Tips Cara Mengatasi Masalah Komputer Saat Bermain Game

PC Hardware 1

Masalah-masalah ini umumnya terjadi karena komputer kalian sudah kelebihan beban program atau mungkin juga spesifikasinya yang tidak memenuhi minimum spek yang ditentukan oleh developer game.


1. RAM overload atau rusak

Mengatasi Game Lemot RAM Rusak

Penyebab pertama adalah masalah pada RAM, baik itu overload atau bahkan rusak. Seperti yang kita tahu, RAM berperan besar dalam menyimpan dan mengolah program sementara dari game sehingga game dapat berjalan lancar.

Jika kalian bermain game sambil bermulti tasking, maka hal ini berpotensi menyebabkan RAM overload dan game tersebut akan hang. Solusinya cukup bersihkan program yang sedang berjalan diluar game.

Namun jika RAM mengalami kerusakan,harus mengeceknya. Jika hanya kotor, dapat membersihkannya secara hati-hati, tapi jika sudah rusak total, disarankan untuk menggantinya.


2. Software rusak

Software

Hal ini biasa disebabkan karena adanya file-file yang corrupt dalam folder instalasi game. File-file corrupt ini juga umumnya muncul karena kesalahan proses instalasi, terutama game yang bajakan.

File yang corrupt atau rusak tidak dapat terbaca oleh sistem. Akibatnya akan ada suatu momen dalam game yang tidak dapat berlanjut dan hanya stuck disitu saja. Untuk mengatasi hal ini adalah, pastikan proses instalasi benar sesuai tutorial, selain itu untuk meminimalisir hal-hal seperti ini disarankan untuk membeli game versi original.


3. Masalah pada power supply

Power Supply

Power supply yang tidak optimal atau tidak stabil dapat berakibat pada komputer freeze saat main game. Kalian dapat mengecek masalah ini pada BIOS di menu hardware monitor.

Jika masalah sudah terdeteksi, segera lakukan tindakan dengan memberikan sirkulasi udara yang baik pada power supply karena biasanya power supply yang tidak optimal diakibatkan suhunya yang overheat. Selain itu pembersihan rutin pada power supply juga penting dilakukan agar komponen dapat bekerja secara optimal sepanjang waktu.


4. Motherboard atau memori bermasalah

Mother Board

Motherboard atau memori yang rusak dapat berakibat fatal pada komputer mengingat benda ini merupakan komponen vital dari suatu PC.

Jika pada saat bermain game tiba – tiba kalian akan dikejutkan oleh screen of death/blue screen, maka besar kemungkinan motherboard kalian sedang bermasalah.

Solusinya, coba untuk merestart paksa komputer kalian, kemudian cek apakah ada data – data yang rusak menggunakan software bawaan. Jika ada segera hapus data tersebut, dan mendownload yang baru dari internet. Namun jika semuanya tampak normal, kami sarankan untuk mentinjau kembali Mobo kalian karena tidak menutup kemungkinan bahwa kejadian tersebut akan terulang lagi.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan