Apa Itu AFK dan Dampak Buruk dalam Pertandingan MOBA!

in
pengertian afk asal usul dampak

AFK merupakan salah satu hal yang membuat pemain game MOBA sangat kesal. Di tengah populernya game multiplayer online, banyak orang yang sering mengucapkan istilah ini. Tapi apa kamu tahu pengertian sebenarnya dari istilah AFK?

Apa Itu AFK dan Asal-usulnya

Apa Itu Afk

AFK merupakan singkatan dari “Away from keyboard” atau artinya “jauh dari keyboard”. Istilah ini dulu sering digunakan saat chatting, bermain sosial media dan game online.

Biasanya orang yang pergi atau tiba-tiba meninggalkan percakapan disebut sedang AFK. Dalam dunia game, istilah ini sangat identik dengan game DOTA 2 dan CS. Banyaknya orang yang sudah pindah ke platform mobile membuat istilah ini makin terkenal di kalangan pemain Mobile Legends dan game lainnya.

Apakah AFK Memiliki Dampak Buruk?

Afk Dota 2

Tentu saja AFK memberi dampak buruk dalam permainan. Biasanya tim yang memiliki pemain diam akan lebih sulit untuk memenangkan pertandingan dan lebih sering menerima kekalahan. Apalagi untuk game MOBA yang semua pemainnya memiliki peran masing-masing. Pemain yang hanya berdiam diri menjadi salah satu penyebab kekalahan.

Dalam game DOTA 2 sendiri, kamu akan diberi waktu lima menit untuk terhubung ke pertandingan yang sedang berlangsung. DOTA 2 juga memiliki sistem pause untuk menghentikan pertandingan sejenak jika ada pemain yang tiba-tiba disconnect atau AFK.

Setelah waktu yang diberikan habis, pemain ini akan dihitung sebagai Abandoned dan tentu akan mendapatkan pinalti Low Priority. Hal ini berlaku untuk Normal hingga Ranked Match, belum lagi jika banyak teman setim yang melaporkan kamu, maka Low Priority akan semakin banyak.


Bagaimana dalam Mobile Legends?

Afk Mobile Legends

Untuk Mobile Legends atau game sejenisnya, istilah ini memang juga sering terdengar. Namun tulisan yang sering keluar di chat adalah “A**” karena sistem mendeteksi kata kotor atau “APK” dengan mengganti huruf “F” menjadi “P”.

Meski pun begitu, sebenarnya pemain MOBA analog tidak sepenuhnya bisa disebut AFK karena tidak menggunakan keyboard. Seharusnya, pemain MOBA analog ini menggunakan istilah AFP atau “Away From Phone“. Tapi, karena tidak terdengar familiar, banyak orang yang lebih memilih mengucapkannya dengan istilah APK.

Pemain Mobile Legends yang AFK akan dikurangi kredit skornya. Dia tidak dapat masuk ke lobby dalam kurun waktu lima menit ke depan setelah pertandingan di mana dia hanya berdiam diri. Jika kredit skor pemain kurang dari 90, maka pemain hanya bisa bermain di mode Classic saja.


Nah, itulah pengertian apa itu AFK, asal-usul dan pemain game yang sering menggunakannya. Semoga penjelasan di atas cukup membantu dan jangan lupa share ke teman-temanmu ya!