4 Alasan Mengapa Mobile Esports Kian Berkembang di Indonesia!

in ,
Esports Mobile
Credit: THe Esports Observer

Beberapa tahun ini, Esports di Indonesia mengalami perkembangan yang begitu signifikan. Contohnya adalah Mobile Esports yang membuat industri olahraga elektronik di Indonesia begitu populer.

Namun, tahukah kamu mengapa Mobile Esports lebih mudah berkembang ketimbang platform lainnya seperti PC ataupun konsol. Untuk mengetahuinya, mari simak artikel berikut sampai habis.


1. Fleksibilitas Dari Perangkat Mobile

Iphone 410311 1280
Image by Jan Vašek from Pixabay

Pada dasarnya, Mobile merupakan perangkat yang sangat fleksibilitas. Artinya, perangkat ini bisa dibawa kemana-mana. Hal inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk memainkan game di perangkat Mobile.


2. Banyaknya Turnamen untuk Platform Mobile

MPL Season 5 Week 2
Credit: EVOS Instagram

Sejatinya, untuk membuat industri Esports berkembang, maka diperlukan turnamen yang rutin digelar setiap bulan atau tahunnya. Sebut saja PUBG Mobile dimana banyak sekali turnamen yang hadir tiap bulannya di Indonesia.

Belum lagi game-game MOBA seperti Mobile Legends yang memiliki basis fans terbesar di Asia Tenggara.


3. Semuanya Bisa Jadi Pro Player

Team Secret
Credit: Esports.net

Setiap masyarakat di Indonesia pasti memiliki smartphone di tangannya. Jika mereka telah memiliki Smartphone, maka mereka bisa menjadi seorang pro player dengan berlatih tentunya.

Dan lagi, organisasi Esports di Indonesia lebih memfokuskan diri terhadap game-game Mobile untuk dijadikan target pembukaan divisi baru.


4. Platform Mobile Esports Tidak Memiliki Saingan

Performance 3110696 1280
Image by dife88 from Pixabay

Jika kalian sadari, Mobile Esports tidak memiliki saingan yang begitu berat beberapa tahun ini. Pasalnya, game-game yang berbasis PC ataupun Konsol memang jarang mendapatkan turnamen di Indonesia.

Paling hanya ada beberapa game PC yang rutin menggelar turnamen di Indonesia, misalnya saja Dota 2 ataupun PUBG.


Pada dasarnya, ini hanyalah opini yang dibuat berdasarkan pantauan beberapa tahun terakhir ini. Dan memang benar saja, Mobile Esports di Indonesia perkembangannya luar biasa.

Menurut kamu apa yang membuat Mobile Esports kian berkembang di Indonesia? Komen dibawah yuk.