Berita

6 Tahun Diumumkan, Final Fantasy 11 Mobile Reboot Resmi Dibatalkan!

Final Fantasy XIV mungkin adalah MMORPG Square Enix dengan popularitas terbesar. Namun apakah kamu tahu? Sebelum Final Fantasy XIV tercipta, Square Enix sebelumnya telah pernah menghadirkan genre MMORPG ke Final Fantasy pada tahun 2022 silam. Bisa dikatakan bahwa ini adalah seri Final Fantasy pertama yang usung genre MMORPG.

Seperti yang kita ketahui, Final Fantasy XIV sampai sekarang masih sangat populer di berbagai kalangan. Terlepas dari itu semua, tentu Final Fantasy XI selaku MMORPG pertama dalam franchise ini juga masih miliki komunitasnya sendiri. Terlebih lagi pada tahun 2016 silam game satu ini kabarnya akan dapatkan game terbaru untuk platform Mobile.

Final Fantasy 11 Mobile dibatalkan

6 tahun diumumkan final fantasy 11 mobile reboot resmi dibatalkan
Final fantasy 11 mobile | indogamers

Namun sayangnya, kini telah dikabarkan bahwa proyek tersebut telah dibatalkan oleh Square Enix. Kabar ini sendiri berawal dari laporan pada bulan Desember tahun lalu, yang mengatakan bahwa proses pengembangan dari Final Fantasy XI Mobile telah resmi dibatalkan oleh Square Enix.

Tapi sebelumnya pihak Square Enix maupun Nexon masih enggan untuk mengkonfirmasi kabar tersebut. Kini, kedua perusahaan tersebut telah mengambil keputusan bersama dan akan membatalkan proyek teranyar mereka tersebut. Padahal Final Fantasy XI Mobile ini telah diumumkan 5 tahun silam.

Tidak memenuhi ekspektasi

6 tahun diumumkan final fantasy 11 mobile reboot resmi dibatalkan 1 1
Final fantasy 11 mobile | gamingphone

Menurut laporan dari Gamebiz.jp yang diterjemahkan oleh Gematsu, alasan Square Enix membatalkan Final Fantasy 11 Mobile ini sendiri adalah karena game tersebut tidak memenuhi standar ekspektasi para fans selama ini. Meskipun telah resmi dibatalkan, tim dibalik pengembang akan tetap bekerja, namun di proyek lainnya.

Kini, tim dibalik pengembangan tersebut telah dipindahkan ke proyek lainnya, yang mana belum diketahui apa yang tengah mereka kerjakan tersebut. Bagi kamu yang belum tahu, game satu ini diumumkan pertama kali tahun 2015 silam, dan rencananya akan rilis pada tahun selanjutnya.

Bagaimana tanggapan mu mengenai hal ini? Berikan tanggapan mu ya.

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications