Apple Hapus 46 Ribu Game dan Aplikasi dari App Store China

in
Apple Hapus 46 Ribu Game Dan Aplikasi Dari App Store China Gamedaim
Apple China | PattenlyApple

Tenggat waktu utama untuk App Store China yang ditetapkan oleh badan pengawas Pemerintah China kini telah datang dan pergi seiring dengan tahun baru. Hal ini mengharuskan game yang tersedia melalui App Store China mendapatkan lisensi resmi pada tahun baru.

Karena masalah lisensi ini, mau tidak mau pihak Apple pun menghapus puluhan ribu game yang tersedia di Aplikasi milik mereka tersebut. Lebih detail, setidaknya ada 39.000 game yang sudah resmi dihapus dari App Store China menurut data dari perusahaan riset Qimai terkait hal ini.

Apple Hapus 39 Ribu Game dari App Store

Apple Hapus 46 Ribu Game Dan Aplikasi Dari App Store China
App Store | Techspot

Beberapa game dari developer ternama seperti Ubisoft sampai 2K pun menjadi salah satunya. Selain itu, ada ribuan game kecil yang memang pada dasarnya tidak memiliki lisensi karena memang tidak tahu cara untuk mendapatkan lisensi resmi dari pemerintah China tersebut.

Lebih lanjut, ada sekitar 7.000 aplikasi non-game tambahan yang juga menjadi korban pergantian tahun ini. Jika ditotal secara keseluruhan, setidaknya ada 46.000 aplikasi dan game yang dihapus dari App Store. Qimai juga mengatakan bahwa ada 1.500 game berbayar teratas di App Store, hanya 74 yang selamat dari pembersihan ini.

Apple Sudah Tetapkan Batas Waktu Penghapusan Sebelumnya

Apple Hapus 46 Ribu Game Dan Aplikasi Dari App Store China
App Store China | Notebookcheck

Penghapusan ini sendiri dilakukan oleh pihak Apple bukan pemerintah China. Mereka melakukan ini bukan karena kemauan sendiri, melainkan mengikuti undang-undang pemerintah China. Apple awalnya menetapkan batas waktu penghapusan sampai pertengahan tahun 2020.

Namun, memperpanjangnya menjadi 31 Desember bersamaan dengan pembersihan lebih kecil yaitu sekitar 2.000 game. 6 bulan waktu yang diberikan pun nampaknya tidak cukup membantu developer ataupun publisher untuk memperpanjang lisensi mereka di App Store.

Bagaimana tanggapan mu mengenai hal ini? komen di bawah ya.

Berikan Nilaimu untuk konten ini