BeritaBocoran

NetEase Akuisisi Quantic Dream (Dev. Detroit: Become Human)

Update 31 Agustus 2022: NetEase mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk membeli Quantic Dream, pengembang dari Detroit: Become Human, Beyond: Two Souls, dan Heavy Rain.

Sebagai studio pertama perusahaan Cina di Eropa, Quantic Dream akan terus beroperasi secara independen, dengan fokus pada pembuatan dan penerbitan game untuk semua platform, serta mendukung dan menerbitkan judul yang dikembangkan oleh pihak ketiga, sementara juga memanfaatkan kemampuan pengembangan game NetEase.


Laporan terbaru telah mengungkapkan bahwa NetEase akan akuisisi 100% saham Quantic Dream, pengembang dari Detroit: Become Human.

Informasi ini pertama kali muncul melalui Tom Henderson (via eXputer). Jika kalian tertarik dengan kondisi terkini industri video game, kalian bisa melihat artikel kami lainnya di Gamedaim News.

NetEase Akuisisi Quantic Dream?

Tom Henderson melaporkan bahwa NetEase, perusahaan teknologi internet China, akan membeli 100% saham milik Quantic Dream. Pengumumannya kemungkinan besar akan datang pada musim panas 2022.

NetEase sebelumnya telah membeli saham minoritas Quantic Dream pada tahun 2019 untuk “mendukung visi [Quantic Dream] menjadi perusahaan hiburan multi-franchise global, mengembangkan teknologi beserta game canggih untuk masa depan”.

Menurut Henderson, Kesepakatan itu sudah dalam pembicaraan selama berbulan-bulan, tetapi masih tidak jelas apakah kesepakatannya sudah selesai atau belum.

Henderson mencatat bahwa Quantic Dream telah mencari perusahaan yang mau membeli mereka sepenuhnya semenjak kesepakatan tiga game Sony Interactive Entertainment berakhir setelah perilisan Detroit: Become Human pada tahun 2018.

Quantic Dream telah mendekati beberapa perusahaan selama bertahun-tahun, di mana mereka mengajukan “Project Karma”, sebuah game eksplorasi ruang angkasa sebagai judul mereka berikutnya. Project Karma akhirnya akan menjadi Star Wars Eclipse, game yang diumumkan Quantic Dream pada bulan Desember 2021.

Riwayat NetEase dan Quantic Dream

Netease akuisisi quantic dream
Image Credit: Pandaily

Quantic Dream memiliki banyak kontroversi dalam beberapa tahun terakhir. Ini menyusul tuduhan masalah tempat kerja, termasuk pelecehan seksual, krisis kerja, dan budaya kerja yang buruk. Meskipun begitu pengumuman Star Wars Eclipse tampaknya telah menjadi harapan baru bagi Quantic Dream untuk melanjutkan keinginan mereka agar dibeli oleh perusahaan lain.

NetEase sendiri tidak asing dengan membeli studio. Baru-baru ini, mereka telah membeli Grasshopper Manufacture (Killer7, No More Heroes, Lollipop Chainsaw).

Henderson juga mengatakan bahwa kesepakatan NetEase dan Quantic Dream ini tampaknya akan mirip seperti Grasshopper Manufacture. NetEase nantinya akan mendukung sumber daya yang dibutuhkan Quantic Dream untuk “menghidupkan Star Wars Eclipse“.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment