eSportsG List

5 Negara Yang Dukung Kemajuan Esports!

Tidak bisa dipungkiri bahwa Esports saat ini mengalami kemajuan yang signifikan di beberapa negara yang ada. Bahkan, industri Esports membuat pola pikir masyarakat mulai berubah terhadap olahraga elektronik ini.

Berbicara mengenai Esports, apakah kamu tahu bahwa ada beberapa negara yang telah mendukung masyarakatnya untuk terus berkarir di dunia Esports. Negara mana saja itu? Simak ulasannya berikut ini.


1. Jerman

Flag 3504961 1280
Image by analogicus from Pixabay

Jerman merupakan negara Eropa yang telah menerapkan sebuah aturan baru untuk atlet Esports. Pasalnya, beberapa waktu lalu pemerintah Jerman telah memberlakukan Visa khusus untuk atlet Esports yang berlaga di Jerman.

Selain itu, dibentuknya The Esports Bund Deutshland (ESBD) atau badan Esports Jerman menandakan bahwa pemerintah disana telah melirik Esports sebagai suatu hal yang patut untuk dimajukan.


2. Republik Rakyat Tiongkok

China 19247 1280
Image by PublicDomainPictures from Pixabay

Mari sepakat bahwa Tiongkok adalah negara yang begitu peduli dengan ekosistem Esports mereka. Pasalnya, ditahun 2018 lalu pemerintah Tiongkok telah membuka sebuah fasilitas Esports di Hangzhou.

Selain itu, banyaknya liga Esports di negara tersebut membuktikan bahwa ekosistem olahraga elektronik ini mampu menyedot animo yang luar biasa.


3. Amerika Serikat

Sparkler 839806 1280
Image by Free-Photos from Pixabay

Untuk memberikan kesempatan yang lebih besar terhadap seseorang yang ingin berkarir di Esports, pemerintah Amerika Serikat telah menyiapkan beasiswa khusus untuk atlet Esports.

Hal ini dilakukan guna membuat Esports kian tumbuh di Amerika Serikat. Tidak sampai disitu saja, banyaknya organisasi Esports di Amerika Serikat membuat negara ini memang cukup maju dalam hal olahraga elektronik.


4. Korea Selatan

Julia roberts 2639315 1280
Image by Big_Heart from Pixabay

Di tahun 2018 lalu, Korea Selatan membentuk Korea e-Sports Association (KeSPA) yang mengatur segala hal terkait Esports. Bahkan, Korea Selatan juga meluncurkan liga mereka sendiri untuk game-game seperti League of Legends.

Tidak hanya itu, kehadiran KeSPA sangat mempengaruhi industri Esports yang ada di negara Gingseng tersebut.


5. Indonesia

Flag 857988 1280
Image by Mufid Majnun from Pixabay

Di negara kita sendiri, Esports memang begitu berkembang untuk platform Mobile. Terbukti, banyaknya turnamen yang berbasis Smartphone ini telah mendominasi ranah industri Esports tanah air.

Tidak hanya itu, kehadiran IeSPA dan Federasi Esports Indonesia membuat orang-orang di dunia Esports bisa memberikan sebuah saran atau apapun itu untuk kemajuan industri ini.


Menurut kamu, apakah ada negara lain yang akan memberikan dukungan terhadap Esports? Komen dibawah yuk.

Related Posts

Leave Comment
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications