Review Stronghold: Crusader: Wood Needed

stronghold-crusader_artikel-thumbnail

stronghold-crusader_artikel-thumbnail

Gamedaim.com – Stronghold Crusader merupakan game bertemakan abad pertengahan yang dikembangkan oleh Firefly Studios dan dirilis pada tahun 2002 silam. Game ini memang terbilang lawas, ditambah grafis game yang ketinggalaan jauh dengan grafis game saat ini. Bagaimanapun juga, game ini tetap puas dimainkan.

Crusader merujuk bahwa permainan ini tidak seperti sebelumnya yang bergaya Eropa abad pertengahan, tetapi di Timur Tengah selama Perang Salib.

Selaku penulis, gw pertama kali memainkan Crusader pas kelas 3/4 SD bray. Waktu itu gw masih pake monitor tabung dengan CPU jadul untuk main Crusader. Nah, pada artikel kali ini. Gw pgn ngasih review mengenai Stronghold Crusader. Disimak yah…

(+) Game yang ringan dengan spek yang ramah

Betul bray, game ini memang ringan. Sistem minimum yang dibutuhkan terkenal ramah lingkungan bagi para gamer spek low-end. Ane main di komputer tabung aja speknya RAM 1 GB, Intel HD Graphics, Intel Inside Pentium tetap berjalan lancar bray. Info selengkap sistem minimumnya di game-debate.

(+) Karakter yang variatif

Pendapat gw, karater di gamenya bervariasi bray. Untuk tim Arab ada the Sultan, the Caliph, the Emir, Nizar, the Wazir, dan Saladin., Sedangkan tim Eropa ada the Rat, the Snake, King Phillip, the Sheriff, the Pig, the Marshal, Lionheart, the Wolf, Emperor Frederick dan the Abbot. Kalau karakter pig, bener-bener bikin ngakak sama suaranya. Karakter favorit gw sendiri untuk Arab yaitu the Sultan (karena raja minyak), sedangkan untuk Eropa yaitu Lionheart.

(+) Misi yang banyak ditambah mode game yang menyenangkan

Ada 4 mode di game, yang pertama adalah kampanye utama terdiri dari 50 misi (tambahan 30 misi pada Warchest) yang bakal tambah sulit dari satu misi ke misi lainnya . Kemudian kampanye sejarah dimana pemain mengikuti jejak sejarah dalam Perang Salib (Perang Salib Pertama, Kampanye Saladin, Perang Salib Ketiga, dan Negara-negara Bentukan dalam Perang Salib). Yang ketiga adalah Membangun Kastil, disini, pemain akan membangun kerajaannya sendiri di dalam peta yang disediakan, tidak ada musuh, hanya ada beberapa singa dalam beberapa peta. Yang keempat adalah Skenario buatan, pemain akan membuat petanya sendiri dan bisa dimainkan dalam Permainan Buatan, dimana pemain bisa membuat permainan melawan kerajaan lain, menentukan musuh, menentukan mode permainan dan menentukan peta sendiri.

(+) Sound game yang bikin nge-stuck di pikiran

Haha, bener bray. Ini salah satu keunggulan Crusader selain gameplay maupun storynya. Suara yang sering terdengar “wood needed” yang akan muncul jika lo kekurangan stok kayu. Iringan musik latarnya juga terkesan gurih.

(+) Fitur untuk saling membantu

Ini game memang solid bray. Sesama pemain dapat saling membantu atau dibantu guna meraih kemenangan. Pemain bisa minta goods/bahan, atau juga bisa minta pertolongan agar benteng kita dijaga bray.

(-) Grafis game yang kurang memuaskan

Pasti ini menjadi salah satu kekurangannya. Game ini memakai tampilan 2.5D Isometric atau setengah 3D sob. Lain hal dengan Stronghold II yang mengambil tampilan 3D.

(-) Batas jarak membangun bangunan

Ini salah satu kekurangannya bray. Jadi kita ngak bakal bisa bangun sesuatu, misalkan Wall/benteng kalau ada musuh mendekat atau di kawasan musuh. Padahal kita masih di kawasan rumah, tapi karena musuh mendekati kawasan kita jadi ngak bakal bisa bangun sesuatu.

(-) Batasan jumlah troops/pasukan

HMM. Salah satu hal ini yang menjadi minus game Crusader. Kalau Kamu main custom mode, dan memasukkan hingga 8 player ditambah Kamu sendiri, sistem akan membatasi jumlah pasukannya. To the best of my knowledge, maksimum troops hingga 600an bray, tidak bisa lebih.

Overall, memang tidak ada yang sempurna di dunia ini. Tetapi, walau game ini terkesan lawas dengan grafis yang ketinggalan jaman, gameplay dan storynya jadi bayarannya kok. Gw sendiri lebih prefer sama seri Crusader dari Stronghold dibandingkan seri lainnya, sebut saja Stronghold 2, Stronghold Legends, dan lain sebagainya. Jikalau GameSpot Review memberikan angka 8 dari 10. Gw memberikan angka 8.3 dari 10 bray.

GamedaimSCORE_Stronghold-Crusader

Gameplay: 9/10
Story: 8.5/10
Graphics: 7/10

Total = 8.3/10

Bagaimana? tertarik bermain Stronghold: Crusader?

Game ini dapat Kamu beli di Steam.

Tinggalkan Balasan