Inilah 5 Game Terkenal Yang Ternyata Masih Berada Dalam Satu Universe, Penasaran?

in
Inilah 5 Game Terkenal Yang Ternyata Masih Berada Dalam Satu Universe, Penasaran Gamedaim

Apakah kalian pernah mendengar istilah Shared Universe? Buat kalian yang belum tahu, Shared Universe merupakan istilah ketika 2 franchise berbeda memiliki koneksi yang menunjukkan bahwa franchise tersebut terjadi di dalam universe yang sama. Di era sekarang, sudah banyak sekali shared universe bermunculan, contohnya seperti MCU maupun DCEU.

Meskipun pada umumnya terjadi di perfilm-an, ternyata shared universe juga merupakan hal yang tidak umum dalam sebuah game. Ada beberapa game terkenal yang berada di dalam satu universe yang sama. Penasaran dengan game-game ini? Inilah 5 Game Terkenal Yang Ternyata Masih Berada Dalam Satu Universe, Penasaran? Cek di bawah ini.

Inilah 5 Game Terkenal Yang Ternyata Masih Berada Dalam Satu Universe, Penasaran?


1. Grand Theft Auto V & Manhunt

Inilah 5 Game Terkenal Yang Ternyata Masih Berada Dalam Satu Universe Penasaran Gamedaim

Game Terkenal Yang Berada Dalam Satu Universe Sama Yang Pertama Adalah Grand Theft Auto V & Manhunt. Bagi kalian para penikmat game-game besutan developer Rockstar Games sudah tidak asing lagi dengan game-game ini. Dalam GTA V, Michael De Santa menceritakan bahwa perampokan pertama yang pernah ia lakukan bertempat di Carcer City, sebuah kota yang tidak bisa kamu temukan dalam game GTA V.

Apakah kalian tahu? Ternyata Carcer City merupakan kota yang menjadi setting bagi game Rockstar lainnya yaitu Manhunt. Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan topeng ikonik dari game Manhunt dalam game GTA V. Tidak heran sih jika kedua game ini berada dalam satu universe sama, karena developernya sama yaitu Rockstar Games.


JANGAN LEWATKAN
CD Projekt Red Konfirmasi Kehadiran Mode Multiplayer dan DLC Gratis untuk Cyberpunk 2077!

2. Red Dead Redemption & L.A Noire

Inilah 5 Game Terkenal Yang Ternyata Masih Berada Dalam Satu Universe, Penasaran RDR La Noire

Game Terkenal Yang Berada Dalam Satu Universe Sama Yang Kedua Adalah Red Dead Redemption & L.A Noire. Lagi-lagi game terkenal kedua yang masih berada dalam satu universe adalah game besutan developer Rockstar Games. L.A Noire ber-setting di Amerika pada tahun 1940-an yang menceritakan tentang perjalanan karir Cole Phelps, seorang detektif yang berupaya untuk memecahkan kasus-kasus kejahatan.

Sedangkan, Red Dead Redemption ber-setting pada tahun 1911 di Amerika. Kamu akan bermain sebagai John Marston, seorang koboi tangguh yang berpetualang memburu penjahat. Menariknya adalah ternyata ada koneksi di antara kedua game tersebut. 

Ada sebuah kasus pembunuhan dalam L.A Noire bernama “The Silk Stocking Murder”, Cole Phelps dapat menemukan topi khas milik John Marston, karakter utama di Read Dead Redemption, di sebuah tempat sampah. Lagi-lagi karena kedua game ini dibuat oleh developer yang sama, wajar saja masih berada dalam satu universe seperti sebelumnya.


JANGAN LEWATKAN
Congrats! Penjualan GTA V Tembus 110 Juta Kopi

3. Assassin’s Creed Black Flag & Watch Dogs

Inilah 5 Game Terkenal Yang Ternyata Masih Berada Dalam Satu Universe Penasaran Assasins Creed Watch Dogs

Game Terkenal Yang Berada Dalam Satu Universe Sama Yang Ketiga Adalah Assasin’s Black Flag & Watch Dogs. Black Flag sendiri bercerita tentang seorang karyawan abstergo yang menggunakan animus untuk merekonstruksi memori milik Edward Kenway, assassin legendaris yang juga seorang bajak laut. Sedangkan Watch Dogs bercerita tentang Aiden Pearce, seorang hacker mematikan yang mencoba membalaskan dendam kematian keponakannya. 

Nah, pada awal game Assassin’s Creed Black Flag, kalian akan diperkenalkan dengan Olivier Garneau, CEO dari Abstergo Entertainment, tempatmu bekerja. Ia kemudian pamit ke Chicago untuk melakukan perjalanan bisnis. Lalu, dalam game Watch Dogs, Aiden Pearce memiliki misi berjudul “Requiescat in Pace” yang berarti “Rest in Peace”. Menariknya, Aiden Pearce harus membunuh Olivier Garneau. Wajar saja karena kedua game ini besutan developer Ubisoft.


JANGAN LEWATKAN
Benarkah Red Dead Redemption 2 Akan Rilis di PC Tahun Depan?

4. The Witcher 3 & Cyberpunk 2077

Inilah 5 Game Terkenal Yang Ternyata Masih Berada Dalam Satu Universe, Penasaran The Witcher 3 Cyberpunk 2077

Game Terkenal Yang Berada Dalam Satu Universe Sama Yang Keempat Adalah The Witcher 3 & Cyberpunk 2077. Bagi kalian para penikmat game-game besutan developer CD Projekt pasti sudah tidak asing lagi dengan kedua game ini. Oh iya, Cyberpunk 2077 sendiri akan dirilis dalam waktu dekat ini dan akan menjadi salah satu game paling ambisius di era ini.

The Witcher sendiri bercerita tentang pertualangan tokoh utama yang bernama Geralt of Rivia. Seorang Witcher yang memiliki kemampuan khusus dalam memburu monster dan roh jahat. Meskipun memiliki developer sama, ternyata plot dari kedua game ini sangatlah berbeda jauh.

Cyberpunk 2077 memiliki setting futuristik bertema Cyberpunk. Tapi ternyata kedua game ini masih berada dalam satu universe sama lho. Geralt yang sudah terpisah lama dengan Ciri, muridnya, akhirnya bertemu kembali dan menanyakan kemana saja Ciri pergi ketika ia diburu oleh Wild Hunt.

Ciri mengaku pergi ke dunia lain melalui portal. Dunia tersebut tampak asing karena semua orang menggunakan besi di kepalanya, berperang dari kejauhan (senjata api), dan banyak kapal (mobil) terbang. Dalam perjalanan ini, banyak membuat para fans bingung pada awalnya. Namun, setelah CD Projekt mengumumkan Cyberpunk 2077, akhirnya para fans mengerti dengan ucapan Ciri tersebut.


JANGAN LEWATKAN
Rumor: Red Dead Redemption Remake Sedang Dikerjakan!

5. Mass Effect 2 & Dragon Age 2

Inilah 5 Game Terkenal Yang Ternyata Masih Berada Dalam Satu Universe, Penasaran Mass Effect 2

Game Terkenal Yang Berada Dalam Satu Universe Sama Yang Kelima Adalah Mass Effect 2 & Dragon Age 2. Mass Effect sendiri adalah game yang bertema luar angkasa. Sementara Dragon 2 adalah game yang bergenre RPG yang bersetting pada abad pertengahan. Bisa dikatakan kedua game ini adalah seri terbaik yang dirilis oleh developer EA.

Meskipun plot ataupun setting dari kedua game ini berbeda jauh, ternyata dua game ini masih satu universe lho. Dalam DLC Mass Effect 2, terdapat patung ogre yang hanya ada di game Dragon Age. Sedangkan, dalam game Dragon Age, kamu bisa menemukan kepala Krogan, spesies alien yang bisa kamu temukan dalam game Mass Effect series.


Nah, Itulah 5 Game Terkenal Yang Ternyata Masih Berada Dalam Satu Universe. Ya, shared universe tidak hanya hadir di dunia perfilm-an saja saat ini. Dalam franchise game pun mulai dihadirkan shared universe, meskipun banyak juga yang plot ataupun setting tempatnya yang tidak nyambung. Bagaimana menurut anda? Beri tanggapan di bawah ya.

Ayo mulai Berdiskusi, Tinggalkan Balasan