Selain Mobile Legends, Ini 6 Game MOBA Mobile yang Patut Kamu Coba Tahun ini!

in , ,
Onmyoji Arena - MOBA Mobile
Onmyoji Arena | Zerochan

Pada dasarnya, orang-orang saat ini mengenal Mobile Legends sebagai game MOBA terpopuler. Namun faktanya, masih banyak kok game dengan genre sama yang kian populer selain game yang saya sebutkan tadi.

Walau begitu, game MOBA yang ada dalam daftar kali ini memang bisa dibilang tidak begitu populer di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Namun, tidak ada salahnya jika kalian mencoba satu dari sekian game yang akan kami rekomendasikan nanti. So, tanpa berlama-lama, mari kita simak bersama-sama.


1. Onmyoji Arena

Onmyoji Arena
Onmyoji Arena | Wallpaper Cave

Onmyoji Arena merupakan game yang diterbitkan oleh NetEase Games. Berbeda dengan game MOBA pada umumnya, Onmyoji Arena menghadirkan karakter dari Jepang atau dalam artian setiap hero yang ada akan terlihat begitu familiar jika kalian sering menonton anime.

Secara garis besar, game ini memiliki gameplay yang sama dengan MOBA lainnya. Namun, perbedaan pada karakter atau hero menjadi nilai plus tersendiri untuk Onmyoji Arena.


2. MARVEL Super War

Marvel Super War
Marvel Super War | NetEase

Siapa yang tidak kenal dengan Marvel? Game yang dirilis pada akhir tahun 2019 lalu ini sukses menarik perhatian para gamer dengan gameplay yang memukau. Sesuai namanya, MOBA yang satu ini mengambil desain karakter dari film-film Marvel seperti Iron Man, Hawkeye, Hulk, dan Captain Marvel.

Tidak hanya itu saja, Marvel Super War menghadirkan fitur-fitur yang lebih menguntungkan pemain. Mulai dari sistem pembelian yang sangat adil, serta keseimbangan pemain yang selalu terjaga. Jadi, tidak heran mengapa Marvel Super War menjadi salah satu game yang patut untuk dicoba.


3. Vain Glory

Vainglory
Vainglory | Super Evil Megacorp

Rasanya tidak afdol jika kita tak memasukkan nama Vainglory di daftar kali ini. Vainglory besutan Super Evil Megacorp ini merupakan game MOBA yang berbeda dengan Mobile Legends dari sisi kontrolnya.

Sebab, untuk mengendalikan hero yang ada kalian harus mengklik atau biasa di sebut tap-tap untuk menjalankan hero. Tentu saja, kontrol ini berbeda dengan Mobile Legends yang menggunakan analog sebagai basisnya. Walau begitu, pemain di Vainglory tetap masih bisa menggunakan analog kok. Caranya, yah tinggal di-setting saja.


4. League of Legends: Wild Rift

League Of Legends Down
League of Legends | Wallpaper Acces

Memulai masa Alpha Test beberapa waktu lalu, League of Legends: Wild Rift menjadi salah satu game MOBA yang sangat dinantikan. Bagaimana tidak, pihak developer menawarkan Champions yang bisa didapat secara gratis.

Tidak hanya itu, skin yang akan dirilis oleh Riot katanya tak akan menambah status dari setiap Champions. Tentu saja, ini akan sangat menguntungkan bagi seluruh pemain dan menciptakan keseimbangan di dalamnya.


5. Arena of Valor

Arena of Valor MOBA Mobile
Arena of Valor | Tencent

Jika membahas Mobile Legends, maka Arena of Valor wajib masuk ke daftar kali ini. Persaingan dua komunitas tersebut memang sudah mereda akhir-akhir ini. Selain itu, kedua game tersebut sudah memiliki basis fans sendiri-sendiri.

Game besutan Tencent ini memiliki grafis yang jauh di atas Mobile Legends. Tidak hanya itu, AoV sering melakukan kolaborasi dengan berbagai karakter film hingga anime. Terbaru, mereka mengumumkan kerjasama dengan Sword Art Online, salah satu animasi Jepang yang populer.


6. Heroes Evolved

Heroes Evolved
Heroes Evolved | NetDragon Websoft

Terakhir, ada nama Heroes Evolved game besutan NetDragon Websoft yang diterbitkan oleh R2 Games. Heroes Evolved termasuk game MOBA yang memiliki gameplay menarik.

Tidak hanya, grafis yang dihasilkan oleh game ini terbilang halus dan membuat mata tak terasa sakit. Keunggulan lainnya adalah animasi yang dihadirkan pada setiap hero begitu keren dan menjadi nilai plus tersendiri.


Nah, itulah beberapa game MOBA Mobile atau Android yang dapat kamu mainkan selain Mobile Legends loh. Yuk dicoba salah satu diantara daftar tadi. Kalian nggak akan nyesel kok.

Berikan Nilaimu untuk konten ini