10 Game Esports dengan Total Prize Pool Terbanyak di Tahun 2019!

in , , , , , , , , ,
Game Esports Dengan Total Hadiah Terbanyak Di Tahun 2019

Tidak bisa dipungkiri bahwa platform PC saat ini masih unggul dalam jumlah hadiah untuk turnamen Esports. Terbukti, hanya Arena of Valor yang mampu masuk sebagai salah satu game Esports dengan jumlah hadiah terbanyak.

Disisi lain, ada beberapa game yang memang sudah dikenal dari sisi Esports mereka. Untuk itu, kami coba merangkum beberapa game Esports dengan total hadiah terbanyak sepanjang tahun 2019. Lantas, game apa saja itu?


10. Rainbow Six Siege ($4.10M)

Rainbow Six Siege
Credit: Ubisoft

Game besutan Ubisoft ini menempati posisi kesepuluh dengan total prize pool senilai $4.10M. Salah satu turnamen besar yang dihelat oleh Ubisoft adalah Six Invitational di Montreal berhadiah total $2M.


9. Arena of Valor ($5.08M)

Arena Of Valor
Credit: Tencent

Sebagai satu-satunya game Mobile yang masuk kedalam daftar ini, Arena of Valor patut di acungi jempol. Pasalnya, mereka mencatatkan total prize pool yang lumayan besar, yakni $5.08M. Sebuah angka yang fantastis untuk turnamen Mobile.


8. Call of Duty ($6.51M)

Call Of Duty
Credit: Activision

Pada dasarnya, total hadiah dari game ini didapat dari dua seri milik CoD, yakni Call of Duty: Black Ops 4 dan Call of Duty: Modern Warfare. Dua turnamen yang berhasil mereka helat diantaranya adalah CWL Championship dengan total hadiah $2M dan CWL Pro League Finals sebanyak $1.2M.


7. Magic: The Gathering ($8.89M)

Magic
Credit: Wizard of the Coast

Di tempat ketujuh, ada nama Magic: The Gathering besutan Wizard of the Coast. Sejatinya, struktur kompetisi dari game ini cukup unik. Pasalnya, mereka memisahkan uang hadiah untuk beberapa hal tertentu.

Walau demikian, jika ditotal mereka setidaknya berhasil memberikan prize pool senilai $8.89M.


6. League of Legends ($9.02M)

League Of Legends
Credit: Riot Games

Di posisi keenam ada League of Legends besutan Riot Games. Game saingan Dota 2 ini masih kalah dalam jumlah hadiah. Walau demikian, mereka mampu meraih penonton terbanyak di tahun 2019 lalu.

Total prize pool yang disediakan oleh League of Legends sepanjang tahun 2019 mencapai $9.02M. Hadiah terbesar dimiliki oleh turnamen Worlds 2019 dengan total prize pool sebanyak $2.2M.


5. Overwatch ($9.11M)

Overwatch
Credit: Activision Blizzard

Di posisi kelima, ada game Overwatch yang berhasil menggelontorkan dana untuk hadiah senilai Rp126.2 milliar (kurs Rp14.000). Angka ini terbilang cukup fantastis. Selain itu, cukup banyak turnamen Overwatch yang digelar pada tahun 2019 lalu.


4. Playerunknown’s Battlegrounds ($12.71M)

PUBG
Credit: PUBG Corp

Walau jumlah pemain dari PUBG kian menurun, Esports mereka mampu masuk sebagai salah satu game dengan total hadiah terbanyak tahun lalu. Misalnya saja dari turnamen PUBG Global Championship 2019 yang berhadiahkan $5.9M.


3. Counter Strike: Global Offensive ($21.1M)

CSGO
Credit: Valve Corporation

Masuknya CS:GO sebagai salah satu game Esports dengan total hadiah terbanyak merupakan hal wajar. Pasalnya, cukup banyak turnamen yang dihelat oleh Valve Corporation pada tahun lalu. Setidaknya, mereka berhasil mencatatkan hadiah sebanyak $21.1M atau sekitar $292.5 miliar.


2. Dota 2 ($46.7M)

Dota2 1
Valve Coproration

Di posisi kedua ada nama Dota 2 besutan Valve Corporation. Setidaknya, ditahun 2019 lalu mereka berhasil menyiapkan hadiah sebanyak $46.7M atau sekitar Rp649.4 miliar.

Sebanyak $34.2M di dapat dari turnamen The International 2019 yang berhasil memecahkan rekor sebagai turnamen Esports dengan total hadiah terbanyak sepanjang masa.


1. Fortnite ($64.42M)

Fortnite 1
Credit: Epic Games

Tidak ada yang menyangka bahwa Fortnite bisa menjadi salah satu game yang mengalahkan Dota 2 dalam hal hadiah. Pasalnya, beberapa tahun lalu, kategori ini selalu dikuasai oleh game MOBA tersebut.

Akan tetapi, di tahun 2019 Dota 2 harus mengakui keunggulan dari Fortnite. Pasalnya, mereka berhasil menggelontorkan dana setidaknya $64.42M atau sekitar Rp893.2 miliar sebagai hadiah turnamen.

Penyumbang terbesar dari game ini datang dari turnamen Fortnite World Cup yang memiliki prize pool sebanyak $30M.


Itulah beberapa game Esports dengan total hadiah terbanyak di tahun 2019. Jika melihat daftar diatas, ada beberapa perubahan yang cukup signifikan.

Source: Esports Observer