4 Cara Mudah Mengatasi Lemot/Lag Saat Bermain Game di PC

Cara Mengatasi Lambat Bermain Game Di PC 1

Bermain adalah sebuah kebutuhan hiburan setiap orang. Selain untuk hobi bermain game juga bisa dijadikan sebagai obat stres. Kenyamanan dan kesenangan adalah kunci paling utama saat bermain game. Dalam dunia game, ada yang disebut dengan FPS (Frame Per Second). FPS adalah pendukung kenyamanan saat bermain game, artinya semakin tinggi FPS yang didapat maka semakin lancar pula saat game dimainkan.

Kebutuhan rata-rata FPS masuk kedalam zona nyaman adalah 30 hingga 60 FPS. Nah untuk mendapatkan FPS tinggi, tentu kebutuhan hardware juga harus tinggi. Jika laptop gaming yang kamu gunakan tergolong spek rendah, bagaimana solusinya? Jangan khawatir, kali ini Gamedaim akan membagikan cara meningkatkan FPS gaming, meski Laptop atau PC kamu jadul.

Cara Menambah FPS (Frame Per Second) Ketika Main Game di PC/Laptop

1. Tweaking Windows

Cara Menambah FPS Di Game 1 1

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menambah FPS game PC adalah dengan men-update VGA. Hal tersebut sangat penting, karena VGA adalah salah satu komponen yang berpengaruh saat kamu bermain game. Pastikan laptop atau PC kamu sudah terinstall VGA terbaru. Untuk mengetahui VGA laptop, kamu bisa cek melalui Device Manager kemudian Display Adapters.

Ada dua perusahaan yang bergelut di bidang VGA Gaming yaitu Nvidia dan AMD. Bagi kamu yang ingin update VGA, langsung saja melalui website resmi nya. Untuk Nvidia melalui Nvidia Drivers Update, sedangkan untuk AMD melalui AMD Drivers Update. Nah jika masih menggunakan Intel Onboard, Dafunda Game menyarankan kamu untuk membeli laptop/PC baru. Karena sekarang sudah banyak gaming tidak support VGA Onboard.


2. Tweaking Windows

Cara Menambah FPS Di Game 2 1

Kedua cara untuk menambah FPS game PC adalah Tweaking Windows. Tweaking windows adalah salah satu cara ampuh untuk mengurangi hambatan saat bermain game. Selain pendukung saat bermain game, ternyata tweaking juga bisa mengurangi lemot pada laptop/PC. Jika kamu tidak tahu bagaimana cara tweaking Windows Dafunda Game akan memberikan cara berikut ini.

Cara Tweaking Windows (Menghilangkan Efek Animasi di Windows)

  • Langkah awal, buka System Properties, kemudian menuju ke tab Advance lalu pilih Performance.
  • Kemudian menuju ke Tab Visual Effect dan centang Adjust for Best Performance. Lalu klik Apply.

Tentukan Jumlah Core di Prosesor

  • Tekan tombol kombinasi Win+R kemudian ketikkan msconfig, jika sudah akan muncul System Configuration.
  • Sekarang tab ke Boot lalu pilih Advanced Options.
  • Di Number of Processors coba berikan centang lalu pilih sesuai dengan jumlah total core Prosesor laptop kamu. Jika memiliki 4 core, maka pilih 4. kemudian klik Apply dan lakukan Restart laptop/PC kamu.

3. Memakai D3DOverrider

Cara Menambah FPS Di Game 3 1

D3DOverrider adalah salah satu sofware yang ampuh masalah penambahan FPS. software tersebut sudah menggunakan sistem Triple Buffering. Apa itu Triple Buffering? disaat kita bermain game, tentu akan melakukan yang namanya rendering dan akan membutuhkan buffer. Nah buffer ini akan berfungsi untuk menampung segala data sementara di VRAM sebelum ditampilkan ke layar monitor.

Dengan tersedia buffer tersebut, otomatis kinerja PC/laptop akan meningkat disaat sedang bermain game. Maka Triple Buffering disini sangat dibutuhkan jika tiba-tiba game lag saat game dimainkan. Disamping itu Triple Buffering juga membantu dalam menambah FPS . Untuk melakukannya, Dafunda Game menyarankan untuk menggunakan D3DOverrider. Ikuti langkah berikut ini.

  • Pertama buka aplikasi D3DOverrider, kemudian pilih gambar berbentuk plus seperti gambar dibawah ini.
  • Sekarang pilih game yang ingin dinaikkan FPS nya (misalkan pada game PES 2016). Kemudian klik Open.
  • Terakhir, setting sama halnya seperti gambar dibawah ini.

4. Overclock Hardware

Overclock adalah salah satu tindakan untuk meningkatkan komponen di clock rate. Atau menjalankan komponen untuk kecepatan lebih tinggi dari dasarnya. Overcloking biasa dilakukan pada CPU dan GPU. Jadi prosesor dengan kecepatan awal sebesar 2.5 Ghz bisa ditingkatkan menjadi 3.0 Ghz.

Overclocking biasa dilakukan pada BIOS atau dengan menggunakan software tambahan. Salah satu software tambahan Overclocking adalah Rivatuner, SetFSB dan MSI Afterburner. Namun resiko dari proses ini adalah membuat komponen yang di overclocking mudah panas dan cepat rusak. Namun tidak sedikit orang yang rela melakukan overclocking untuk mendapatkan FPS yang nyaman.


Itulah beberapa cara untuk menambah FPS (Frame Per Second) saat bermain game. Selain menggunakan cara diatas, kemampuan hardware juga patut dimiliki karena sangat berpengaruh dalam kinerja saat bermain game. Jika kamu punya cara lain untuk meningkatkan FPS saat bermain game, jangan lupa bagikan di kolom komentar dibawah ini.

4/5 (1 Review)

Ayo mulai Berdiskusi, Tinggalkan Balasan