Review Fantech REVOLVER WGP12: Wireless Gamepad Berkualitas

in , ,
Fantech Revolver Wgp12 Flatlay Gamedaim Review

Sebagai orang yang sering bermain game di PC, penulis secara pribadi jarang memegang gamepad. Review Fantech REVOLVER WGP12 kali ini, penulis kembali mencoba bermain Apex Legends lewat produk dari Fantech tersebut.

Seperti yang banyak kita ketahui, game-game zaman sekarang sudah banyak kompatibilitas dan support-nya. Contoh gamenya ya sebut saja Apex Legends di PC. Walau bukan platform konsol, Apex Legends PC tetap bisa kita mainkan tanpa keyboard dan mouse karena game-nya bisa mendukung gamepad.

Gamedaim mendapat kesempatan dari Fantech Indonesia untuk mencoba produk gamepad mereka kali ini. Simak review Fantech REVOLVER WGP12 (selanjutnya disebut ‘WGP12’) berikut ini.

Box Layaknya Box Mainan Anak-Anak

Fantech Revolver Wgp12 Box Depan Gamedaim Review

Fantech WGP12 sebagai produk wireless gamepad punya box yang seperti box mainan.

Alasan penulis menyebut seperti box mainan karena bagian depannya memperlihatkan langsung si gamepad. Sama seperti mainan action figure yang langsung menonjolkan bentuk produk lewat boxnya.

Fantech Revolver Wgp12 Box Belakang Gamedaim Review

Kemudian bagian belakang box menjelaskan spesifikasi teknis si gamepad.

Untuk konten box-nya sendiri terdapat: gamepad WGP12, kabel micro USB untuk charger, USB receiver, buku manual, dan kartu garansi.

Fantech Revolver Wgp12 Box Isi Gamedaim Review
Fantech Revolver Wgp12 Kabel Micro Usb Gamedaim Review
Fantech Revolver Wgp12 Usb Receiver Gamedaim Review

Nyaman Digenggam

Fantech Revolver Wgp12 Pegang Gamedaim Review

Fantech WGP12 punya material dari plastik yang secara build quality terasa kokoh dan tidak terkesan ringkih. Karenanya, saat penulis genggam itu terasa nyaman. Selebih lagi bobotnya hanya 182 gram saja jadi saat penggunaan lama gak bikin tangan pegal.

Body gamepad punya finishing warna hitam yang doff. Jika terkena keringat, body-nya akan mudah meninggalkan cairan tersebut jadi usahakan tangan kalian selalu bersih.

Gamepad ini punya 17 tombol yang Secara layout tombol, Fantech WGP12 mengambil layout PS karena joystick-nya sejajar.

face Buttons
Joystick

Tombol gamepad memang mengambil layout PS, tapi face buttons justru mengikuti XBOX yang memakai huruf, bukan shape seperti PS.

Joystick gamepad terasa ringan untuk penulis arahkan. Tapi saat dipencet itu terasa agak berat agar tombolnya bisa terbaca oleh komputer. Bunyinya saat penulis pencet juga lumayan kencang.

Saat bermain Apex Legends, kalau terlalu lama menggunakan joystick, jari bisa terasa sakit. Secara permukaan joystick memang lembut tapi terasa keras secara material. Tidak ada bantalan di permukaan jadi bikin jari mudah terasa sakit. Tapi bisa jadi atau mungkin karena penulis saja yang jarang menggunakan gamepad, jadi punya kecenderungan seperti demikian.

indikator

D-Pad Fantech WGP12 terdapat indikator arah di masing-masing bagiannya. Tidak seperti joystick, saat penulis tekan D-Pad nya ini terasa ringan.

Kemudian face buttons-nya lumayan agak berat sedikit tapi tidak seberat joystick saat penulis pencet.

Lalu bagian tengahnya terdapat tombol Select, Start, dan satu tombol di bawah logo Fantech dengan icon logo Fantech sebagai tombol Mode.

Di bawah tombol Mode-nya lagi terdapat indikator yang berguna sebagai penanda saat Wireless Gamepad ini kita sambungkan ke devic tertentu. Kalau tersambung ke PC, maka LED nomor 2 akan menyala. PS3 untuk LED 1. Dan mode Android untuk LED 2.

Gamepad Multiplatform

Fantech WGP12 memang multiplaform karena bisa kita pakai untuk segala device/platform. Tapi sayangnya konektivitasnya memakai USB receiver jadi jika kalian ingin menggunakannya ke smartphone, mau tidak mau harus memakai OTG sebagai adaptor. Terus juga USB receiver-nya ini terkesan punya bentuk agak besar jadi lumayan menghalangi port lain saat penulis colokkan ke desktop PC.

Lanjut ke bagian depan gamepad.

Back Body Flatlay
Back Body

Terdapat tombol L1, L2, R1, dan R2 serta port micro USB untuk charging di bagian tengahnya.

Untuk tombol L1 dan R1 sangat ringan saat penulis pencet. Lebih ringan daripada D-Pad. Dan untuk tombol L2 & R2 ini bisa penulis rasakan per atau pegas di dalam tombol karena saat penulis tekan, terasa ada feedback yang cukup mendorong jari penulis.

Delay dari Wireless si Gamepad

Fantech Revolver Wgp12 Pegang Apex Gamedaim Review

Fantech WGP12 sebagai wireless gamepad ini memakai baterai dengan kapasitas 600mAh.

Jarak yang bisa kita gunakan dari gamepad ke USB receiver itu sekitar 7 meter kurang lebih.

Sedangkan charging time agar full itu sekitar 3 jam dan bisa kita pakai hingga 10 jam kurang lebih.

Secara delay saat bermain Apex Legends, penulis tidak terlalu menotis delay yang berarti. Delay tentu saja ada, tapi tidak mengganggu jalannya permainan.

Penulis secara pribadi berharap kalau gamepad ini bisa digunakan dalam 2 mode yaitu wireless dan juga wired. Karena akan lebih menarik jika terdapat mode wired agar tidak merasakan adanya delay saat bermain.

Spesifikasi Teknis Fantech REVOLVER WGP12

  • Wireless 2.4GHz Gaming Controller
  • Buttons : 17 pcs
  • Vibration : Yes
  • Battery : 600mAh
  • Weight : 182gr

Kesimpulan Review Fantech REVOLVER WGP12

Penulis mengambil kesimpulan review Fantech REVOLVER WGP12 bahwa gamepad ini punya build quality bukan ecek-ecek dengan wireless yang tidak terasa delay-nya.

Untuk bermain game kompetitif FPS sepeti Apex Legends pun sudah penulis coba dan delaynya tidak mengganggu jalannya permainan.

Walau sayangnya untuk wireless-nya sendiri harus memakai USB receiver yang punya bentuk tidak compact alias besar, bukan mini.

Bagi yang tertarik, Fantech REVOLVER WGP12 dapat kalian beli seharga Rp259.000 melalui link pembelian berikut ini: Shopee

PROS
Build quality bagus
Grip nyaman dipegang
Delay tidak terlalu ternotis
Bobot ringan
CONS
Charging terlalu lama
Tidak bisa mode wired
Review Fantech REVOLVER WGP12: Wireless Gamepad Berkualitas
Final Result
8

Tinggalkan Balasan

Berikan Nilaimu untuk konten ini