Setengah Tim Developer Death Stranding Ternyata Adalah Mantan Karyawan Konami!

in
Setengah Tim Developer Death Stranding Ternyata Adalah Mantan Karyawan Konami! Gamedaim

Tepat beberapa hari lalu, game besutan kreator Hideo Kojima yaitu Death Stranding resmi dirilis secara eksklusif di PlayStation 4.

Ini adalah game pertamanya setelah resmi hengkang dari Konami beberapa tahun silam. Padahal Hideo Kojima sendiri diketahui telah mengabdi untuk Konami lebih dari satu dekade lamanya. Dirinya sempat menjabat sebagai wakil presiden Konami.

Bahkan game-game besutan dirinya seperti Metal Gears sampai P.T Silent Hill cukup sukses di pasaran. Bagi kalian yang memainkan game-game besutan kreator ambisius ini pasti sudah tidak asing lagi bahwa banyak sekali credit dalam gamenya yang menyebut bahwa “By Hideo Kojima” di hampir semua aspek yang ada. 

Credit Hideo Kojima dalam Industri Game

Setengah Tim Developer Death Stranding Ternyata Adalah Mantan Karyawan Konami

Padahal di industri game hal ini sangatlah jarang. Namun credit seperti ini hampir tak terhindarkan di film-film oleh sutradara terkenal. Hal ini justru membuktikan loyalitas mereka yang sempat bekerja di bawah Hideo Kojima. Bahwa mereka siap untuk mengikuti sosok yang satu ini, kemanapun ia pergi.

Buktinya ada banyak sekali credit yang sangat menarik muncul di Death Stranding. Dimana diketahui bahwa bukan hanya Guerrilla saja yang aktif membantu untuk mengembangkan game ini. Namun Insomniac Games dan Sony Bend Studios juga mendapat ucapan terima kasih dari Hideo Kojima.

Setengah Mantan Karyawan Konami ikut Mengembangkan Game ini!

Setengah Tim Developer Death Stranding Ternyata Adalah Mantan Karyawan Konami

Namun yang paling menarik perhatian adalah ternyata Mantan Karyawan Konami juga ikut mengerjakan gamenya. Berdasarkan analisis dari Chronicle, lebih dari setengah tim dev. Death Stranding ternyata merupakan mantan karyawan Konami.

Dari 120 nama anggota tim yang disebut, 67 di antaranya sempat bekerja di Konami dan memutuskan untuk ikut keluar untuk kembali berdiri di bawah pimpinan Hideo Kojima. Bahkan dari 67 karyawan ini ada 62 di antaranya sempat mengerjakan Metal Gear Solid V: The Phantom Pain.

Presiden Kojima Productions juga yaitu Shinji Hirano merupakan mantan Executive dan Division President di Konami. Hampir semua pekerjaan yang berhubungan dengan Design dan Art juga datang dari talenta-talenta yang sempat menangani Metal Gear di masa lalu.

Kira-kira apa yang diperbuat oleh Kojima untuk membuat karyawannya tidak ragu untuk mengikuti dirinya? Beri tanggapan di bawah ya.