar-benar memperhatikan rasio layar dari monitor yang akan kamu ambil. Kalau kalian kebingungan dalam menentukan rasio layar, saran saya ambil rasio 16:9, karena ini sudah umum digunakan baik ketika bermain game maupun melakukan pekerjaan sehari-hari.


4. Mau IPS atau TN?

Tips terakhir dalam memilih monitor yakni kalian harus menentukan ingin menggunakan jenis panel apa, IPS atau TN? Kedua panel ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Misalnya saja panel Twisted Nematic (TN), jenis ini merupakan panel paling populer karena menawarkan respon pixel serta refresh rate yang sangat tinggi.

Sedangkan panel In-Plane Switching (IPS) merupakan jenis panel yang memberikan kualitas warna yang baik serta viewing angle yang lebar. Panel IPS cocok digunakan untuk kalian yang berkegiatan dalam dunia hiburan atau pekerja. Sedangkan TN cocok untuk para gamer.


Nah itulah beberapa tips dalam memilih jenis monitor yang ingin kamu beli. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menentukan monitor apa yang menjadi pilihan tepat.