Berita

Capcom Dituntut Fotografer Karena Mencuri Karyanya untuk Resident Evil 4

Setelah sebelumnya Capcom mendapat tuduhan oleh seorang pembuat film telah melakukan plagiarisme terhadap konsep monster di Resident Evil Village. Lagi-lagi sebuah tuduhan baru menghampiri Capcom, kali ini berhubungan dengan game seri Resident Evil versi lama, yaitu Resident Evil 4.

Seorang fotografer menuduh Capcom telah mencuri ratusan karya fotonya di beberapa game, mulai dari Resident Evil 4 sampai Devil May Cry. Bahkan perusahaan Capcom sampai dituntut oleh fotografer tersebut.

Capcom Dituntut Fotografer Atas Game Resident Evil 4

Capcom duplikat karya seorang fotografer
Logo resident evil 4 | ign

Dilansir dari Polygon, diketahui fotografer sekaligus artis yang bernama Judy A. Juracek menuntut Capcom karena sudah memakai karya foto dari bukunya yang berjudul ‘Surfaces‘. Pihak Capcom sama sekali tidak meminta izin terlebih dahulu sebelum menduplikat ratusan karyanya ke beberapa game buatan pengembang asal Osaka, Jepang tersebut.

Berdasarkan tuntutan yang Polygon dapatkan, Juracek menuturkan bahwa banyak karya yang telah ia buat, mulai dari foto, desain, dan karya lainnya yang telah ia rangkum dalam buku dan CD-Rom bernama ‘Surfaces‘ dijadikan aset pada kedua game tersebut. Capcom tidak pernah meminta lisensi atas gambar-gambar yang telah Juracek hak ciptakan sejak tahun 1996 silam.

Contoh pertamanya adalah sebuah game gelas pecah yang ia ambil di Italia bentuk dan teksturnya sama seperti logo Resident Evil 4.

Desain pintu resident evil 4
Desain pintu resident evil 4 | ign

Kemudian contoh keduanya, Juracek memperlihatkan gambar pintu yang dulunya ia potret di sebuah rumah mewah di Newport, Rhode Island. Hasil fotonya itu ia klaim mirip seperti konsep pintu yang terdapat pada game Resident Evil 4. Terlebih lagi, ia mengatakan bahwa saat ini rumah tersebut tidak dapat ditemukan lagi, sehingga tidak mungkin pihak Capcom mendapatkan desain pintu tersebut.

Tuntutan Juracek kepada Capcom

https://www.scribd.com/document/510624060/Juracek-vs-Capcom-via-Polygon

Selain itu, ia juga membeberkan tentang serangan hacker yang pernah dialami oleh Capcom. Akibat serangan tersebut, ratusan bahkan ribuan data penting perusahaan Capcom tersebar luas di internet.

Di mana salah satu data yang bocor tersebut memiliki nama yang sama dengan nama file pada CD-Rom miliknya. File tersebut bernama “ME009”, mirip seperti file yang digunakan oleh Capcom pada aset file yang digunakan pada game Resident Evil 4.

Saat ini, Capcom harus menerima tuntutan berupa mengganti biaya kerusakan sampai $12 juta atas pelanggaran hak cipta. Selain itu, ada juga biaya tambahan $2.500 sampai $25 ribu untuk setiap foto yang dicuri.

Hingga saat ini, Capcom mengatakan kepada Polygon bahwa mereka membenarkan tuduhan ini. Namun, untuk sekarang mereka belum memberikan klarifikasi mengenai masalah ini.

Related Posts

Leave Comment
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications