BeritaPCResmiXbox

Karakter Utama Starfield Tidak Memiliki Suara, Fans Malah Setuju?

Selama beberapa hari ini nama Bethesda tengah menjadi topik perbincangan hangat diantara para gamer. Topik tersebut tentunya datang dari game AAA terbaru miliknya yaitu Starfield. Suskes besar mendapatkan sambutan positif dari para gamer, Bethesda konfirmasi bahwa karakter utama Starfield tidak akan memiliki suara. Jadi, apa alasannya? Yuk ikuti terus berita game terbaru berikut.

Starfield adalah game RPG bertema Space Opera yang menawarkan dunia Open-World luas hingga lebih dari 1.000 planet yang bisa dieksplorasi. Game ini dikembangkan melalui teknologi Creation Engine 2 dan dijanjikan akan jadi proyek paling ambisius Bethesda setelah Skyrim dan Fallout 4. Di samping fitur kustomisasi karakter, opsi pemilihan dialog, dan segudang side quest keren, game ini rupanya masih belum lepas dari silent protagonist.

Tidak Seperti Fallout 4, Karakter Starfield Akan Jadi Silent Protagonist

Pada informasi yang kami peroleh lewat akun twitter resmi miliknya, Bethesda selaku pengembang game ini kembali memastikan bahwa karakter utama Starfield tidak akan memiliki suara, layaknya game mereka sebelumnya Skyrim. Meskipun demikian, ia tetap bisa berbicara dengan NPC melalui pemilihan dialog dalam bentuk Text saja. Padahal, kita tahu jika implementasi suara para karakter utama sempat hadir lewat game Fallout 4.

Banyak fans rupanya setuju dengan keputusan Bethesda dalam menghilangkan implementasi suara protagonis. Ini terjadi kerena fitur suara dialog memang tidak terlalu diperlukan terutama pada game RPG. Tak sedikit pula yang berpendapat bahwa suara karakter utama dapat merusak immersifitas dari pembentukan karakter. Di sisi lain, ada juga yang merasa kecewa dengan keputusan Bethesda tersebut.

Fans Setuju Dengan Hilangnya Implementasi Suara Untuk Karakter Utama?

Game seperti Star Wars: KOTOR, Skyrim, Oblivion dan Dragon Age: Origins juga memiliki silent protagonist. Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi kualitas Gameplay dan cerita yang diberikan. Contohnya saja seperti Half Life yang terkenal dengan karakternya Gordon Freeman. Meskipun tidak berbicara, Half Life tetap bisa menyajikan cerita spektakuler dari Atmosphere, Enivorement Design, dan Scripted Sequence di setiap level.

Sekedar mengingatkan saja bahwa, Starfield masih belum menunjukkan tanggal perilisan. Namun, sudah dipastikan bahwa game ini akan meluncur pada pertengahan tahun 2023 mendatang melalui PC dan Xbox Series. Mereka berjanji akan membawa Starfield ke Xbox Game Pass di hari pertama rilis. Kira-kira bagaimanakah menurut kalian, apakah suara dari karakter utama cukup penting pada game RPG?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment