BeritaPCPlaystationResmi

Blizzard Putus Kerja Sama Dengan NetEase dan Hentikan Layanan Game di Cina

Blizzard Entertainment telah mengumumkan pemutusan kerja sama dengan NetEase Games dan berencana menghentikan layanan game mereka di Cina.

Informasi ini diumumkan oleh Blizzard Entertainment dan NetEase Games melalui situsnya masing-masing. Jika kalian tertarik dengan game Blizzard Entertainment dan NetEase Games, kalian bisa melihat artikel kami lainnya di sini.

Blizzard Putus Kerja Sama Dengan NetEase dan Hentikan Layanan Game di Cina

Blizzard Entertainment telah mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan sebagian besar layanan game mereka di Cina karena berakhirnya perjanjian lisensi dengan NetEase Games pada tanggal 23 Januari 2023.

Judul yang terkena dampak perjanjian ini adalah World of Warcraft, Hearthstone, Warcraft III: Reforged, Overwatch, franchise StarCraft, Diablo III, dan Heroes of the Storm.

Pengembangan bersama dan penerbitan Diablo Immortal tercakup dalam perjanjian terpisah antara kedua perusahaan.

Menurut Blizzard Entertainment, mereka memiliki perjanjian lisensi dengan NetEase Games sejak tahun 2008 dan mencakup penerbitan judul-judul tadi di Cina. Kedua pihak dikatakan “belum mencapai kesepakatan untuk memperbarui perjanjian yang konsisten dengan prinsip-prinsip operasi beserta komitmen Blizzard kepada para pemain dan karyawan”.

Kami sangat berterima kasih atas semangat yang telah ditunjukkan oleh komunitas Cina kami selama hampir 20 tahun kami membawa game kami ke Cina melalui NetEase dan mitra lainnya. Antusiasme dan kreativitas mereka menginspirasi kami dan kami sedang mencari alternatif untuk membawa game kami kembali kepada para pemain di masa depan.

Mike Ybarra, President of Blizzard Entertainment

Kami telah berupaya keras dan mencoba dengan ketulusan hati untuk bernegosiasi dengan Activision Blizzard sehingga kami dapat melanjutkan kolaborasi kami dan melayani banyak pemain yang berdedikasi di Cina. Namun, ada perbedaan material pada persyaratan utama, dan kami tidak dapat mencapai kesepakatan.

Kami akan melanjutkan janji kami untuk melayani para pemain kami dengan baik hingga menit terakhir. Kami akan memastikan data dan aset pemain kami terlindungi dengan baik di semua game kami.

William Ding, CEO of NetEase

Ada Masalah Internal?

Blizzard putus kerja sama dengan netease
Sumber: LinkedIn

TechCrunch melaporkan bahwa presiden NetEase untuk investasi dan kemitraan global, Simon Zhu, melepaskan beberapa pernyataan yang mengejutkan dalam sebuah unggahan LinkedIn:

Sebagai seorang gamer yang menghabiskan sepuluh ribu jam di dunia Azeroth, StarCraft, dan Overwatch, saya merasa sangat sedih karena saya tidak akan lagi memiliki akses ke akun dan kenangan saya tahun depan. Suatu hari, ketika apa yang terjadi di balik layar dapat diceritakan, pengembang dan gamer akan memiliki pemahaman yang sama sekali baru tentang seberapa besar kerusakan yang dapat dibuat oleh seorang brengsek.

Simon Zhu, President, Global Investment and Partnership of NetEase Games

Dalam sebuah email yang diperoleh The Washington Post, Mike Ybarra mengutip ketidakcocokan nilai yang menyebabkan pemutusan kontrak antara NetEase Games dan Blizzard Entertainment:

Setiap beberapa tahun kami meninjau kembali perjanjian kami dengan mereka. Kami telah bekerja melalui proses ini dengan iktikad baik untuk memperpanjang perjanjian kami yang ada. Namun, pendekatan mereka tidak selaras dengan komitmen kami kepada para pemain, karyawan, dan prinsip-prinsip operasi kami.

Mike Ybarra, President of Blizzard Entertainment

Selain layanan game, Ybarra mencatat bahwa kemitraan esports di Cina juga akan terkena dampak dari berakhirnya kontrak Blizzard Entertainment dengan NetEase Games.

NetEase Games menolak mengomentari “perbedaan material” apa yang dimilikinya dengan Blizzard Entertainment dan unggahan LinkedIn Simon Zhu, tetapi NetEase Games memberikan “konteks tambahan secara umum” pada pernyataannya dalam sebuah email ke Kotaku:

Ini adalah perkembangan penting bagi jutaan gamer di Cina yang sekarang akan kehilangan akses ke beberapa game favorit mereka yang telah mereka habiskan berjam-jam untuk dimainkan. Simon, seperti banyak karyawan NetEase lainnya, tumbuh besar dengan memainkan game-game ini bersama teman-teman dekat di seluruh komunitas Blizzard di Cina. Dia adalah seorang advokat yang bersemangat dan tentu saja membuat marah semua orang di wilayah tersebut. Saya harap ini membantu.

NetEase Games

Sumber dari IGN mengindikasikan bahwa Blizzard Entertainment berkomitmen pada pasar game Cina dan opsi “alternatif” sedang dilihat untuk membawa game kembali ke wilayah tersebut di masa depan.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment