Review Sades Wings 10: Earphone Gaming Low Budget yang Praktis

in , , ,
Sades Wings 10 Earphone 2 Gamedaim Review

Jika para gamer PC pada umum-nya menggunakan headphone / headset untuk kebutuhan audio saat bermain game, maka pada umum-nya para gamer mobile secara praktis lebih memilih earphone dan atau earbuds untuk memenuhi kebutuhan audio.

Audio memang sangatlah esensial saat bermain game, selebih lagi jika game tersebut merupakan game FPS & Battle Royale yang membutuhkan equipment memadai guna mendengar step atau langkah musuh saat in-game.

Kebutuhan tersebut dapat terpenuhi melalui Wings 10, sebuah earphones gaming dari Sades yang harga-nya murah namun punya cukup banyak tambahan dan fitur menggiurkan.

Gamedaim diberi kesempatan oleh Sades Indonesia untuk me-review Sades Wings 10. Dan berikut ulasannya.

Memiliki Kualitas Suara yang Cukup Bagus

Sades Wings 10 Earphone With Smartphone Gamedaim Review

Ketika bermain game, amat sangat perlu kita membutuhkan kualitas audio atau suara yang dihasilkan dari equipment (earphone) yang bagus.

Earphone ini sendiri mengusung driver Dynamic yang di mana minim distorsi dan suara bass lebih jernih (namun tidak terlalu jernih untuk Wings 10).

Sades Wings 10 saat Penulis coba untuk bermain game di PC & Mobile serta menyetel musik, suara-nya tidak ada masalah. Suara yang dihasilkan dari earphone ini lebih ke arah treble dan minim bass. Suara yang dihasilkan juga tidak bocor saat Penulis mengatur volume max. Hanya saja, suara jadi tidak jernih jika volume diatur sangat tinggi.

Mesikpun demikian, tidak ada getaran yang menganggu dari suara yang dihasilkan di mana pada umum-nya jika kita memakai earphone, timbul getaran yang cukup menganggu gendang telinga.

Untuk Noise Cancelling bisa dikatakan memang kurang. Apalagi jika di luar ruangan. Penulis sendiri saat di dalam kamar dan menggunakan earphone ini, masih terdengar suara ambient sekitar seperti keyboard atau kipas angin yang sedang menyala.

Maklum, untuk earphone di harga 100 ribuan memang tidak bisa berharap banyak.

Hanya saja, Penulis secara pribadi cukup nyaman saat menggunakan earphone ini dengan pemakaian yang cukup lama. Sades-pun juga memikirkan para pengguna-nya yang memiliki berbagai standar kenyamanannya masing-masing.

Sades Wings 10 Earphone Gamedaim Review
Ear tips

Di dalam paket box pembelian, Wings 10 sudah disediakan 2 tipe ukuran ear tips tambahan di mana ukuran masing-masing yaitu: S, dan L.

Untuk ear tips default atau yang sudah terpasang di earphone ialah ukuran M. Penulis sendiri mengganti ear tips ke ukuran S karena dirasa lebih nyaman dan tidak membuat bagian dalam telinga terasa terdorong dibandingkan menggunakan ukuran M yang terasa di sekeliling telinga tidak nyaman.

Walau sudah diganti ke ukuran S, tenang saja, earphone ini tidak akan mudah lepas begitu saja karena amat sangat pas di lubang telinga.

Sades Wings 10 Box Content Gamedaim Review
Content Package dari Sades Wingss 10: earphone, 2 set ear tips, carrying pouch, kartu garansi, dan buku manual.
Sades Wings 10 Carrying Pouch Gamedaim Review
Carrying Pouch

Selain ear tips tambahan, terdapat carrying pouch yang berukuran kecil dan dapat disimpan di dalam tas kecil atau kantung celana sekalipun. Jadi amatlah praktis jika earphone ini dibawa saat bepergian.

Build Quality

Sades Wings 10 Carrying Pouch With Headset Gamedaim Review

Hal yang paling penting dari peralatan audio tentu saja suara yang dihasilkan. Namun build quality juga menjadi hal yang penting demi kenyamanan dan juga estetika.

Sades Wings 10 memakai bahan metalik dengan kabel koneksi 3.5 mm jack. Soal desain, tidak ada yang spesial dari earphone ini.

Di bagian kabel sendiri terdapat tombol pengontrol ketika sedang terhubung dengan smartphone yang cara penggunaannya terdapat di buku panduan.

Spesifikasi

  • Driver : Dynamic 10 mm with neodymium magnets
  • Sensitivity : 100 ± 3 dB at 1 kHz
  • Frequency Response : 20 ~ 20,000 Hz
  • Impedance : 16 Ω at 1 kHz
  • Max Input Power : 5 mW
  • Mic Sensitivity : – 42 ± 6 dB at 1 kHz
  • Mic Impedance : ≤ 2.2 KΩ at 1 kHz
  • Mic Directivity : omnidirectional
  • Cable Length : 1.2 m/ 3.94 ft
  • Plug : 3.5 mm 4-pole Jack

Kesimpulan

Untuk earphone dengan harga di 100 ribuan, Sades sudah menyediakan fitur dan tambahan lainnya yang cukup untuk earphone ini.

Dengan adanya carrying pouch dengan 2 set ear tips tambahan membuat earphone ini seperti bukan earphone di harga 100 ribuan.

Driver yang digunakan earphone ini sendiri sudah bagus karena menggunakan Dynamic. Walau kualitas suara yang dihasilkan terkadang kurang jernih. Namun cukup nyaman jika dipakai dalam waktu pemakaian yang cukup lama.

Jika kalian tertarik, Sades Wings 10 dapat dibeli seharga Rp160.000 di link pembelian berikut ini: Tokopedia.

Berikan Nilaimu untuk konten ini